Apa Itu Google Adsense ? Panduan Untuk Pemula

Mungkin saat ini belum banyak yang mengetahui apa itu google adsense ?

Pertama kali saya mengenal google adsense berawal dari postingan teman di facebook dan grup blogger Indonesia. Tanpa sengaja saya membacanya.

Begitu membaca postingan tersebut, saya langsung tertarik, terutama dengan kalimat “Dengan blog kita bisa mendapatkan dollar“, bagian ini yang saya suka dan membuat saya kepincut google adsense.

Jika kamu belum mengetahuinya,

Google adsense adalah program periklanan online besutan perusahaan raksasa bernama google. Hingga saat ini google adsense menempati urutan teratas program periklanan terbaik di dunia.

Dengan layanan periklanan milik google ini, kamu bisa menghasilkan uang dari internet, bayarannya dapat berupa dollar ataupun rupiah. Wow banget kan.. Dengan syarat utama pastinya sudah memiliki sebuah blog atau website atau lebih serta mempunyai akun google adsense.

Kenapa Memilih Google Adsense ?

Sebenarnya banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet diantaranya kita mempromosikan product buatan sendiri di sosial media, menawarkan jasa, dan sebagainya.

Namun, bicara tentang mendapatkan uang dari bisnis periklanan online banyak orang memilih google adsense.

Alasannya, mungkin google adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia, pastinya mampu membayar mereka yang ikut dalam program periklanannya.

Ya,,,

Google Adsense salah satu perusahaan yang mampu membayar orang yang telah ikut programnya dengan bayaran tinggi jika dibandingkan dengan program periklanan lainnya.

Kemudian, adsense juga bisa menjadi seperti autopilot. Tanpa kerja kamu bisa mendapatkan uang.

Artinya tanpa bekerja apapun free 100% kamu bisa mendatangkan uang dengan sendirinya alias “tanpa kerja uang ngalir terus“.

Inilah yang menjadi daya tarik “tanpa berkerja” yang menjadi bisnis online menggiurkan.

Namun sebelumnya perlu diingat, kamu harus bersusah payah terlebih dahulu untuk menciptakan sebuah sistem yaitu dengan cara membuat sebuah blog atau banyak blog berkualitas atau channel youtube. Dari sanalah pundi pundi uang setiap detiknya akan mengalir.

Bagaimana Cara Mendaftar Google Adsense ?

  1. Jika ingin ikut serta dalam program periklanan milik google, hal yang utama kamu harus buat email akun gmail terlebih dahulu
  2. Kemudian buatlah blog menggunakan platform blogger.com atau jika kamu sudah ahli membuat website juga bisa menggunakan wordpress self hosting
  3. Kamu juga dapat membuat sebuah atau banyak channel youtube berisikan content video unik dan berkualitas
  4. Langkah selanjutnya adalah melakukan monetisasi blog atau channel youtube
  5. Jika diterima, iklan google adsense akan tayang di blog atau channel youtube

Mengenai langkah teknis, kamu dapat mencari artikel terkait di blog ini atau mencari informasi di media lainnya pada laman search engine.

Apakah Saya Bisa Diterima ?

Memang jika melihat dibeberapa diskusi grup facebook terkait, banyak blogger telah patah semangat untuk mendapatkan sebuah akun google adsense.

Itu dikarenakan semakin hari semakin ketatnya persyaratan yang diberikan google adsense untuk ikut layanan periklanan ini.

Jika kamu ingin mendaftarkan diri, sebaiknya penuhi terlebih dahulu persyaratan diajukan oleh pihak google adsense. Jangan sampai situs blog atau website kamu miliki atau channel youtube tidak memenuhi syarat. Mengenai masalah ini, kamu bisa membaca kebijakan google adsense.

Jika Sudah Diterima, Apa Yang Harus Saya Lakukan ?

Langkah pertama adalah mematuhi setiap kebijakan yang diberikan oleh google adsense.

Karena telah banyak blogger yang mengalami setelah mendapatkan akun adsense dengans susah payahnya mereka melanggar satu atau lebih peraturan tersebut. Seperti mengklik iklan sendiri, memasang iklan yang melebihi batas normal, memiliki akun ganda, terdapat kata terlarang pada artikel yang dibuat, konten video melanggar dan masih banyak lagi.

Coy, baca yuk: usaha sampingan di rumah.

Selanjutnya, semakin banyak trafik organik dari search engine maka peluang besar untuk mendapatkan uang semakin banyak pula.

Bagaimana Cara Kerja Adsense Hingga Menghasilkan ?

Ketika kamu telah memiliki akun google adsense full approve, itu bearti statusmu saat ini telah menjadi publisher adsense atau mitra bisnis google. Bukan sebagai karyawan atau pegawai.

Sampai disini, jalannya tak mudah.

Untuk mendapatkan uang, kuncinya adalah mendatangkan pengunjung ke situs atau channel youtube kamu sebanyak banyaknya. Semakin banyak semakin besar kamu mendapatkan uang dalam jumlah besar.

Dengan catatan, pengunjung tersebut human trafik bukan bot trafik.

Cara kerja dari program periklanan google adsense :

  • Memasang script adsense ke dalam blog atau website kamu
  • atau melakukan monetisasi channel youtube
  • Selanjutnya iklan akan tayang
  • Ketika ada pengunjung yang datang ke situs kamu dan mengklik salah satu iklan tersebut maka kamu akan mendapatkan komisi
  • Semakin banyak klik semakin besar pula komisi yang akan kamu peroleh

Gambaran singkatnya seperti itu. Sangat sederhana akan tetapi begitu rumit jika dijalankan.

Kapan Saya Dibayar Oleh Google Adsense ?

Obsesi untuk segera menghasilkan uang dari adsense itu perlu.

Namun, jika hanya berupa harapan dan impian untuk mendapatkannya tanpa usaha dan patah semangat mustahil untuk mendapatkan itu.

Langkah pertamanya adalah datangkan sebanyak – banyaknya pengunjung ke blog atau website atau channel youtube yang kamu miliki. Namun taatilah peraturan google adsense.

Baca : bisnis online di rumah.

Dengan banyaknya pengunjung atau tayangan yang datang ke blog atau website  atau channel youtube yang kamu miiki jumlahnya ribuan/puluhan ribu/ratusan ribu, maka sudah rumus pasti kamu akan mendapatkan uang dari google adsense akan dengan cepat, dengan syarat pengunjung blog harus bersifat murni bukan hasil bot yang didatangkan dengan cara curang.

Pengambilan pembayaran dapat diambil Waster Union terdekat kota kamu atau transfer otomatis ke rekening pribadi kamu sesuai pengaturan pada akun adsense.

Mungkin, inilah singkat cerita sedikit mengulas apa itu google adsense. Semoga dapat menjawab dan membantu kamu yang belum mengetahui apa itu google adsense.

Tinggalkan komentar