Apa Itu Kebebasan Finansial ? Berikut Cara Mencapainya

Apa itu kebebasan finansial ?

Pengertian secara sederhanya yang seringkali dipahami seperti ini “dapat pergi kemana saja, belanja apa saja dan melakukan apa saja tanpa perlu bekerja lagi. Ya itu adalah arti dari kebebasan finansial”.

Kebebasan finansial seringkali diartikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang memiliki banyak uang.

Well… Hal tersebut mungkin benar, namun bukan sepenuhnya. Mari kita telaah bersama apakah kebabasan finansial.

Untuk menjelaskannya, baiklah saya akan memberikan gambara pada cerita berikut ini:

Di suatu desa, hiduplah dua orang pemuda yang saling berteman.

Pemuda pertama bernama Dino, Pemuda kedua bernama Rudi.

Dino adalah seorang direktur Bank ternama di negeri tersebut. Dino memilik penghasilan yang sangat besar, sekitar 30 juta rupiah perbulan. Sedangkan Rudi, hanyalah seorang pengusaha rumah makan biasa, Penghasilannya dapat dikatakan sekitar 10 juta rupiah perbulan.

Selama bertahun-tahun mereka hidup. Tibalah saatnya mereka berdua pensiun. Ketika pensiun, harta benda Dino segera habis dan akhirnya sekarang hidup ngontrak dan hutang sana sini.

Namun lain halnya dengan Rudi, yang tetap hidup berkecukupan dan bahkan bahagia. Kerjanya Rudi hanya bolak balik warung dan mesjid saja.

Nah Lho… Lantas Apa yang membedakan mereka berdua??

Dino, dalam hal ini adalah seorang karyawan. Yang bagaimanapun penghasilannya didapat dari bekerja atau bisa dibilang Active Income. Sedangkan Rudi adalah seorang pengusaha rumah makan, yang penghasilannya didapatkan dari usahanya, yang saat itu sudah bisa ditinggalkan karena terbentuk suatu sistem.

Intinya.. Dino >> Dia Bekerja dia dapat uang, Dia berhenti kerja dia Ga punya uang.

Intinya Rudi >> Dia Bekerja dia membentuk sistem sambil dapat uang, dia berhenti bekerja dia menikmati uang dari sistem yang sudah diciptakan. (Financial Freedom atau Bebas Finansial)

Nah.. Begitulah kalau kita menggambarkan yang namanya kebebasan finansial.

Bagaimana cara mendapatkan kebebasan finansial ?

Dalam bukunya Cashflow Quadrant, Mister Robert T. Kiyosaki menggambarkan 4 golongan orang dalam memperoleh penghasilan. Gambaran berikut ini mungkin akan membantumu untuk mencapai kebebasan finansial seutuhnya.

1. Employee

Harus dikatakan, yang paling sulit mendapatkan kebebasan finansial adalah golongan Employee.

Karena Employee atau karyawan menggantungkan hidupnya pada pekerjaan dan orang lain. Dan jika suatu saat dipecat, maka si Employee akan kehilangan sumber penghasilannya.

Baca yuk: cara usaha online shop tanpa modal.

2. Self Employee

Yang tidak kalah sulitnya untuk mendapatkan kebebasan finansial adalah self employee.

Atau seseorang yang bekerja pada dirinya.

Contohnya adalah tukang bakso. Tukang Bakso, jika jualan dapat duit, jika tidak jualan makan tidak dapat duit.

Selain tukang bakso, contoh Self Employee adalah pekerjaan sebagai seorang dokter, dimana dokter dibayar ketika menangani pasien, dan jika dokter tersebut berlibur maka otomatis penghasilannya terhenti.

Akan tetapi berbeda dengan Miss Teressa Chan yang berasal dari Malaysia, Dia berhasil mendapatkan kebebasan finansial setelah bekerja sambil mengembangkan bisnis Franchise Online Miliknnya.

3. Investor

Golongan yang ketiga adalah seorang investor. Investor secara mudah adalah orang yang menanamkan uangnya pada suatu usaha.

Invesetor ini biasanya adalah notabene orang-orang yang memiliki uang banyak untuk diinvestasikan pada suatu usaha tertentu, seperti properti ataupun bisnis franchise.

Golongan yang ini, tentunya dapat memiliki kebebasan finansial jika investasi mereka terus menerus dapat memberikan pasive income pada mereka.

4. Bisnis Owner

Golongan yang terakhir adalah bisnis owner. Bisnis Owner adalah seseorang yang menjalankan bisnis dengan meramu sebuah sistem.

Sehingga ketika sistem tersebut sudah berjalan, maka sang pemilik bisnis dapat terus menerus mendapatkan hasil dari bisnisnya tanpa perlu bekerja. Atau bisa dibilang mendapatkan kebebasan finansial.

Yuk baca: peluang usaha laris manis.

Namun, untuk membentuk sebuah sistem dalam Kuadran Bisnis Owner biasa, kita bisa memerlukan waktu hingga 15 tahun. Wow Cukup lama juga untuk mendapatkan kebebasan finansial.

Bagaimana ? setelah membaca artikel ini pastinya kamu sudah mendapatkan pengertian kebebasan finansial seutuhnya bukan ? Semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan komentar