Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula

9 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula Modal Kecil

Diposting pada

Tentunya semua mahasiswa ingin mendapatkan penghasilan sembari ia menjalani aktivitas perkuliahan. Setidaknya dengan begitu dapat meringankan beban orang tua dalam hal pembiayaan kuliah. Namun terkadang, waktu seringkali menjadi alasan utama. Karena bekerja pada umumnya sangat membutuhkan banyak waktu.

Adakah pekerjaan yang waktunya fleksibel ? dan tidak menggangu jadwal perkuliahan ?

Tentu saja ada. Akan tetapi tak banyak orang mengetahuinya. Kebanyakan orang hanya berfikir bahwa bekerja menghabiskan banyak waktu. Karena pada umumnya waktu bekerja dimulai dari jam 08.00 dan pulangnya jam 16.00. Coba beberapa rekomendasi dari kami. Mungkin saja ada yang cocok untukmu.

Inilah beberapa peluang bisnis untuk mahasiswa pemula dengan modal kecil, diantaranya:

1. Penulis artikel online

Seiring dengan perkembangan teknologi dibidang informasi, bisnis ini mulai di lirik oleh anak muda jaman now. Jika kamu belum mengetahuinya, penulis artikel online sama seperti jasa penulis artike lainnya. Yakni menyediakan konten artikel berkualitas yang menarik untuk di bawa orang banyak banyak.

Tentunya kamu pernah membaca sebuah artikel di media online. Contohnya saja seperti yang sedang kamu baca saat ini.

Menjadi seorang penulis artikel online memiliki waktu kerja fleksibel. Kapanpun kamu mau. Namun, sebelum terjun ke dunia ini setidaknya kamu harus memiliki keahlian dibidang tata cara membuat sebuah artikel berkualitas dan memenuhi standar SEO.

Ada banyak artikel yang dapat kamu tulis, misalnya tentang

  • Tutorial,
  • Kesehatan,
  • Tema wisata,
  • Bisnis,
  • Teknologi,
  • dan sebagainya.

Sasaran utama bisnis ini adalah kalangan blogger, internet marketer, owner situs berskala besar dan sebagainya. Bayarannya pun cukup lumayan sebesar Rp 15.000,00 – Rp 40.000,00 per artikel.

Sayang tidak di baca: bisnis online untuk pemula.

Untuk memulai bisnis ini hanya membutuhkan modal laptop dan kuota data per bulannya. Jika Kamu sudah memiliki komputer atau laptop, cukup mengeluarkan biaya paket data sebesar Rp 50.000,- saja diperuntukkan untuk menjalin komunikasi dengan client.

2. Jualan foto online

Kalau kamu memiliki hobi jeprat jepret sana sini, peluang bisnis kecil kecilan untuk mahasiswa berikut ini sangat cocok untukmu.

Di masa saat ini ada banyak sekali situs berbasis website sangat membutuhkan sebuah atau banyak gambar berkualitas dan hak lisensi. Beranjak dari situ, ini bisa menjadi peluang besar bagimu.

Sesuai dengan namanya, kamu harus menyediakan banyak foto berkualitas dengan resolusi dan gambar yang jernih tanpa lisensi. Kemudian jual hasil jepretanmu ke beberapa situs website pihak ketiga selaku broker.

Upload fotomu di sana, ketika ada orang yang membeli fotomu di situs tersebut maka pihak broker akan memberikan komisi kepadamu. Belum banyak yang melirik jenis usaha ini. Namun cukup menjanjikan jika kamu geluti karena 1 foto berkualtias tinggi bisa dihargai $1 – $5 per foto.

Beberapa situs website tersebut antara lain:

  • Gettyimager
  • Shutterstock
  • Dreamstime
  • IStockphotos
  • 123rf

Berapa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan peluang bisnis untuk mahasiswa berikut ini juga tak banyak, hanya bermodalkan smartphone canggih dan kuota data internet. Paling tidak memiliki kamera ponsel 10 MP.

Selain itu, jika Kamu ahli dalam editing photo menggunakan phoshop atau aplikasi sejenisnya, itu jauh lebih baik.

3. Jualan pulsa dan lain lain

Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa selanjutnya adalah dengan melakukan jualan pulsa. Memang pada dasarnya, bisnis ini hanya mendapatkan sedikit keuntungan. Namun, lumayanlah untuk menambah usang saku dan meringankan sedikit beban dari orang tua.

Langkah awalnya, kamu dapat mendaftarkan diri di pusat counter pulsa untuk menjadi member atau jika tak ingin pusing, gunakan saja aplikasi pulsa online di google play store.

Bukan cuma jualan pulsa saja, dengan aplikasi itu kamu dapat berjualan token listrik, paket data, pembayaran BPJS dan sebagainya. Tak perlu bingung untuk mencari customer, tawarkan saja ke teman satu kos, teman kuliah, tetangga kos disekitar tempat kamu tinggal dan sebagainya.

Untung 1000 – 2000 setiap kali transaksi kan lumayan. Kalau misalnya sehari ada 15 – 20 transaksi, maka keuntungannya bisa mencapai 400 ribu – 500 ribu sudah lumayan tuh untuk jajan.

Modal 500 ribu saya rasa cukup untuk memulai bisnis ini. Kalau usahanya sudah berkembang, bolehlah kamu buka counter sendiri. Pastikan juga kamu memiliki internet banking agar transaksimu mudah dilakukan.

4. Blogger

Jika kamu mencari di google dengan kata kunci “blogger sukses“, maka kamu akan menemukan banyak situs yang mengulas beberapa nama blogger sukses dengan penghasilan puluhan hingga ratusan juta per bulan.

Dari mana mereka mendapatkan uangnya ?

Baca yuk dab: apa itu google adsense.

Sebagian besar didapatkan dari keikutsertaan program google adsense. Namun, kamu harus memiliki banyak konten berkualitas dan didukung dengan pengunjung harian yang banyak untuk mendapatkan hasil demikian dan semuanya butuh waktu berbulan bulan.

Jika kamu tertarik, sebaiknya palajari terlebih dahulu tentang cara membuat artikel berkualitas, membuat blog dan pahami teknik SEO white hat. Jika teknik dasarnya sudah kamu pahami, lanjutkan.

Untuk menjadi seorang blogger sukses tidaklah mudah. Kamu harus bisa mendapatkan trafik pengunjung harian ke situs paling tidak 5.000 hingga 10.000 pengunjung harian jika hasilnya mau dinikmati setiap bulannya.

Untuk mendapatkan trafik sebegitu banyaknya harus didukung dengan jumlah dan kualitas artikel pada situs yang Kamu kelola.

Memiliki komputer atau laptop merupakan modal awal untuk memulai bisnis ini. Selanjutnya rinciannya sebagai berikut:

  • Membeli domain .com 1 tahun Rp 150.000,-
  • Paket data internet 1 bulan kuota unlimited Rp 80.000,-

Biaya pengeluaran tetap dapat berupa membeli paket data bulanan dan perpanjangan domain setiap 1 tahun sekali.

5. Kerja online

Sekarang ini zamannya sudah serba digital. Bahkan bekerjanya pun tak harus seperti orang kantoran pergi pagi pulang pagi. Eh, kayak lagunya armada ya,,, hhmm..

Jika kamu memiliki keahlian dibidang:

  • Editing gambar,
  • Design grafis,
  • Editing video,
  • Jago corel,
  • Menulis artikel
  • Membuat website,
  • Mengolah data,
  • Jasa ketik
  • dan sebagainya,

maka keahlianmu itu bisa mendatangkan uang. Di internet, ada banyak sekali orang yang membutuhkan keahlian seperti itu.

Yang perlu kamu lakukan adalah mendaftarkan diri di beberapa situs freelancer. Di sana ada banyak sekali job yang dapat kamu kerjakan. Beberapa situs freelancer tersebut diantaranya antara lain:

  1. Freelancer
  2. Elance
  3. Craigslist
  4. 99designs
  5. Toptal
  6. SimplyHired
  7. Upwork
  8. Dan lainnya

Kerja online sambil kuliah kenapa tidak ?

Ada banyak pekerjaan yang dapat kamu selesaikan. Bayarannya juga lumayan tinggi. Tergantung tingkat kesulitan, kualitas dan kuantitas.

Silahkan pelajari terlebih dahulu cara kerjanya. Intinya, kamu harus membangun tingkat kepercayaan dulu di sana misalnya dengan membuat akun real berisikan identitas jelas, kelengkapan profil, deskripsi profile dan sebagainya.

Peluang bisnis untuk mahasiswa ini selain membutuhkan modal keahlian, disamping itu memiliki laptop spesifikasi tinggi dan kuota data bulanan untuk mengakses internet.

6. Jualan kaos

Contoh bisnis kecil kecilan untuk mahasiswa berikutnya yakni menjual kaos secaraonline maupun offline. Bagaimana mau menjual kaos jika tidak punya mesin konveksi dan sablon ? bisa donk.

Yang terpenting syarat utamanya adalah kamu harus jago di bidang design grafis.

Ga punya keahlian ?

ah gampang itu mah… bisa di atur. Sekarang, ada banyak sekali situs design kaos online bertebaran di internet. Tinggal drag n drop, langsung jadi tuh design kaosnya.

Jika kamu mendesign kaos sendiri, langkah selanjutnya adalah mencari calon custumer.

Ntah itu di dunia nyata berawal dari teman dan kerabat terdekat atau bisa melalui media sosial. Ketika ada peminatnya, barulah kamu mencetaknya di tempat konveksi dan sablon. Jangan lupa hitung biaya cetak, biaya kirim dan keuntungannya.

Jika kamu menggunakan layanan design kaos online, kamu tak perlu memikirkan bagaimana cara mencetak kasos tersebut.

Karena merekalah yang melakukannya. Bahkan, pengirimannya pun dari mereka atas nama kamu. Teknik promosinya sama seperti di atas.

Ketika ada yang berminat membeli, kamu dapat mencetaknya, kemudian kaos dikirim oleh mereka.

Tentu saja kamu harus membayar sejumlah uang untuk itu kepada mereka dengan hitungan biaya cetak dan kirim. Pastinya kamu telah memperhitungkan keuntungan yang kamu peroleh.

Usaha ini tak membutuhkan modal besar hanya berupa laptop dan akses data ke internet saja setiap bulannya.

7. Jasa pembuatan blog dan website

Selanjutnya jenis peluang bisnis untuk mahasiswa yang satu ini sangat menuntut keahlian dibidang IT dan pemahaman tentang bahasa pemograman HTML, CSS, PHP, troubleshooting dan sebagainya.

Sebenarnya tak harus memiliki semua kemampuan itu, jika kamu paham salah satunya saja sudah bisa menjalankan bisnis jasa pembuatan blog dan website.

Namun, semua keahlian itu sebaiknya ada untuk meningkatkan profesionalitas dalam bekerja.

Baca yuk coy: contoh usaha kecil kecilan untuk segede gaban.

Sasaran utama bisnis ini dapat menjangkau kalangan blogger, UMKM, perusahaan, instansi pemerintahan dan sebagainya. Bayarannya lumayan kok, mulai dari Rp 200.000,00 hingga hitungan jutaan tergantung dari tingkat kesulitan.

Begitu juga peluang usaha untuk mahasiswa ini membutuhkan modal relatif kecil yakni berupa komputer atau laptop dan paket data kuota bulanan.

8. Youtuber

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, siapa sih yang tidak mengenal youtube ?

Saya yakin hampir setiap harinya kamu melihat youtube kan ? ntah itu untuk mencari informasi, tutorial, content lucu dan sebagainya.

Menjadi seorang youtuber juga dapat menghasilkan uang lho. B

uktinya banyak youtube sukses dengan penghasilan jutaan hingga ratusan juta perbulan. Kamu juga dapat seperti mereka. Namun, pastikan kamu memiliki sebuah konsep matang untuk membangun sebuah channel youtube. Mulai dari nama channel, dikerjakan secara personal atau dengan tim dan sebagainya.

Ada banyak sekali ide, kamu dapat membuat content tutorial, rias wajah, review product, wisata alam, jalan jalan dan sebagainya.

Memang sih, untuk menjadi seorang youtube sukses itu tidak gampang lho. Dibutuhkan waktu hitungan bulan hingga tahun barulah kamu akan mendapatkan hasilnya. Asalkan konsisten dalam membuat konten kreatif setiap harinya, maka saya pastikan kamu akan mendapatkan hasilnya.

Selain adanya laptop, untuk menjadi seorang youtuber proofesional berapa modal yang dibutuhkan ?

  • Paket data bulanan kuota unlimited untuk upload video ke channel youtube Rp 80.000,- / bulan
  • Membeli seperangkat paket rekaman seperti mix, lighting, dll berkisar antara Rp 500.000,- hingga 2.500.000,-

9. Afiliasi program

Sebenarnya tak ada bedanya dengan blogger. Afilasi adalah seorang yang mengirimkan trafik ke situs eCommerce dan mempromosikan produk mereka di situs kamu.

Ketika user dari situs kamu mengunjungi situs mereka melalui tautan iklan dan membelinya, maka kamu akan mendapatkan komisi setiap kali ada transaksi penjualan dan kiriman trafik dari situs mu.

Di indonesia sendiri, ada beberapa market place yang dapat menawarkan program afiliasi seperti lazada. Sedangkan diluar negeri contohnya seperti amazon. Namun bukan hanya itu saja, ada banyak website yang menawarkan program serupa seperti freelancer contohnya.

Untuk menjadi seorang affiliater tak membutuhkan modal banyak, asalkan memiliki laptop dan paket data bulanan untuk mengakses internet saja. Selanjutnya, melakukan promosi di media blog, sosial media, forum dan sebagainya.

Sebelum memilih beberapa jenis peluang bisnis mahasiswa di atas, kalau boleh saya sarankan sebaiknya pilihkan usaha berdasarkan hobi, minat dan bakat. Ketika semua itu ada, usahamu akan lebih mudah berkembang.

Profile penulis: Mahasiswi dari negeri laskar pelangi yang satu ini memiliki hobi travelling. Terkadang menyukai hal hal yang aneh dan bernuansa misteri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.