8 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Hutang Riba

Pada saat ini, pelaku usaha kecil rumah tangga sudah banyak tersebar di Indonesia mulai dari bisnis online shop, makanan, bisnis kerajinan tangan dan sebagainya. Banyak keuntungan yang sudah diraih oleh wirausahawan tersebut. Sehingga, membuat sebagian kecil dari kita ketika melihat mereka merasa tertarik untuk menggeluti di bidang yang sama.

Namun terkadang harapan itu terkendala dengan modal yang sulit didapatkan. Selain niat dan kemauan keras, memang untuk memulai segala usaha, kita pasti membutuhkan modal baik skala kecil maupun besar.

Jika kamu saat ini menemukan masalah tesebut. Ada cara cepat dan ampuh untuk memperoleh modal tanpa berhutang. Diantaranya sebagai berikut:

1. Jual barang yang tidak digunakan

Kamu bisa menjual barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi.

Misalnya peralatan elektonik, baju, tas, mesin cuci dan masih banyak lagi. Memang harganya akan dibawah harga aslinya, tetapi kalau dalam jumlah banyak, maka uang yang kamu terima juga tak sedikit tentunya.

2. Gadaikan barang berharga

Kalau belum rela menjual barang berharga seperti diatas, maka kamu dapat menyimpannya terlebih dahulu di pengadaian. Kamu bisa menggadaikan emas, motor atau barang elektronik lainnya untuk memperoleh uang dari hasil gadaian.

Di pegadaian, bunga yang ditetapkan lebih rendah dibanding bunga bank.

Sehingga kamu tidak terlalu banyak mengeluarkan uang untuk menabung agar barang yang digadaikan dilain waktu dapat kamu tebus.

3. Mencari investor

Modal usaha juga dapat berasal dari investor. Seorang investor hanya akan menanamkan modal dalam usaha dan berhak menerima hasil keuntungan dari usaha mu. Mereka tidak akan ikut campur dalam operasional usaha.

Untuk menarik investor, kamu dapat mengajukan proposal bisnis berisikan tentang kondisi bisnis yang akan dikembangkan secara terperinci.

Misalnya mengenai berapa besar modalnya, pembagian keuntungan bisnis, resiko dan sebagainya.

4. Patungan dengan teman

Tak salah jika kamu mengajak kerabat atau sahabat guna bekerja sama dalam membangun usaha. Sehingga, kamu tidak akan mengeluarkan modal terlalu besar, karena modal usaha akan ditanggung bersama.

Namun ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum mengajak partner berbisnis.

Kamu harus selektif dalam memilih partner usaha dan tentunya bisa diajak kerjasama serta memiliki komitmen untuk kemajuan usaha di masa mendatang.

Selain itu, kamu juga harus melakukan komunikasi yang baik antar partner supaya tidak terjadi miss komunikasi dan salah persepsi.

Selain itu, pembicaraan mengenai pembagian hasil, tanggung jawab untung dan rugi serta masalah lainnya harus dibicarakan secara terperinci sebelum memulai usaha. Jika diperlukan, buatlah sebuah surat perjanjian.

5. Modal konsumen

Modal ternyata bisa berasal dari konsumen. Kamu dapat meminta uang muka jasa terlebih dahulu kepada konsumen sebelum produk atau barang yang kamu kerjakan jadi.

Sebagai contoh, kamu bisa meminta konsumen untuk membayarkan 40% dari harga seluruhnya, lalu dana yang sudah kamu peroleh tersebut bisa digunakan sebagai modal sampai pekerjaan selesai. Dan setelah itu, konsumen cukup membayar kekurangannya.

6. Menghemat dan menyisihkan uang pribadi

Kamu tidak perlu kesusahan mencari modal ke orang lain. Mulai saat ini cobalah sedikit demi sedikit untuk menyisihkan uang pribadi dan melakukan penghematan.

Namun, cara ini cukup memakan waktu jika kamu hendak memulainya dari nol. Paling tidak dalam waktu 3 – 4 bulan barulah akan terealisasi.

Walaupun ini cukup membantu, sebaiknya kamu tidak mengandalkan solusi ini saja. Kamu dapat menggunakan solusi lainnya atau menggabungkan dari beberapa solusi yang telah kami sebutkan.

7. Mendapatkan donasi dari internet

Di sini kamu cukup menyediakan koneksi internet untuk memperoleh modal. Ada situs yang akan memberikan modal yang disebut crowdfunding.

Di Indonesia saja contohnya seperti, Wujudkan, AyoPeduli atau Kita Bisa.

Di situs-situs tersebut, kamu bisa menawarkan usaha dan nantinya para pengunjung yang berminat dengan usaha mu akan memberikan uangnya. Setelah itu sebagai imbalannya, kamu bisa memberikan keuntungan usaha kepada mereka sesuai dengan peraturan situs tersebut.

Rugi lho lau ga dibaca: panduan bisnis online.

8. Mengumpulkan uang dari online

Jika kamu memiliki keahlian seperti kemampuan design grafis, editing foto, menulis artikel, mengetik dan sebagainya, tak ada salahnya jika keahlianmu itu dimanfaatkan untuk mendapatkan modal usaha dari internet.

Di luar sana, ada banyak sekali orang yang membutuhkan keahlianmu itu.

Kamu dapat menawarkan jasa design grafis misalnya di situs project.co.id, forum kaskus, sosial media dan sebagainya. Hasilnya, kamu kumpul sedikit demi sedikit. Lambat laun tentunya modal yang kamu butuhkan akan tercukupi.

Demikian tentang beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan modal usaha tanpa harus berhutang. Lakukan yang menurutmu mudah. Agar modal usaha cepat terkumpul, baiknya kamu dapat menggunakan beberapa cara di atas.

Tinggalkan komentar