Mau Jualan Online Cepat Laku dan Menguntungkan ? Baca 12 Tips Berikut Ini

Untuk menjalankan bisnis online di internet, tak selamanya harus mempunyai produk. Meskipun tidak memiliki produk, kita masih bisa melakukan aktivitas berjualan.

Produk tersebut dapat berasal dari orang lain dengan cara melakukan hubungan kerja sama terlebih dahulu dalam bentuk affiliate, reseller, dropship atau sistem lainnya.

Di luar sana ada beragam produk yang siap dipasarkan. Meskipun demikian, kita selaku orang yang menjalani bisnis haruslah selektif dalam hal memilih produk tersebut. Jangan sampai, produk yang kita pilih memiliki pangsa pasar begitu sempit dan sepi peminat. Sehingga, produk tersebut tidak laku dijual. Imbasnya, kita pun tidak mendapatkan keuntungan darinya.

Jika kamu ingin berjualan online, setidaknya ada 11 hal yang harus diperhatikan dalam hal memilih produk online yang laku di jual. Diantaranya sebagai berikut:

1. Mempunyai brand dan nilai jual

Dalam hal memilih produk yang cepat laku di jual tak mesti produk yang dipilih telah dikenal oleh banyak orang.

Mengapa ?

Pada dasarnya, produk yang telah dikenal luas oleh banyak orang telah diminati oleh berbagai kalangan pebisnis. Sehingga, sudah dipastikan tingkat persaingan antara kompetitor semakin tinggi.

Mengingat akan hal itu, cobalah kamu mencari produk yang memiliki brand dan nilai jual. Namun belum cukup luas dikenal oleh banyak orang. Produk semacam itu biasanya dapat ditemukan pada pelaku usaha lokal skala kecil dan menengah di masing masing daerah.

Jika kamu sudah menemukannya, angkatlah produk tersebut di media internet dan pasarkan secara luas.

2. Komisi yang besar

Komisi dari setiap item penjualan memang patut dipertimbangkan ketika kita akan melakukan kerja sama dengan orang lain melalui sistem affiliate atau dropship. Buat apa kita menjual produk, nyatanya hanya mendapatkan komisi tak seberapa.

Justeru akan menimbulkan kerugian kepada kita sendiri karena nantinya akan menguras waktu dan biaya pemasaran.

Pertimbangkan masalah ini dengan benar dengan memikirkan banyak kemungkinan yang akan terjadi.

Misalnya seberapa banyak produk yang akan terjual dalam setiap bulannya ? seberapa besar daya tarik orang lain terhadap produk yang kita jual hingga mereka membeli ? dan sebagainya.

3. Memiliki kualitas

Dalam hal memilih sebuah produk untuk berjualan secara online yang cepat laku, tentu saja kita harus memilih produk yang berkualitas. Jika tidak, sekiranya siapa yang akan membeli produk kita nantinya ? Karena kebanyakan pembeli tentunya memperhatikan point ini.

Produk yang berkualitas dapat meliputi, label kemasan dibuat semenarik mungkin, fungsi dan kegunaan dari produk tersebut, memiliki sertifikasi atau izin edar, Memiliki kualitas rasa dan sebagainya.

4. Ukurannya Tidak Terlalu Besar

Jika kamu hendak berjualan online melalui sistem dropship atau reseller, sebaiknya pilihlah sebuah produk dengan ukuran tidak terlalu besar. Jika kamu menjalaninya dengan sistem dropship, tentu saja hal ini tidak jadi masalah.

Namun, ketika kamu menggunakan sistem reseller maka hal ini akan menimbulkan masalah besar terutama dalam hal proses pengemasan dan pengiriman produk. Selain itu, kamu juga akan menanggung sejumlah biaya pengiriman dan kerugikan lainnya.

Namun demikian, jika hal ini kamu anggap tak jadi masalah mengingat kamu telah menemukan metode pengiriman terbaik, aman dan hemat biaya serta mendatangkan profit lumayan besar, mak tak ada salahnya kamu melakukannya.

5. Pastikan produk tersebut dicari oleh banyak orang

Sesuai dengan prinsip ekonomi, “membeli karena kebutuhkan” dan “menjual karena ada yang membutuhkan”.

Saat ini kita berada sebagai penjual. Tentu saja ketika kita menjual tujuan utamanya adalah agar produk yang kita jual cepat laku dan tidak ingin mendapatkan kerugikan.

Maka dari itu sangat penting sekali sebelum menentukan produk pilihlah, langkah utama yang mesti dilakukan adalah tindakan survey pasar terlebih dahulu.

Semua produk, saya yakin semuanya memiliki segmen pasar tersendiri.

Namun, pilihlah sebuah produk dengan segmen pasar skala luas yang dapat menjangkau banyak kalangan usia, tingkat kebutuhan, strata penghasilan, trend masa kini dan sebagainya.

6. Memiliki penampilan yang menarik

Dalam menjalani bisnis online, salah satu kekurangannya yaitu sangat minim interaksi antara calon pembeli dan penjual. Tidak seperti penjualan produk secara offline, di pasar, toko, stand dan sebagainya. Di sana, ada banyak interaksi yang ditimbulkan.

Misalnya saja pembeli dapat melihat secara langsung kondisi dari sebuah produk, melihatnya dengan detail produk yang ada. Sedangkan pemasaran secara online, keterbatasan ini akan dirasakan.

Maka dari itu, ketika kamu hendak memilih sebuah produk pastikan produk tersebut memiliki penampilan begitu menarik.

Misalnya, dari sisi warna, bentuk, design kemasan dan sebagainya.

Pemilihan ini sangat penting sekali untuk memikat pembeli dan mempermudahkan kita dalam melakukan promosi di berbagai media online.

7. Gunakan tools pendukung

Jika kamu merasa kesulitan dan tak memiliki banyak waktu untuk menemukan sebuah produk affiliate, dropship dan reseller yang menguntungkan, maka salah satu solusi yang dapat kamu jalani yakni mencarinya dengan bantuan sebuah tools.

Di luar sana ada developer yang menawarkan beberapa kehebatan dari tools yang mereka buat dalam hal mencari banyak produk yang laris manis di pasaran.

8. Tidak mudah pecah

Barang dengan tekstur mudah pecah memiliki resiko sangat besar untuk mendatangkan kerugikan. Memang pada dasarnya dapat di siasati dengan bubble wrap.

Namun, hal itu tidaklah cukup karena resiko terburuk tetaplah ada. Apalagi pengiriman barang jika lokasinya jauh. Ketika barang rusak di tempat tujuan, secara otomatis pihak penerima akan komplain dan kita selaku penjual terpaksa mengganti barang tersebut plus biaya pengiriman ulang.

Maka dari itu, carilah sebuah produk yang tak mudah pecah.

9. Produk tahan lama dan mudah di simpan

Tips memilih produk online agar cepat laku terjual selanjutnya yakni memilih produk dengan tingkat ketahanan cukup tinggi dan mudah untuk di simpan.

Point ini sangat penting sekali jika kamu ingin menjalani bisnis online dengan sistem reseller.

Hal ini dilakukan karena produk yang tahan lama memiliki resiko kerugian semakin kecil dan dapat dijual setiap saat dalam jangka waktu beberapa bulan ke depan. Contohnya saja, pakaian, accesoie dan sebagainya.

Bandingkan jika kamu memilih produk yang tidak tahan lama, contohnya saja  produk makanan. Pastinya memiliki keterbatasan waktu, mengingat produk makanan memiliki batas waktu kadarluarsa dan sebagainya.

10. Siklus pemakaiannya cepat

Point ini juga teramat penting dan patut kamu perhitungkan.

Produk produk dengan siklus pemakaian cukup cepat akan membuat si pembeli sebelum akan memesan produk yang sama secar berulang hingga akhirnya ia akan menjadi pelanggan tetap.

Saya rasa point no. 10 ini berlaku untuk semua sistem bisnis affiliate, dropship maupun reseller.

Jika kamu menjalani bisnis affilate, apakah produk tersebut memiliki hak lisensi. Jika ia, berapa lama waktu lisensi tersebut aktif ? hitungan bulan 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun ?

Jika terlalu lama, sebaiknya urungkan niatmu untuk mempromosikan produk tersebut. Namun, jika produk tersebut dapat mendatangkan komisi cukup menjanjikan, maka tak ada salahnya kamu mencoba.

Baca yuk: cara membuka usaha online shop.

11. Memiliki banyak pilihan dan terkesan unik

Khususnya jika kamu menjual produk pakaian, aksesoris dan sejenisnya, pastikan pula produk ini memiliki banyak ragam pilihan warna, ukuran, model, design dan sebagainya.

Hal ini dikarenakan, pada umumnya calon pembeli biasanya akan melihat catalog dari sebuah produk. Misalnya, mereka akan melihat dari sisi tampilan, warna, ukuran dan sebaginya.

Inilah sebabnya, hingga saat ini banyak orang masih betah mengunjungi pusat perbelanjaan seperti Mall. Karena di sana ada banyak produk serupa yang dapat mereka temukan dengan beragam variasi dari segi model, bahan produk, warna, ukuran dan sebagainya.

12. Customer support sangatlah penting

Customer service sangat dibutuhkan agar jalur komunikasi tidak terhambat antara pihak kita selaku reseller ataupun dropship terhadap pihak pemilik produk. Jika jalur komunikasi terhambat misalnya balasan chat terlalu lama atau respon tidak begitu cepat, sebaiknya kamu tidak mengambil produk tersebut.

Nah, itulah beberapa tips dan cara memilih produk online yang cepat laku di jual dan mendatangkan keuntungan besar.

Langkah selanjutnya agar produk yang kamu jual cepat laku, salah satu teknik pemasarannya yakni dengan jalur pembuatan website.

Website dapat menjadi media promosi terbaik untuk memperkenalkan bisnis kita secara online kepada orang banyak dimanapun mereka berada. Tak terkendala waktu dan tempat. Cara ini lebih baik ketimbang menggunakan teknik konvensional yang hanya menggunakan browsur dan sejenisnya.

Dalam sebuah website, kamu dapat memperlihatkan semua produk yang kamu jual.

Namun, buatlah website semenarik mungkin dari sisi tampilan dan mudah diakses oleh pengunjung. Selain itu, untuk mendatangkan banyak trafik agar paling tidak kamu harus memahami terlebih dahulu teknik SEO tingka dasar. Dengan begitu, website yang kamu buat tidak sepi dari pengunjung.

Tinggalkan komentar