11 Cara Memulai Bisnis Online Pada Saat Menjadi Karyawan

Memulai bisnis online ketika menjadi seorang karyawan sepertinya tidak mungkin dilakukan. Dikarenakan minimnya waktu di tambahkan kesibukan mengerjakan tugas lainnya.

Jika memiliki kemauan, ada banyak jenis ide usaha yang dapat dilakukan oleh seorang karyawan. Contohnya saja menjadi seorang publisher adsense, dropsipper, jualan produk milik orang lain, penulis konten dan sebagainya.

Sama saja, itu kan cukup menguras waktu?

Benar sekali, jika kamu melakukannya sendiri sangatlah menguras waktu. Maka yang dibutuhkan adalah dengan memperkerjakan asisten untuk menghandle itu semua.

Bagaimana melakukannya?

Ikuti beberapa cara memulai bisnis online pada saat menjadi karyawan berikut ini

1. Temukan ide

Menemukan ide merupakan point utama untuk memulai bisnis online bagi karyawan yang harus kamu dapatkan.

Jika kamu kesulitan dalam menemukan ide, cobalah untuk membaca tulisan Kami tentang ide bisnis online yang menguntungkan. Kamu dapat menemukan ide dimanapun, seperti di koran, majalah, televisi, internet dan sebagainya.

Sebaiknya, ide bisnis harus berkaitan dengan passion. Agar, bisnis yang kamu jalani nantinya dapat berkembang di masa mendatang dan kamu akan sunguh sungguh menjalaninya.

2. Lakukan riset pasar

Riset pasar diperlukan untuk menentukan arah tujuan bisnis. Tanpa melakukan riset pasar, sebuah bisnis tidak akan bertahan lebih lama.

Jika kamu sebelumnya telah menemukan ide bisnis, misalnya ingin jualan online.

Pertanyaan selanjutnya, produk apa yang ingin kamu jual?

Baju, sepatu, makanan, produk lokal, pakaian wanita, barang elektronik atau apa?

Selain menentukan produk, ada beberapa hal lainnya mesti diperhatikan. Diantaranya sebagai berikut:

  • Target pembeli siapa? anak anak, remaja atau orang tua
  • Cek kompetitornya, jika pesaingnya terlalu tinggi sebaiknya jangan
  • Cek produknya, apakah produk ini dapat digunakan dalam jangka waktu lama? jika iya, jangan pilih produk tersebut, karena pengguna akan membeli produk serupa dalam jangka waktu lama. Sehingga, kamu tidak akan mendapatkan calon pembeli dalam waktu dekat

Lebih lengkapnya, kamu dapat membacanya pada artikel ini: memulai bisnis online yang menguntungkan.

3. Menemukan distributor tunggal

Langkah selanjutnya adalah menentukan siapa orang yang akan menjadi distributor bagi usaha milikmu nantinya?

Sangat disarankan untuk memilih distributor tunggal. Sebab dari mereka kamu akan leluasa untuk menentukan besar keuntungan.

Selain itu, carilah distributor tunggal tedekat dengan tempat tinggal atau orang yang dikenal. hal ini bertujuan agar jalur informasi dan komunikasi dapat berjalan cepat. Jangan mencari distributor dengan respon lambat, karena itu akan menghancurkan bisnismu di kemudian hari.

Setelah menemukan distributor, jika diperlukan buat perjanjian kerja sama.

Jika belum mampu menjadi reseller karena terkendala modal, adakan kerja sama untuk menjadi dropshipper untuk sementara waktu.

4. Sisihkan uang gaji bulanan

Mustahil jika ada yang mengatakan bisnis online tanpa modal.

Itu adalah hoax besar.

Untuk mengonlinekan internet, membutuhkan kuota data. Kuota data belinya menggunakan uang bukan?

Belum lagi ditambahkan dengan kebutuhan lainnya, misalnya saja membeli produk, membeli domain, membeli hosting, menyewa jasa pembuatan website dan sebagainya.

Maka dari itu, sisihkan uang gaji bulan mu untuk bisnis ini.

5. Tentukan keyword atau kata kunci

Kata kunci diperlukan untuk menentukan target pasar bisnis secara online. Karena kamu memasarkan produk di online, maka sangat penting untuk menentukan keyword.

Misalnya, ingin jualan pakaian wanita online.

Maka beragam keyword pilihan seperti pakaian wanita online murah, pakaian wanita bangka belitung, pakaian wanita murah di bangka belitung dan sebagainya.

Carilah sebanyak banyaknya kata kunci, namun low kompetitor.

Gunakan bantuan tools riset keyword seperti ahrefs, Google keyword planner dan sebagainya.

Belum paham apa itu kata kunci, saran bacaan: jenis jenis kata kunci.

Carilah kata kunci dengan pencarian terbanyak, namun low kompetitor agar banyak pengunjung yang datang  ke situs website milikmu.

6. Tentukan nama domain dan bangun website

Oke, tadi kita telah menemukan ide usaha online jual pakaian wanita.

Ini hanya contoh saja,

Maka nama domain disarankan memuat kata kunci. Contohnya, pakaianwanita.com, pakaianwanitajogja.com dan sebagainya.

Langkah selanjutnya adalah membuat website.

Sangat disarankan menggunakan platform wordpress self hosting. Kamu dapat membeli domain dan hosting di provider web hosting di indonesia. Gunakan kata kunci, domain dan hosting murah di Google.

Tidak ahli dalam membuat website, gunakan saja jasa.

7. Lakukan optimasi situs

Tanpa optimasi, mustahil situs akan mendapatkan banyak pengunjung. Sebenarnya bisa saja, namun membutuhkan waktu sangat lama tanpa adanya optimasi, bisa hitungan bulan bahkan tahun.

Maka dari itu, disela sela waktu libur seperti hari libur atau di waktu malam hari, luangkan waktu untuk melakukan optimasi situs. Misalnya dengan menambahkan jumlah konten berkualitas di website yang kamu miliki.

8. Lakukan dengan penuh kesungguhan

Tentukan target adalah point utama menuju kesuksesan.

Tanpa adanya sebuah target atau perencanaan, maka kamu tidak akan sungguh sungguh dalam menjalani bisnis dikemudian hari.

Misalnya,

Bulan ini, target mencari distributor dan menentukan ide keyword harus selesai. Target bulan depan, saya harus membuat website dan seterusnya.

9. Promosikan bisnismu ke jaringan luas

Sosial media cukup memberikan peluang besar untuk mendatangkan trafik dan meningkatkan penjualan. Maka dari itu, selain mempromosikan produk ke sesama teman dan tetangga terdekat, melalui media sosial dapat kamu lakukan.

Kamu dapat membuat status di facebook, instagram story dan sebagainya.

10. Bekerjalah secara profesional

Perlu disadari bahwa status mu saat ini sebagai karyawan / pegawai. Maka dari itu, jangan pernah mengabaikan pekerjaan utama. Artinya, usaha mu saat ini hanyalah sebatas bisnis sampingan. Bekerjalah secara profesional tanpa mengabaikan pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan

Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan managemen waktu.

Kapan waktu istirahat, kapan waktu bekerja, kapan waktu berkumpul bersama keluarga dan sebagainya.

11. Miliki asisten

Jika semuanya tak dapat dihandle sesuai dengan keinginan dan tidak ada perkembangan karena minimnya waktu, maka asisten sangatlah dibutuhkan.

Asisten di sini bisa diartikan sebagai pegawai/karyawan.

Kamu dapat mengrekrut karyawan untuk menghandle beberapa tugas, misalnya bertugas untuk mengupdate content website, mempromosikan website ke sosial media, menjadi customer service, melakukan packing barang dan sebagainya.

Namun sebelum itu, pikirkan dengan baik jika ingin mengangka seorang atau lebih banyak karyawan. Karena, hal ini tentu saja bicara soa gaji karyawan. Padahal kamu saat ini berstatus sebagai karyawan. Pikirkan biaya masuk dan keluarnya.

Itulah beberapa langkah langkah yang dapat kamu lakukan untuk memulai bisnis ketika masih menjadi seorang karyawan. Pada awalnya memanglah sulit, namun jika kamu bersunguh sunguh dan fokus pada prosesnya, maka dipastikan kamu akan meraih kesuksesan di masa mendatang dengan memiliki usaha sendiri tanpa bekerja.

Tinggalkan komentar