8 Cara Memulai Bisnis Online Shop Dari Nol (Dijamin Sukses)

Banyaknya pelaku usaha online shop yang telah memberikan bukti keberhasilannya, terkadang membuat diri kita menjadi penasaran dan ingin mencoba untuk menggeluti bidang usaha tersebut.

Beberapa diantara alasan utama yang seringkali menjadi daya tarik tersebut antara lain begitu praktis yakni dapat dijalani dimanapun dan dalam kondisi apapun tanpa batasan waktu dan tempat, tidak mengeluarkan banyak modal untuk sewa tempat dan target pasar begitu luas.

Bingun untuk melangkah ? Coba simak beberapa cara memulai bisnis online berikut ini:

1. Sesuaikan Dengan Hobi

Mengapa hal ini ditempatkan pada bagian pertama ?

Ada sebuah pepatah mengatakan, jika kita mengerjakan sesuatu yang kita suka, maka kita tidak akan memganggap pekerjaan tersebut sebagai beban.

Sebagai contoh, kamu memiliki ketertarikan dengan dunia otomotif.

Namun, karena melihat banyak pelaku usaha dalam dunia fashion sukses, maka kamu mencoba untuk memulai bisnis online shop dengan berjualan fashion mengikuti gaya mereka.

Kami yakin, apa yang akan terjadi dimasa mendatang ketika kamu menjalaninya dan terjun kedunia bisnis, akan ada banyak kendala yang akan kamu hadapi.

Contohnya saja jika usaha online yang kamu geluti tidak sesuai hobi maka kedepannya kamu akan merasa kesulitan ketika berinteraksi dengan costumer. Jika pun itu bisa, bisnismu akan sulit berkembang.

Dari sini pula kamu dapat menentukan produk apa yang hendak kamu jual nantinya.

Maka dari itu, apa saja hal hal yang membuat kamu tertarik ?

Bidang kuliner, fashion, accesories, teknologi dan sebagainya. Dengan begitu, segala usaha yang akan kamu lakukan ke depannya tidak akan terasa terbebani.

Kamu seorang ibu rumah tangga, jangan lewatkan artikel ini: usaha sampingan ibu rumah tangga.

2. Carilah Contoh Untuk Ditiru

Posisi kamu sekarang berada di nol alias sebagai pemula.

Apa yang akan terjadi jika kamu menjalani bisnis online shop sedang kamu tidak mengetahui gambaran dan prospek usaha yang kamu geluti dalam jangka waktu ke depannya ?

Dipastikan usahamu akan macet ditengah jalan atau bahkan berhenti total.

Carilah contoh pelaku usaha online yang telah sukses.

Tujuannya adalah bukan untuk meniru segala hal tentang apa yang telah ia lakukan.

Akan tetapi, lihatlah bagaimana dia mempromosikan suatu produk, tempatnya berjualan di online apakah menggunakan media sosial atau situs online sendiri, costumer nya berasal dari mana saja, usia berapa, teknis pelayanannya dan sebagainya.

Jika perlu, kamu dapat berpura pura menjadi salah satu calon pembeli untuk mengetahui detailnya lebih lanjut.

3. Tentukan Customer atau Target Pasar

Pelanggan atau customer erat kaitannya dengan sasaran sebuah produk yang kamu jual atau pangsa pasar.

Produk yang kamu jual apakah hanya dikhususkan untuk wanita sajakah, kalangan remaja, rentang usia berapa tahun, berdasarkan demografinya dari mana dan sebagainya. Semua ini harus kamu pikirkan terlebih dahulu.

Dan terpenting untuk memulai bisnis online shop dari nol adalah pastikan produk tersebut nantinya banyak diminati dan memiliki prospek untuk berkembang luas dalam waktu jangka panjang.

Kamu juga harus mampu membuat sebuah perencanaan dan memperhitungkan segala hal.

Contohnya, apakah produk tersebut nantinya akan dibeli oleh orang setiap harinya ?

Jika ada orang yang membeli produkmu apakah ia akan membelinya lagi ?

dan sebagainya.

Nah, untuk menentukan calon customer. Kamu tak perlu memikirkan targetnya jauh jauh, jadikanlah orang orang terdekatmu sebagai customer. Teman, pacar, anggota keluarga, komunitas, tetangga rumah, lingkungan tempat tinggalmu dan sebagainya.

4. Tentukan Katagori

Banyak orang tidak mengetahui bahwa hal terpenting dan paling utama sebelum memilih sebuah produk untuk dijual adalah menentukan katagori.

Tujuannya adalah prospek jangka panjang. Jika bisnis online shop yang kamu jalankan mengalami perkembangan pesat dikemudian hari, maka kamu dapat melebarkan sayap dengan menjual produk lainnya yang sejenis.

Namun, diawal bisnis pastikan kamu hanya fokus menjalani satu bidang saja.

Contohnya, kamu memilih katagori fashion dan produk utamanya adalah hijab wanita.

Dan pastikan pula produk tersebut unik atau memiliki ciri khas tersendiri atau tidak sama seperti dipasaran.

Ketika produk utama ini telah dikatakan banyak peminatnya dan mendapatkan sejumlah profit setiap bulannya dan stabil maka kamu dapat melebarkan sayap dengan menjual produk sejenis dengannya. Misalkan baju gamis wanita, accesories dan sebagainya.

Baca : peluang usaha di desa berkembang.

5. Mencari Supplier

Salah satu solusi ketika tidak memiliki produk sendiri untuk dijual, maka kamu dapat mencari supplier terpecaya.

Kesulitan untuk mendapati supplier ? Solusinya adalah awali saja dengan mencari supplier di daerah tempat tinggalmu.

Misalnya kamu ingin menjual sepatu. Kamu dapat mendatangi beberapa pengerajin sepatu di daerahmu. Ajaklah mereka bekerja sama, tawarkan kepada mereka bahwa kamu ingin menjadi reseller sepatu. Tentunya kamu akan mendapatkan harga khusus dan jauh lebih murah.

Jika terkendala dengan modal usaha, tak perlu kuatir. Kamu masih dapat berbisnis dengan cara menjadi seorang droppshipper. Untuk memulainya, buatah sistem kerjasama dengan supplier terlebih dahulu. Agar jalur pendistribusian ke depannya tidak mengalami kendala. Jika perlu buat perjanjian.

6. Menyiapkan Fasilitas Pendukung

Untuk memulai bisnis online shop diperlukan beberapa fasilitas pendukung. Sebab, dari siniah segala aktivitas transaksi jual beli akan terjadi.

Setidaknya, kamu memerlukan ketersediaan jaringan internet, smartphone dan sebuah laptop atau PC.

7. Onlinekan Bisnismu

Diawal memulai bisnis online shop dari nol, tak perlu membutuhkan sebuah website sendiri atau landing page.

Karena kamu dapat memanfaatkan beberapa fasilitas gratis secara online seperti marketplace online ternama, sosial media facebook, instagram, whatapps dan sebagainya.

Jika kamu memiliki modal lebih, iklankan bisnismu di media tersebut untuk memperkenalkan produk jualanmu. Pastikan memilih pengaturan khusus ketika akan beriklan seperti pemilihan sasaran usia, lokasi, minat, demografi dan sebagainya.

8. Action

Jika hanya sebatas ide dan rencana semata tanpa sebuah tindakan maka hasilnya nol besar. Takut menagalami kerugian ?

Jika itu kendalamu, mulailah dari hal hal kecil yang tidak membutuhkan biaya pengeluaran besar. Misanya saja, tak perlu melakukan promosi di awal bisnis. Kamu dapat memperkenal produkmu kepada teman teman dan kerabat terdekatmu.

Baca : usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal.

Jika produkmu bagus, bukan mustahil bahwa kamu akan mendapatkan obroran dari mulut ke mulut hingga menjadi viral.

Mudah mudahan dengan tips dan cara memulai bisnis online shop yang telah kami paparkan diatas telah memberikan sebuah gambaran bagi kamu untuk menjalankannya. Tak perlu ragu dan kuatir akan ketidakberhasilan. Ketika ada suatu permasalahan, disitu pula kamu akan menemukan sebuah solusi tak disangka sangka. Selamat mencoba…

Jangan lupa untuk selalu membagikan artikel ini kepada orang lain yang membutuhkan dan memberikan rating bintang terbaik ya..

Tinggalkan komentar