11 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Bagi Pemula

Bisnis online merupakan sebuah pemasaran produk atau jasa yang dilakukan secara online melalui internet dengan menggunakan alat pendukung seperti PC, laptop, smartphone, dan perangkat media elektronik lainnya.

Jika kamu berkeinginan untuk memulai bisnis online dari awal tanpa pengalaman sedikitpun, setidaknya ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dan dilakukan. Agar usaha yang kamu jalani mudah berkembang dan cepat mendapatkan omset yang menguntungkan.

Inilah 11 cara memulai bisnis online dari nol bagi pemula

1. Tentukan sasaran pembeli

Sasaran pasar atau bisa kita sebut dengan pangsa pasar dapat meliputi bagian dari keseluruhan permintaan suatu barang yang mencerminkan golongan konsumen berdasarkan ciri khasnya, seperti tingkat penghasilan atau pendapatan, usia, jenis kelamin, pendidikan, lokasi, dan status sosial.

Untuk menentukan pangsa pasar, kita bisa mencari informasi tentang hal ini di melalui internet dengan cara sebagai berikut:

  • Dapatkan informasi dan kelompokkan dalam katagori sedang dan ramai dibicarakan. Kamu dapat melihatnya di forum bisnis atau media sosial. Di sana kita akan menemukan gambaran tentang siapa target konsumen yang menjadi sasaran bisnis kita.
  • Tentukan jenis pangsa pasar yang akan menjadi target kita. Misalkan kita akan menargetkan untuk semua orang tanpa memandang umur, jenis kelamin, penghasilan, maka pilihlah pangsa pasar umum.

2. Jenis produk / jasa

Ada banyak sekali jenis produk atau jasa yang dapat kita pasarkan secara online. Misalnya saja, pakaian, barang elektronik, jasa pembuatan web, jasa penulisan artikel, dan sebagainya.

Jadi setelah kita tentukan pangsa pasarnya, untuk memulai bisnis online langkah selanjutnya menentukan jenis produk/jasa sesuai dengan pangsa pasar pilihan kita.

Baca yuk: peluang usaha di bidang jasa.

Misalkan kita memilih target pasar secara umum, maka kita harus menentukan barang/jasa yang kiranya banyak dibutuhkan oleh umum seperti HP, ebook, pakaian dan sebagainya.

Jika misalnya yang kita pilih itu pangsa pasar khusus perempuan, kita dapat memilih produk/jasa seperti pakaian wanita, kosmetik, produk hijab, dan lain-lain. Pada intinya kita harus menyesuaikan dengan target pasar yang ada.

3. Modal

Setelah pangsa pasar dan jenis produk/jasa kita tentukan, langkah ketiga untuk memulai bisnis online ini adalah masalah modal. Banyak orang kaya akan ide bisnis, namun sangat terkendala dengan modal.

Apakah kamu demikan ?

Sebenarnya untuk memulai bisnis online itu tidak harus dengan modal uang yang banyak.

Banyak pelaku bisnis yang telah sukses mengatakan, modal utama adalah keyakinan pada diri kita sendiri dan niat. Selanjutnya, modal dapat bersifat materi dan jumlahnya tak harus banyak.

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan terkait dengan modal non materi antara lain:

  • Bangunlah dalam diri kita agar semangat kita tak pernah surut atau pantang menyerah.
  • Yakinlah bahwa bisnis kita akan sukses, keyakinan atau bisa disebut juga sugesti adalah bahwa jika kita yakin sukses maka insya Allah bisnis kita juga sukses. Faktor sugesti sangat penting bagi pelaku bisnis karena dalam sugesti ini terkandung do’a kita kepada Yang Maha Kuasa.
  • Kesabaran adalah kunci sukses apalagi memulai bisnis dari nol, pastinya penuh dengan tantangan. Dalam hal ini memohon lah kepada yang Maha Pemurah agar bisnis yang kita jalankan dapat berhasil.
  • Mencari relasi itu sangat penting. Kamu dapat sharing antar sesama reka bisnis, aktif di forum bisnis dan sebagainya. Relasi sangat penting karena point ini akan mengenalkan/meningkatkan brand produk dan personal brand kita di masa mendatang.

Adapun untuk modal yang sifatnya materi/uang itu tidak harus banyak. Janganlah mengurungkan keniatan bisnis kita hanya gara-gara uang anggaran modal kita belum sesuai yang kita butuhkan karena banyak/sedikitnya modal itu relatif.

Jangan lupa dibaca bos: tips mendapatkan modal usaha tanpa hutang.

Contoh gambarannya antara lain sebagai berikut :

Misalkan produk yang akan kita pasarkan adalah HP, maka jangan beranggapan bahwa pada jaman sekarang orang hanya mencari/membutuhkan HP dengan spesifikasi tercanggih. Jadi kita bisa memilih memsarkan HP seken/second sekali pun HP jadul. Ya kita bisa membeli HP jadul dengan harga yang tidak membutuhkan modal banyak, misalnya membeli HP jadul dengan harga Rp. 50.000,00. Carilah juragan HP. Posisi kita hanya sebagai perantara antara penjual dengan pembeli atau sering disebut dengan maklar.

Misalkan jenis produk yang akan kita pasarkan belum jelas, dalam artian topiknya di pikiran kita adalah bisnis online, maka kita dapat menjual apa pun yang kiranya tidak membutuhkan modal uang maka pilih lah produk yang serba murah atau barang sekenan.

4. Teknik pemasaran/penjualan

Setelah 3 langkah tersebut terpenuhi, cara memulai bisnis online berikutnya kita harus menerapkan teknik pemasaran yang jitu agar produk kita laris manis.

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penghasilan lewat bisnis online diantaranya yaitu dengan memanfaatkan sosial media seperti facebook, twitter, telegram, instagram, adwords, blog, grup whatsapp dan sebagainya.

Jika kamu ingin menjangkau pasar secara meluas, sebaiknya dengan segera membuat situs website. Di sana perlihatkan produk yang kamu tawarkan.

Selain itu, kamu juga dapat memasarkan beraneka produkmu di berbagai marketplace saat ini misalnya saja seperti tokopedia, bukalapak dan sebagainya.

5. Manajemen bisnis/keuangan

Manajemen bisnis merupakan hal yang sangat penting. Contohnya saja dengan perihal keuangan. Kesalahan sedikit dalam mengelolanya, maka usaha kita bisa saja gulung tikar hanya dalam waktu beberapa bulan. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan. Diantaranya sebagai berikut:

  • Buatlah buku catatan khusus untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan hingga terperinci
  • Catat lah modal awal/pokok dan biaya rutin yang harus dikeluarkan
  • Buatlah daftar produk yang kita jual
  • Catat produk yang sudah laku dan produk stok kita
  • Buatlah catatan harian/mingguan/bulanan/tahunan tentang pemasukan dan pengeluaran baik tentang modal maupun produk
  • Pisahkan antara uang bisnis dengan uang dari sumber lain

Yang ini sayang ga dibaca: cara memulai bisnis online dari nol.

6. Daftarkan website di search engine

Seorang pelaku usaha online wajib memiliki sebuah website. Ibaratnya, website dapat diartikan sebagai wadah bagi kita untuk memperkenalkan bisnis yang kita jalani kepada khalayak ramai melalui media internet.

Agar website tersebut masuk ke dalam daftar database penelusuran search engine, salah satu caranya yakni dengan mendaftarkan situs ke mesin penelusuran seperti google, yahoo, bing dan sebagainya.

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan yakni dengan mengoptimalkan beberapa jenis keyword yang kamu bidik. Untuk masalah ini kamu dapat mempelajari teknis SEO. Misalnya saja tentang cara membuat artikel yang berkualitas dan sebagainya.

7. Iklankan situs

Sebenarnya langkah ini hampir mirip dengan panduan no. 4. Namun, untuk yang satu ini cangkupannya lebih luas. Kamu dapat memperkenalkan bisnismu melalui media offline dan online.

Contoh dari media online seperti media cetak, spanduk, stiker dan sebagainya.

Sedangkan melalui media online, kamu dapat menggunakan google adwords, fb ads, instagram ads, youtube dan sebagainya. Gunakan beragam metode agar bisnis online yang kamu kelola semakin dikenal.

8. Sediakan layanan Customer Service 24 jam 7 hari

Jika kamu menggeluti dunia bisnis di bidang jasa dan jualan produk, sangat penting untuk memberikan layanan fast respon dalam waktu 24 jam selama 7 hari.

Kamu tak harus online selama waktu itu, karena di masa sekarang ini kamu dapat menggunakan bot khusus untuk menanggapi setiap pesan yang masuk. Manfaatkan saja fitur tersebut.

9. Jangan lelah melakukan promosi

Untuk mendapatkan pelanggan tak pernah putus diperlukan perjuangan ekstra dalam hal melakukan teknik promosi atau marketing.

Kebanyakan pelaku bisnis lemah di sisi ini.

Mereka mudah putus asa ketika impian yang diharapkan tak segera terwujud. Mendapatkan sepi pelanggan, trafik website sedikit dan masalah lainnya.

Ketika itu terjadi, jangan pernah lelah melakukan promosi setiap saat.

Promosi yang dilakukan dapat berupa penawaran diskon, pemberian gift ketika pelanggan membeli sejumlah produk tertentu, mendapatkan bonus penjualan dan sebagainya.

10. Jangan lupa putar modal

Bicara tentang modal sangatlah krusial terutama dari sisi keberlangsungan bisnis.

Ketika kamu tidak pandai mengatur atau mengelola keuangan, dapat dipastikan roda bisnis yang kamu jalani akan macet dan mengalami banyak kendala.

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah hal tersebut yakni dengan mengelolanya dengan benar. Seperti mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran, tidak mencampuradukkan antara uang pribadi dan operasional, membuat rincian pengeluaran bulanan dan sebagainya.

11. Tanamkan komitmen

Satu hal lagi yang tak kalah pentingnya. Terkadang di awal membangun bisnis online di awal waktu sangat sulit dilakukan. Ada saja tantangannya terutama orderan tak kunjung datang.

Disinilah tekad kita diuji.

Maka dari itu, sejak awal memulai bisnis online harus kita tanamkan pada diri kita sendiri bahwa kita mampu melakukannya. Dengan begitu segala rintangan pasti akan kuat kita hadapi.

Beberapa hal yang dapat kita lakukan adalah lebih meluangkan banyak waktu untuk terjun ke dunia bisnis dan tidak banyak mengeluh ketika menemukan kendala atau jika kamu saat ini masih bekerja, maka manajemen waktu sangatlah penting. Setiap kendala yang akan dihadapi akan memudahkan kita menjalani bisnis dikemudian hari jauh lebih mudah.

Baiklah, setelah membaca artikel ini tentu saja saat ini kamu sudah memiliki gambaran tentang bagaimana cara memulai bisnis online yang menguntungkan dengan sedikit modal. Jangan pernah takut untuk bersaing, tanamkan keyakinan pada diri mu bahwa saya bisa dan mampu melakukannya.

Kini saatnya kamu lakukan dan action..

Tinggalkan komentar