5 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Travel (Bayaran Tinggi)

Blog travelling termasuk dalam katagori Wisata. Karena sebagian besar Content yang dimuat di dalamnya terdiri dari informasi, ulasan terkait dengan beragam destinasi wisata, seperti wisata alam, kuliner, religi, sejarah dan sebagainya.

Tak jarang di dalamnya juga memuat Content pribadi dari seorang pemilik situs yang menceritakan tentang perjalanan hidupnya selama menikmati beragam destinasi wisata yang telah ia kunjungi.

Memiliki blog bertema wisata memiliki beragam keuntungan yang dapat mendatangkan penghasilan tinggi bagi pemiliknya.

Jika Kamu pada saat ini mengelola situs bertema wisata atau sedang ingin merencanakan membangun blog travel serta berniat membangun blog tersebut dengan tujuan untuk mendatangkan penghasilan, maka hal ini yang bisa Kamu lakukan.

Di antaranya sebagai berikut:

1. Daftarkan situs ke Google Adsense

Blog bertema wisata merupakan salah satu Catagory yang memiliki nilai Cost per Click (CPC) cukup tinggi dalam periklanan Google Adsense.

Karena ada banyak pengiklan yang berani membayar mahal.

Ketika situs milik Kamu sudah disetujui dalam keikutsertaan program Adsense, itu artinya situs Kamu akan menampilkan iklan dari Google secara otomatis.

Permbayaran tergantung dari jmlah trafik harian dan banyaknya klik iklan.

Nah, perlu diketahui bahwa nilai klik per iklan besarnya berbeda beda. Namun, untuk niche wisata berbahasa Indonesia pada umumnya untuk 1 klik iklan nilainya sebesar $0,05 hingga $2 atau sebesar Rp 690,- hingga 27.800.

Nilai bayaran per klik akan meningkat seiringi dengan musim, seperti musim liburan sekolah nilai per klik akan tinggi.

Sebagai gambaran saja,

Untuk mendapatkan penghasilan bulanan dari Adsense blog wisata, Kamu harus mendatangkan trafik di atas 3.000 pengunjung unik per hari.

Anggap saja dari 3.000 pengunjung tersebut, sebanyak 3 % yang mengklik iklan.

Artinya, 3.000 x 3 % = 90 klik.

Asumsi lagi CPC per klik sebesar Rp 800,-

Bearti, 90 klik x Rp 800,-= Rp 72.000,-

Nah, itu artinya Kamu akan mendapatkan penghasilan dari Adsense sebesar Rp 72.000,- per hari atau Rp 2.150.000,- per bulan.

Lumayan bukan ?

Semakin tinggi jumlah trafik, maka penghasilanmu akan semakin besar pula. Apalagi jika kamu membuat blog wisata berbahasa inggris dengan CPC rata di atas $0,5. Bahkan bisa mencapai $5 sekali klik.

2. Menyediakan slot banner iklan mandiri

Selain di monetisasi dengan Google Adsense, Kamu juga dapat menyediakan slot banner iklan mandiri.

Pada umumnya, slot banner iklan ditempakan di bagian sisi kanan situs atau bagian siddebar paling atas.

Jadi selain Adsense, Kamu juga memperoleh penghasilan tambahan dari slot banner iklan mandiri.

Hanya saja hal ini cukup sulit di capai.

Pada umumnya, pengiklan hanya akan menawarkan kepada situs niche travel yang telah memiliki trafik sebanyak puluhan ribu per hari.

Jadi, jika jumlah trafik harian situs Kamu saat ini masih ribuan maka cukup sulit untuk mendapatkan pengiklan.

Besaran bayaran biasanya tergantung dari jumlah pengunjung, relevansi content dengan usaha milik pengiklan.

Biasanya akan di bandrol antara Rp 100.000,- hingga Rp 500.000,- per bulan atau dalam sistem kontrak hitungan bulan atau tahun dengan bayaran tertentu.

3. Ikut serta program affiliasi hotel

Ketika situs yang Kamu kelola telah mendatangkan sejumlah trafik yagng sangat besar, katakanlah ribuan hingga puluhan ribu perhari, maka tak ada salahnya mencoba cara ini.

Langkah langkahnya sangatlah mudah.

Cukup mendaftarkan diri ke situs yang menyediakan Affiliasi hotel seperti Booking, Agooda dan sebagainya. Kemudian, tempatkan tautan di dalam Content artikel.

Pada intinya, kamu dapat membuat sebuah atau banyak artikel. Kemudian, di dalamnya sisipi saja dengan tautan Affiliasi. Ketika visitor mengunjungi tautan tersebut dan menggunakan layanan hotel, maka kamu akan mendapatkan komisi sekian persen.

Biasanya persentase komisi antara 5 % hingga 30 % per setiap kali produk terjual atau dibeli oleh pengunjung.

Hanya saja Kamu harus pintar mengarahkan pengunjung utuk mengklik tautan yang telah disediakan.

Namun perlu di ingat, buatlah senatural mungkin. Jangan sampai mereka mengetahui bahwa Kamu sedang mengarahkan merekautuk mengklik tautan tersebut.

Jika ketahuan, mungkin saja mereka tidak tertarik.

Jika situs yang Kamu kelola dipadukan dengan Google Adsense, hal ini bisa jadi akan menimbulkan masalah pelanggaran kebijakan Content Adsense karena mengarahkan orang dengan sengaja untuk mendorong klik.

4. Membuka jasa guest posting

Mendapatkan uang dari blog travel bisa juga berasal dari guest posting.

Apaan tuh ?

Sederhananya, jika ada orang lain berniat untuk menempatkan sebuah tautan link di dalam situs milik Kita yang mengarahkan ke situs mereka, maka Kita dapat memberikan patokan harga untuk 1 buah tautan link tersebut.

Dalam hal ini, Kamu cukup membuat 1 artikel menarik seperti biasanya. Hanya saja, di dalam artikel tersebut memuat 1 link yang merujuk ke situs milik orang lain dengan jenis tautan dofollow.

Bayaranna lumayan tinggi untuk 1 tautan dofollow, antara Rp 100.000,- hingga jutaan. Semakin tinggi trafik harian situs, harganya bisa selangit.

Namun, perlu Kamu ketahui,

Terlalu banyak tautan dofollow di dalam situs, menurut pakar SEO hal itu akan menurunkan rank situs di laman penelusuran.

Jadi sebaiknya sesuaikan dengan jumlah Content artikel dan trafik.

Jika trafik baru di kisaran 1.000 per hari dan memiliki 100 artikel, paling tidak maksimal ada 1 hingga 3 tautan dofollow saja.

Tak ada salahnya di baca: cara menghasilkan uang dari youtube untuk pemula.

5. Menjual produk sendiri

Strategi pemasarannya mirip dengan point nomor 3.

Hanya saja, tautan link yang disediakan mengarahkan ke produk milik Kita sendiri.

Jika Kamu memiliki toko online di beberapa market place terbesar di Indonesia, maka hal itu justeru lebih baik.

Di samping membuat artikel untuk mendatangkan uang dari Google Adsense, di saat itu pula Kamu dapat menyisipi produk mu dalam artikel tersebut.

Saran dari Saya, sebaiknya tidak menempatkan promosi produk sendiri secara berlebihan. Karena hal itu biasanya akan menurunkan pendapatan dari Adsense.

Cukup tempatkan 1 tautan produk atau 1 banner produk di dalamnya bersifat tautan nofollow.

Sekarang, Kamu mau menggunakan cara yang mana nih ?

Semuanya juga boleh.

Namun, jika situs Kamu tertaut dengan program Adsense maka ada baiknya tidak menggabungkan advertiser lainnya dalam situs yang Kamu kelola secara berlebihan.

Karena hal itu akan memberikan dampak buruk bagi situs seperti meningkatnya rasio pentalan yang dapat berujung pada penurunan trafik hingga penghasilan dari Adsense itu sendiri.

Satu pemikiran pada “5 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Travel (Bayaran Tinggi)”

Tinggalkan komentar