4 Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Bagi Pemula

Popularitas situs Youtube dari tahun ke tahun semakin berkembang pesat. Hingga saat ini menempati posisi 3 besar setelah Google dan Facebook.

Kebanyakan orang mengetahui bahwa Youtube merupakan media online yang berisikan beragam catagory video dari seluruh dunia.

Namun, tak sedikit pula orang yang mengetahui bahwa dari Youtube juga dapat menghasilkan uang. Dengan kata lain, Youtube akan membayar Kita jika Kita telah mengetahui trik dan cara untuk mendapatkannya.

Kamu pasti pernah mendengar seorang Youtuber bernama Atta Hallilintar ?

Saya yakin jika Kamu berasal dari generasi Milenial, tentu saja mengetahuinya.

Dilansir dari berbagai situs ternama, penghasilan Youtuber Atta Hallilintar menembus angka 20 Milyar per bulan.

Sungguh sangat mencengangkan, mengalahkan gaji seorang Directur disebuah perusahan skala Internasional.

Tentu Kamu bertanya, bagaimana menghasilkan uang dari youtube ?

Jujur saja Saya katakan, untuk mendapatkan uang dari youtube itu tidaklah mudah. Ada serangkaian proses yang harus Kamu jalani.

Begitu juga yang dilakukan seorang Atta Hallilintar. Telah melewati banyak proses tersulit dalam hidupnya untuk mencapai kondisi seperti saat ini.

Jika Kamu tertarik untuk memperoleh penghasilan dari Youtube, diantara beberapa cara ini dapat Kamu lakukan, sebagai berikut:

1. Menjadi seorang youtuber

Tentunya Kamu telah menonton banyak video di Youtube. Pernahkah Kamu melihat iklan di dalam video tersebut pada sisi bagian bawah dan sisi siddebar bagian kanan.

Nah, dari sanalah seorang youtuber mendapatkan uang dari youtube ketika ada penonton yang mengunjungi tautan tersebut, kemudian melakukan interaksi dengan membeli produk pada iklan tersebut.

Apa yang harus Saya lakukan untuk menjadi seorang Youtuber ?

Diantaranya sebagai berikut:

  1. Tentukan content yang ingin Kamu tampilkan di Youtube. Misalnya, content tentang humor, tutorial, review, travelling, memasak dan sebagainya
  2. Buatlah Channel Youtube terlebih dahulu
  3. Upload sebanyak – banyaknya video yang telah kamu buat semenarik mungkin dan tidak menyalahi kebijakan Youtube
  4. Cari 1.000 orang Subcriber tanpa cara curang dan penuhi 4.000 jam tayang selama 12 bulan setelah Kamu mengupload video pertama
  5. Lakukan monetisasi Channel Youtube
  6. Tetap melakukan upload video secara rutin
  7. Jika monetisasi disetujui, maka iklan akan tampil disemua video Youtube yang telah Kamu Upload
  8. Have fun karena uang akan mengalir setiap bulannya

Oya, di sini Saya hanya menyampaikan point – point nya saja. Begitulah langkah – langkah untuk menjadi seorang Youtuber setelah kebijakan Youtube mengalami pembaruan di tahun 2020.

Untuk menjadi seorang Youtuber sukses menghasilkan jutaan rupiah dari Youtube, intinya adalah membuat content berkualitas tinggi, penuhi jumlah subcriber dan tingkatkan viewer di setiap video.

Saya sendiri telah merasakannya, lumayan sulit jika memulainya dari nol.

Namun, jika tekad sudah bulat maka maju terus pantang mundur demi impian terwujud.

2. Kerjasama dengan pemilik Brand

Sayangnya cara ini hanya dapat dilakukan ketika Kamu telah memiliki reputasi yang baik di Youtube seperti memiliki jumlah Subcriber di atas puluhan ribu dan Video mu memiliki durasi tonton serta jumlah jam tayang yang sangat baik di atas puluhan ribu.

Jika Kamu telah memenuhi syarat tersebut, maka tak perlu menawarkan diri kepada pemilik Brand untuk memperkenalkan produk mereka di Channel Youtube milik mu.

Justeru mereka sendiri selaku pemilik Brand yang akan menghubungi mu melalui Contact email yang telah kamu sediakan di laman About pada beranda Youtube.

Bisa di bilang semacam endorsement atau Kita diminta untuk mereview produk mereka atau memperkenalkanp roduk mereka.

Tentu saja ada bayarannya.

Besarnya tergantung dari tingkat popularitas dari sebuah Channel Youtube.

Jangan tanyakan besaran nilai sekali endorsement Channel Youtube Atta Hallilintar atau Ria Ricis, tentunya hitungan puluhan juta atau ratusan juta sekali Endors.

Channel Youtube dnegan jumlah subriber puluhan ribu biasanya dikenakan tarif ratusan hingga jutaan sekali endors.

Jika Kamu telah mencapai tahap ini, bearti Kamu telah mendapatkan 2 sumber penghasilan. Pertama dari Youtube (penghasilan bulanan) dan Kedua dari endorsement (penghasilan tambahan).

3. Menjual produk milik sendiri

Jika Kamu memiliki produk baik dalam bentuk jasa maupun barang, maka tak cukup hanya mengandalkan Youtube sebagai media promosi.

Hasilnya, Saya yakin tidak akan maksimal dan cenderung membuang – buang waktu.

Yang perlu Kamu lakukan adalah, mengkombinasikannya dengan media lain seperti Blog atau Website berbasis toko online atau landing page serta media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Dapat juga menyesuaikan dengan dipadukan dengan Channel Youtube pribadi mu saat ini. Asalkan Content nya masih nyambung dalam satu Catagory.

Untuk menarik pembeli, Kamu dapat membagikan video Youtube terkait dengan produk mu ke berbagai grup Facebook atau beranda akun sosil media milik mu saat ini.

4. Menjadi seorang Affiliater

Affiliater adalah seseorang yang memasarkan produk orang lain dengan bayaran menggunakan sistem komisi dari setiap produk berupa barang atau jasa yang terjual.

Sebenarnya, media promosi seorang Affiliater cocoknya membangun sebuah Blog atau Website.

Sistem kerjanya, mengulas suatu produk atau hanya menampilkan daftar produk pada sebuah Blog atau Website berisikan tautan link. Ketika ada orang lain mengunjungi tautan tersebut hingga membeli produk, maka seorang Affiliater akan mendapatkan komisi.

Melakukan promosi di Youtube juga bisa,

Hanya saja Contentnya bukan berupa artikel, tetapi berupa video.

Nah, di dalam Video tersebut Kamu dapat memberikan ulasan dan mengarahkan penonton untuk mengunjungi tautan yang sudah disediakan di kolom deskripsi atau komentar.

Sistem kerja selebihnya sama.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan uang dari Youtube dari Adsense dan selain Google Adsense.

Pada intinya, semua berawal dari sebuah konsistensi dan kerja keras.

Rajinlah upload video berkualitas, secara otomatis jumlah subcriber dan tayangan video akan meningkat serta fokus pada niche Content utama dan tidak dicampur aduk. Di saat itulah pihak pemilik Brand akan mencari mu dan Kamu juga akan mendapatkan penghasilan dari Adsense.

Jika Kamu telah melewati proses tersebut, bukan tidak mungkin Kamu akan mendapatkan penghasilan jutaan rupiah per bulannya.

Jika Kamu ingin mendapatkan uang dari youtube dengan segera, sebaiknya Saya sarankan dari awal jangan memiliki mimpi untuk menghasilkan uang dari media Internet.

Karena, prosesnya lumayan sulit dan lama.

Paling tidak bayaran dari kegigihan mu akan terwujud setelah beberapa bulan menjalaninya dengan penuh kesungguhan. Tidak bisa hari ini kerja dan hari itu juga uangnya ada di depan mata.

Apakah Kamu memiliki ide dan inspirasi lainnya ?

Jangan sungkan untuk memberikan komentar terbaik dan relevan pada artikel di bawah ini ya…

Tinggalkan komentar