11 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Selain Adsense

Adsense merupakan salah satu program periklanan Google yang cukup bannyak di minati oleh kalangan anak muda, Blogger dan pebisnis online. Dengan menjadi mitra Google Adsense dengan cara mendaftarkan blog yang kita kelola ke Adsense, maka kita akan mendapatkan uang dari blog melalui program periklanan milik Google tersebut.

Sayangnya, tak mudah untuk diterima menjadi mitra Google Adsense karena Blog yang kita kelola sebelum memuat iklan haruslah ditinjau oleh Tim Google untuk memenuhi kelayakan atau tidaknya.

Kebanyakan orang yang mencoba untuk menjadi mitra Google Adsense ditolak begitu saja dengan beragam alasan, salah satunya Blog tidak memenuhi syarat.

Selain itu, masalah lainnya jika Blog yang Kamu kelola di terima Adsense dan dapat menampilkan iklan tak serta merta Kamu akan mendapatkan uang. Karena semuanya tergantung dari jumlah pengunjung, klik, tayangan iklan dan sebagainya.

Bisa dikatakan, level permainannya cukup sulit. Bagi seorang pemula, saya sendiri tidak menyarankan. Bisa bisa stres, karena sudah capek mengelola blog namun trafik dan klik tak kunjung mendatangkan income dari Adsense.

Simak 11 cara mendapatkan uang dari blog selain adsense berikut ini

1. Menawarkan layanan jasa design

Jika Kamu memiliki keahlian dibidang tertentu, katakanlah seperti jago dalam hal membuat design kaos, kartu undangan, banner dan sebagainya, maka keahlian Kamu tersebut dapat dipasarkan melalui media online dengan membangun sebuah blog pribadi.

Tentukan harga yang kompetitif dan tawarkan kepada orang terdekat seperti teman teman melalui sosial media milik Kamu dengan melampirkan situs Blog yang telah kamu buat.

Hasilnya, cukup menghasilkan. Apalagi, hasil design milikmu memiliki kualitas tersendiri.

2. Menjadi seorang content writter

Penulis online atau content writter diera digital dengan perkembangan teknologi Blog dan Website, sedang banyak dicari oleh banyak pemilik situs Blog dan Website. Mereka membutuhkan content berupa artikel untuk mengupdate jumlah artikel pada situs yang mereka kelola.

Sangat menjanjikan, akan tetapi dalam hal ini Kamu harus memahami kaidah penulisan artikel yang SEO. Bayarannya cukup relatif, contohnya saja artikel 500 kata berbahasa Indonesia dikenakan tarif Rp 20.000,- hingga Rp 25.000,-. Karena itu yang mereka cari. Jika belum mengetahuinya, sebaiknya pelajari dulu terkait hal ini.

Semakin tinggi kualitas artikel dan jumlah kata, maka semakin mahal.

3. Ikut bisnis affiliasi

Jujur saja saya katakan, bahwa untuk menjadi seorang affilater itu tidaklah mudah. Bisnis affiliasi artinya Kamu kaan menawarkan produk orang lain pada suatu Blog yang Kamu kelola, pada intinya Kamu membuat artikel menerangkan profile dari produk tersebut seperti fungsinya, keuntungannya dan sebagainya.

Jika ada pengunjung yang datang ke situs milikmu dan mengunjungi tautan atau banner pada Blog kamu dan pengunjung tersebut membeli, maka kamu akan mendapatkan komisi. Besaran komisi biasanya tergantung pemilik produk. Biasany antara 10% hingga 30% dari penjualan.

Affilasi yang dapat akmu coba, seperti Amazon, Lazada, layanan hosting, perhotelan, situs jual beli dan sebagainya.

Lumayan menjanjikan, namun jika trafik situs sedikit maka harapan untuk menghasilkan uang dari Blog mungkin akan sirna karena tidak ada impression.

4. Menawarkan content placement

Tak jarang ditemukan kebanyakan Blogger menerapkan cara ini untuk menghasilkan uang dari blog selain google adsense karena hasilnya cepat dan sangat menjanjikan.

Bayangkan saja, 1 artikel content placement yang berisikan tautan externel ke situs pemesan dibandrol dengan harga antara Rp 100.000,- hingga jutaan rupiah.

Namun, saya katakan untuk menawarkan jasa content placement ini tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak point penilaian agar mereka tertarik dengan jasa Kamu. Diantaranya, rank situs seperti DA, PA, MOZ Skor, jumlah trafik dan sebagainya harus tinggi.

Paling tidak di atas ribuan hingga ratusan ribu. Semakin tinggi trafik dan rak situs baik, maka harganya bisa semakin mahal. Maka jangan heran, 1 artikel content placement bisa dihargai 1 juta – 3 juta.

5. Ikut serta lomba blogging

Jika situs Blog milik mu memiliki reputasi yang mumpuni ditandai dengan rank situs yang bagus, tingginya jumlah trafik dan sebagainya, maka cara mendapatkan uang dari blog selain google adsense yang satu ini layak Kamu coba.

Biasanya ada event dari mereka selaku pemilik produk akan mengadakan lomba blogging dengan tujuan untuk memasarkan produk milik mereka. Coba saja ikut, infonya bisa kamu cari di penelusuran Google, misalnya dengan kata kunci lomba blogging dan sebagainya.

Hadiahnya terkadan lumayan, bisa berupa uang jutaan rupah, smartphone dan sebagainya.

6. Menjadi jasa review produk

Tak jauh beda dengan mewarkan jasa content placement, hanya saja jasa yang satu ini lebih spesifik lagi yakni kita akan mereview sebuah produk tertentu.

Bentuknya dapat berupa review jasa, produk digital, barang, situs blog dan website serta lainnya.

Layanan jasa ini dapat kamu tawarkan kepada pemilik produk. Hanya saja, untuk menjadi seorang Blogger reviewer tidaklah mudah. Syarat utamanya yakni , Blog yang kamu kelola paling tidak mendatangkan ribuan trafik perharinya.

Semakin tinggi trafik Blog, maka bayaran dari jasa review akan semakin muahal.

7. Membuat blog

Punya keahlian dalam pembuatan blog dan website ? Maka tak ada salahnya Kamu membuka jasa pembuatan Blog.

Namun, tentu saja ada syaratnya. Seorang yang menawarkan jasa membuat blog tentunya ia harus bisa membuat blog yang profesional. Paling tidak paham CSS dan HTML serta dapat menulis artikel SEO.

Kuncinya dalam jasa ini adalah harga, design situs, tawaran template yang digunakan dan kualitas artikel.

Jika itu terpenuhi, bakalan lancar jaya terus.

8. Ikut program periklanan selain Adsense

Ditolak mulu oleh Adsense ? maka alternatif menghasilkan uang dari blog selain Adsense adalah dengan mengikuti program mitra selain Adsense.

Ada banyak sekali, diantaranya reveue hit, popeller ads, MG ID, Pop cash dan sebagainya.

Akan tetapi, jujur saya katakan tak mudah untuk menghasilkan uang dari program periklanan di atas. Sayrat utamanya adalah trafik situs blog paling tidak mencapai angka ribuan atau puluahn ribu perhari.

Punya trafik ratusan sebaiknya, jangan coba coba ketimbang stres.

9. Membuka kursus online

Blog danWebsite juga dapat dijadikan media untuk mendapatkan uang jika Kamu memiliki keahlian khusus.

Tentunya bukan keahlian memasak atau menjahit dan sebagainya.

Mana mungkin ada kursus menjahit online, prakteknya gimana ? haha…

Punya keahlian dalam mengelola Blog yang dapat mendatangkan trafik ribuan hingga puluhan ribu perhari ? Nah… keahlian ini dapat dijadikan ladang uang dengan cara menawarkan layanan jasa kurus Blog online dengan materi utama mendatangkan trafik.

1 peserta dibandrol 200ribu per sesi / bulan kan lumayan.

10. Jualan online

Jika kamu memiliki suatu produk, sudah tidak jaman lagi jika produk yang Kamu miliki hanya dipasarkan melalui jaringan Offline.

Sekarang saatnya Go Online..

Tawarkan beragam produk yang Kamu miliki melalui Blog atau website. Pada intinya, kamu harus membuat Toko online. Tak perlu meniru seperti marketplace, standar saja sudah cukup.

11. Menarkan jasa konsultasi

Banyak orang saat ini ketika hendak melakukan sesuatu, mereka akan menanyakan kepada seseorang ahli sebelum menentukan langkah pengambilan keputusan.

Misalnya saja, seorang pelaku bisnis ketika ingin menjalankan usaha miliknya di awal waktu, maka ia akan berkonsultasi terlebih dahulu kepada pakar bisnis dengan tujuan agar segala resiko dapat dihindari.

Apa keahlian Kamu saat ini ?

Buat saja situs Blog atau Website dan tawarkan jasa konsultasi di sana.

Tentu saja Kamu harus memiliki kompetensi di bidang tersebut dan memberikan bukti bahwa Kamu seorang ahli nya ahli.

Nah, itulah beberapa rekomendasi cara menghasilkan uang dari Blog selain Adsense. Tak erlu mencobanya semua, sesuaikan saja pada keahlian yang Kamu miliki sekarang ini.

Apakah Kamu punya informasi tambahan lainnya selain di atas, jika iya jangan sungkan berkomentar biwah artikel ini ya..

Tinggalkan komentar