10 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar Minim Pesaing

Niatan untuk memulai usaha sudah ada, terkadang kendalanya ada pada modal dan terlalu banyak memikirkan resiko seperti berapa banyak pesaing bisnis yang akan Saya jalani nantinya ? Kira – kira sukses atau tidak ya ?

Jika kamu baru saja ingin memulai bisnis, Kami rasa pemikiran seperti itu pada awalnya juga dirasakan oleh pelaku usaha yang telah suskses pada saat ini. Hanya saja jika Kamu memiliki keraguan semacam itu, kapan mau memulainya ?

Inilah 12 contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

1. Toko Online

Contoh usaha modal kecil pertama yang Kami berikan adalah membuka online shop. Yang benar saja, untuk saat ini ada banyak sekali toko online yang bermunculan.

Walaupun demikian, yang perlu Kamu lakukan adalah menemukan suatu produk yang berbeda di antara yang sudah ada. Jika produk yang Kamu tawarkan terbilang unik, Kami jamin peminatnya akan banyak.

Modal yang dibutuhkan yakni sosial media yang telah memiliki banyak pertemanan atau follower atau jika Kamu ingin mengeluarkan uang, buatlah sebuah website toko online yang sederhana saja.

Biaya pembuatan toko online berbasis blogger, cukup membeli domain .com seharga Rp 125.000,00 saja. Sedangkan hostingnya menggunakan blogger alias gratis.

2. Dropshipper

Contoh usaha modal kecil yang menjanjikan untung besar selanjutnya yakni menjadi seorang dropshipper. Dropship adalah salah satu jenis usaha kekinian yang dapat kamu jalankan tanpa harus memiliki sebuah produk.

Untuk menjadi seorang dropshipper kamu cukup melakukan kerja sama dengan suatu toko online atau suplier. Intinya, kamu hanya sebatas sebagai perpanjangan tangan dari seorang supplier.

Ketika ada orang memesan sebuah produk kepadamu, kamu cukup meminta kepada supplaier untuk mengirim barang ke alamat tujuan atas nama kamu sendiri.

Enaknya menjadi dropshipper adalah kamu bisa membangun brand sendiri tanpa harus memiliki produk ataupun toko di dunia nyata.

Semuanya sistem online. Dan ketika satu lagi, pembeli taunya itu adalah produk hasil karyamu.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang dropshipper ?

Banyak orang mengatakan dropshipper tidak membutuhkan modal sama sekali, bohong besar !.

Yang diperlukan antara lain:

  • Menyediakan list produsen yang bisa diajak kerjasama
  • Paket data dengan biaya bulanan sebesar Rp 40.000,- hingga Rp 100.000,- untuk menjalin komunikasi

3. Bisnis makanan ringan

Camilan sudah menjadi kebutuhan utama. Kamu dapat membuat makanan ringat seperti kerupuk, aneka keripik, makaroni dan sebagainya.

Sebaiknya jika Kamu ingin menjalani usaha modal kecil menjual makanan ringat, saran Kami buatlah sesuatu yang belum pernah ada.

Paling tidak, bisnis ini membutuhkan modal 500 ribu hingga 1 juta rupiah untuk membeli bahan – bahan, hingga tahap pengemasan.

Jika ingin membuat kemasan label sendiri seperti cetak label dan bungkus atau tempat dari makanan ringan, modalnya dikisaran 2 juta – 5 juta rupiah.

Target pemasaran dapat kamu pasarkan di warung warung, cafe, warung makan, toko online dan sebagainya. Namun, pastikan camilan yang kamu buat rasanya enak dan dikemas semenarik mungkin.

4. Les private

Jika kamu seorang lulusan sarjana matematika, sastra bahasa inggris, seni musik, desgin grafis dan sebagainya, maka kamu memiliki peluang besar untuk membuka sebuah usaha yang minim pesaing tanpa membutuhkan modal besar.

Kamu dapat menawarkan jasa les private kepada tetangga atau daerah tempat tinggal mu terlebih dahulu. Selain itu, Kamu juga dapat membuka kelas online.

Usaha modal kecil ini termasuk minim pesaing jika ditempat tinggalmu tak ada sebuah lembaga pendidikan. Walaupun demikian, Kamu dapat menawarkan harga khusus untuk bersaing dengan mereka.

Jika Kamu ingin memulainya, ruangan khusus sangat dibutuhkan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuka kelas kecil diantaranya papan tulis, spidol, penghapus, buku, modul dan sebagainya.

Jika Kamu memiliki ruangan sendiri, tak perlu menyewa. Dengan begitu pengeluaran bisa ditekan.

5. Penulis Konten

Salah satu contoh usaha modal kecil untung besar minim pesaing adalah penulis artikel. Hanya saja, Kamu dituntut untuk selalu berfikir membuat konten artikel. Idenya luas tersebar di mesin penelusuran.

Jangan kuatir dengan kemana kamu akan memasarkan jasa ini. Kamu dapat menjangkau kalangan internet marketer, blogger bahkan ke situs situs media online terbesar seperti detik, liputan 6, idntimes dan sebagainya.

Jika artikelmu bagus dan memiliki unsur SEO, maka 1 artikel dengan 500 panjang kata dapat dihargai antara Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,-. Semakin banyak panjang kata, semakin mahal. Biasanya pembeli akan memesan dengan jumlah borongan.

Bayangkan jika Kamu mendapatkan pesanan artikel sebanyak 100 artikel dalam 1 bulan, bearti 100 artikel x Rp 15.000 = Rp 1.500.000,- .

Bisnis modal kecil ini hanya membutuhkan biaya sebesar Rp 50.000,- per bulan untuk membeli paket data saja.

Baca: peluang usaha di desa yang menjanjikan.

6. Usaha Kuliner

Nah, usaha modal kecil minim pesaing yang satu ini tak ada matinya. Karena ada banyak orang diluar sana sering berpergian ke luar rumah dan mencoba sesuatu masakan yang baru dan enak.

Untuk memulai bisnis modal kecil di bidang kuliner, kamu harus memiliki cita rasa masakan yang lezat dipadukan dengan penyajiannya harus unik dan menarik.

Contohnya saja, es kepal milo, ayam geprak dan sebagainya. Diawal waktu, kamu dapat menyewa tempat di pinggiran jalan. Jika ingin berkembang pesat, kamu dapat membuka restaurant.

Modal yang dibutuhkan tergantung dari jenis produk dan teknik pemasaran yang Kamu buat. Jika dipasarkan secara offline atau membuka lapak, tentu saja membutuhkan biaya besar. Paling tidak pengeluarannya untuk biaya sewa tempat.

Di awal permulaan bisnis, Kamu dapat menempatkan produk milik mu ke tempat penitipan kue, warung, cafe dan sebagainya serta pemasaran melalui media online. Paling tidak modal yang dikeluarkan antara 500 ribu – 1 juta.

7. Design Grafis

Usaha modal kecil berikutnya yakni membuka layanan jasa. Jika kamu seorang ahli dalam hal design grafis maka peluang usaha ini bisa jadi ladang emas bagimu.

Pasalnya, jasa design saat ini paling banyak di cari untuk membuat sebuah karya seperti logo, kartu nama, kartu undangan, design kalender, kaos, maskot, poster, baliho, interior dan sebagainya.

Tanpa harus bekerja di sebuah perusahaan, kamu dapat memulainya sendiri atau bekerja dengan perusahaan dengan sistem mitra.

Jasa kamu juga dapat dipromosikan di situs seperti penyedia layanan jasa, sosial media dan sebagainya.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini ? Cukup bermodalkan laptop spek dewa yang Kamu punya dan paket data.

Jika sudah punya modal besar, kamu dapat membuka lembaga kursus sendiri. Dijamin banyak pemonatnya terutama di kalangan muda masa kini.

8. Jual Accesories Smartphone

Saat ini hingga masa mendatang, memiliki smartphone telah menjadi kebutuhan hidup.

Bahkan, setiap orang saat ini telah memilikinya. Prospek usaha modal kecil modal kecil berikutnya ini jual accesories ke depannya sangat menjanjikan. Karena pangsa pasar smartphone mulai merambah ke kalangan ekonomi kelas bawah.

Mengingat akan hal itu, kebutuhan assesories smartphone juga semakin meningkat.

Kamu dapat menjual aksesorie smartphone seperti casing, baterai,, power bank, tongsis, gantungan, stiker, layar anti gores dan sebagainya. Pemasaran dapat kamu jual di media sosial dan toko online masa kini.

Modal yang dibutuhkan berada dikisaran 500 ribut hingga 2 juta rupiah dengan keuntungan yang diperoleh dikisaran Rp 10.000,- hingga Rp 100.000,- per produk.

9. Jasa Titip Beli

Tanpa modal, kamu dapat melakukan usaha ini.

Usaha jasa titip beli akhir akhir ini telah bermunculan mengiringi kemajuan teknologi. Sistem kerjanya yaitu, kamu hanya perlu membelikan barang barang pesanan konsumen, kemudian kamu kirimkan ke alamat tujuan dengan cara menambah jasa ongkos kirim dan biaya jasa pembelian.

Target pasar ada dikalangan ekonomi menengah dan kelas atas.

Sehingga kamu memiliki peluang untuk mendapatkan omset belasan juta hingga puluhan juta. Namun, diawal bisnis sangat sulit membangun kepercayaan. Mengingat jasa ini rentan dengan penipuan.

Akan tetapi, kamu harus optimis dan memperjuangkan sebuah brand untuk masa mendatang dengan cara mempromosikan usaha di media sosial, orang terdekat, keluarga, teman teman dan sebagainya. Dengan begitu, usahamu akan maju pesat.

Berapa modal yang dibutukan untuk membuka jasa titip beli (jastip) ? Jika Kamu menjalani usaha ini di awal waktu, bisa dikatakan nyaris tak membutuhkan modal.

Hanya membutuhkan modal biaya transportasi untuk membeli barang pesanan client dan paket data untuk mengakses internet. Sedangkan profitnya sebsar 10 – 15 % dari pesanan + biaya transportasi.

Jika ada yang memesan untuk membelikan pakaian batik seharga Rp 120.000,-, maka keuntungan yang Kamu dapatkan sebesar Rp 12.000,- + biaya transportasi. Lumayan hasilnya jika orderannya banyak.

10. Menjual Foto

Hobi fotografi membuat keuntungan tersendiri. Selain sebagai salah satu trend masa kini, hobi fotografi dapat menghasilkan uang, bahkan dalam bentuk dollar.

Yang dibutuhkan oleh mu adalah sebuah kamera canggih lumayan oke. Bisa juga hanya mengandalkan smartphone kamu saat ini.

Kamu harus mendapatkan kualitas foto terbaik. Tidak harus selalu mendapatkan foto bertema pemandangan alam. Foto apa saja dapat kamu jual dan menghasilkan uang.

Ya. apa saja yang kamu foto dapat menghasilkan uang.

Dengan catatan, kualitas pixel foto sangat baik dan pengambilan objek harus terarah.

Jika kamu jago editing, itu jauh lebih baik. Jual fotomu di situs seperti:

  • 123rf.com,
  • fotolia.com,
  • shutterstock.com dan sebagainya.
  • Komisi perfoto sangat bervariasi. Biasanya 1 foto berkualitas di hargai $1 hingga $10.

Kira – kira berapa modal usaha jual foto ini ? Jika smartphone Kamu telah mendukung kamera 10 MP ke atas, cukup menggunakan smartphone saja. Selebihnya hanya membutuhkan kuota data untuk mengakses dan melakukan upload ke situs tersebut.

11. Menjual produk kreatif daur ulang

Diantara contoh usaha modal kecil untung besar minim pesaing berikutnya ada menjual produk usaha kreatif dari bahan – bahan bekas pakai. Hanya saja, usaha ini bisa dilakukan oleh orang yang memiliki seni dan kreativitas tinggi saja.

Produk apa saja yang dapat dipasarkan ? Ada banyak sekali.

Mulai dari hiasan dinding, pernak pernik lampu, vas bunga, tempat pensil, gantungan kunci, dompet tahan air dan sebagainya.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini dikisaran 500 ribu – 2 juta rupiah yang akan digunakan untuk membeli bahan bahan seperti botol, koran, serpihan kaca, kerang laut dan sebagainya.

Itulah beberapa jenis contoh usaha modal kecil untung besar yang sangat menjanjikan sepanjang musim diantaranya minim tingkat persaingan. Bahkan kamu dapat menggeluti lebih dari satu usaha. Sehingga, income akan datang dari mana saja. Namun, awali usaha dari yang kecil terlebih dahulu.

Bagaimana, kamu mau menjalankan bisnis yang mana ?

Tinggalkan komentar