Memulai Bisnis Internet Melalui Media Blog, Harus Mulai Dari Mana ?

Topik Bahasan

Tingkat kepopuleran sebuah blog di dalam bisnis internet sudah tidak asing lagi. Seseorang yang hendak terjun di bisnis internet diwajibkan memiliki sebuah atau banyak blog. Seperti yang sedang kamu baca saat ini merupakan salah satu bentuk dari situs weblog sebagai upaya bagi owner memperkenalkan bisnisnya ke banyak orang.

Hal tersebut dapat dikatakan sebagai salah satu strategi marketing online yang cukup sederhana dan mudah dilakukan.

Dengan kita mempunyai blog maka bisa digunakan berbagai macam bisnis online, menjual produk fisik, menjual produk digital, bahkan menjual jasa, jasa apapun bisa kita jual secara online. Asalkan bukan jual diri aja ya, hehe… 😀 .

Sebagai seorang pebisnis online pemula, blog merupakan sarana yang sangat mudah untuk kita lakukan dari awal dan juga tidak memerlukan banyak uang yang harus di keluarkan. Sebagai pemula hanya membutuhkan uang untuk membeli domain dan hosting itupun dihitung pertahun perpanjangan bukan perbulan.

Artinya kamu hanya mengeluarkan uang sekali setahun saja, selama setahun itu anda bisa menikmati dan mengelola blog anda sebagai sumber penghasilan.

Yuk baca: cara usaha online shop tanpa modal.

Bahkan, kamu tidak perlu membeli domain dan hosting. Gunakan saja platform gratis yang memiliki fitur untuk membuat blog seperti blogger.com dan wordpress.com. Akan tetapi dari sisi fitur tentu saja sangat terbatas.

Namun jika serius melakukannya, kamu dapat mengikuti saran saya sebelumnya yakni dengan membeli domain dan hosting. Jika kamu sedang membutuhkan kedua, berikut ini rekomendasi salah satu provider terbaik di Indonesia yang menawarkan domain hosting berkualitas.

Hosting Unlimited Indonesia

Gambaran untuk memulai bisnis dengan blog

Apabila masih bingung seperti apa blog yang bisa menghasilkan uang itu? Berikut contoh penjelasan singkat yang dengannya semoga kamu dapat memahaminya.

1. Contoh pertama

Jika kamu seorang ibu maupun remaja dengan kreatifitas tinggi dalam bidang usaha pembuatan makanan/cemilan atau apapun, maka kamu dapat memanfaatkan blog sebagai media informasi dan promosi makanan itu.

Apabila kamu pasarkan secara offline saja maka pembeli produk yang kamu buat tersebut mungkin saja sedikit, kurang lebih satu desa anda saja. Coba bandingkan jika kamu pasarkan secara online. Maka kemungkinannya, kamu akan mendapatkan profit yang jauh lebih besar.

2. Contoh kedua

Suka menggambar, menggambar adalah hal yang sangat susah ditiru. Dengan kamu memasukkan hasil gambar di dalam blog, maka bisa kemungkinan gambar mu layak mendapatkan harga yang mahal di luaran sana. Kamu juga dapat menjualnya dibeberapa situs ternama denan bayaran dollar seperti 123rf.com.

Yuk baca: bisnis online terbaru yang menguntungkan.

3. Contoh ketiga

Tidak punya keahlian maupun jasa namun suka menulis, maka kamu dapat membuat review product apapun yang disukai. Di sana kamu dapat menulis dan mereview produk orang lain. Kemudian menawarkan kepada pemilik produk tersebut untuk menanamkan tautan di dalam blog yang telah kamu buat. Dari sanalah kamu akan mendapatkan keutungan dari blog.

Nah, itulah gambaran singkat mengenai langkah awal untuk memulai bisnis dengan membangun sebuah blog. Jika ada yang ingin ditanyakan, sampaikan saja pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Tinggalkan komentar