Ide Usaha di Bulan Puasa

9 Ide Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan Modal Kecil Untung Besar

Kedatangan bulan ramadhan memang sangat dinantikan oleh banyak orang terutama bagi umat islam. Selain menjadi ladang pahala, bulan ramadhan juga menyimpan banyak keberkahan lainnya, seperti adanya kemudahan dalam hal urusan mencari rezeki.

Di bulan ramadhan, ada banyak orang menciptakan peluang usaha dadakan untuk memperoleh keuntungan berkali kali lipat dari hari biasa. Hal ini dikarenakan sirkulasi belanja harian kebanyakan orang akan meningkat signifikan.

Bahkan, yang tadinya tidak pernah menjalankan bisnis sama sekali ketika ramadhan tiba memanfaatkan moment ini untuk mendapatkan keuntungan dan penghasilan tambahan.

Jika kamu tertarik, beberapa ide usaha rumahan di bulan ramadhan berikut ini dapat kamu lakukan. Cukup bermodalkan antara 500ribu – 5 juta rupiah, kamu akan memperoleh keuntungan berlipat.

1. Jualan Es Blewah

Blewah adalah nama buah sejenis melon. Hampir mirip dengan melon, akan tetapi rasanya seperti gabungan buah semangka dan pepaya. Ketika ramadhan tiba, permintaan pasar terhadap jenis buah ini sangat meningkat signifikan.

Kamu dapat memanfaatkan momen ini yakni dengan berjualan es blewah.

Nah, untuk menambah daya tarik pembeli, kamu dapat mencampurkan bahan bahan lainnya seperti susu kental manis, es batu serut dan sebagainya.

Semakin menarik dan harganya enak, maka daganganmu akan laris manis.

2. Jualan Kue Basah

Salah satu makanan yang laris di bulan puasa adalah aneka kue basah. Buktinya, ada banyak sekali pedagang kaki lima hampir di sudut jalanan kota menjajakan aneka kue basah.

Walaupun ada ribuan kue yang dijual pada pedagang tersebut, tetap saja ketika ramadhan tiba sebagian besar dari kue tersebut luder terjual dibeli oleh masyarakat. Kamu juga dapat menitipkan kue di tempat itu. Ini peluang emas untuk kamu.

Beragam kue basah yang dapat kamu jual antara lain onde onde, bolu kukus, martabak mini, kue pukis, serabi dan sebagainya. Bicara soal modal berada dikisaran 200 ribu hingga 5 juta rupiah jika kamu hendak membuatnya dalam skala besar.

Baca yuk gaes: peluang usaha di desa.

3. Es Kuwut Khas Bali

Minuman ini terbuat dari bahan utama berupa daging buah kelapa muda. Jika kamu mengunjungi Bali dan makan disuatu tempat, maka tak sulit menemukan es kuwut Bali.

Mengapa harus es kuwut Bali ?

Alasan utama pastinya dari segi penyajian terbilang unik dan rasanya begitu menyegarkan. Bahan bahan utama untuk membuatnya adalah, buah kelapa muda, melon, air dingin dilengkapi batu es, jeruknipis dan biji selasih.

Jika kamu belum mengetahui tata cara pembuatannya, di media online banyak yang membuat resepnya. Jadi, kamu tinggal mencontohnya saja.

4. Jualan Kurma

Selain kue basah, buah kurma paling banyak di cari selama bulan ramadhan tiba. Tak heran jika banyak pedagang buah dapat menghabiskan belasan hingga ratusan kilogram selama ramadhan.

Banyak orang membeli kurma untuk dijadikan takjil berbuka puasa. Kamu dapat berjualan dari beberapa varian kurma. Titipkan daganganmu ke pedagang kue atau membuka lapak sendiri di lokasi cukup strategis juga bisa.

5. Cocktail Buah

Biasanya minuman ini kerapkali dihidangan di restorant berbintang dan cafe. Cocktail buah terbuat dari aneka jenis buah. Diantaranya buah pepaya, nanas, blewah, melon, kolang kalng dan sebagainya.

Dipastikan minuman menyegarkan ini tidak akan sepi peminat terutama pada saat moment ramadhan.

Untuk menambah kesan menarik dan daya rasa minuman tersebut, kamu dapat berkreasi sendiri seperti menambahkan larutan gula, kombinasi buah warna warni dan sebagainya.

6. Berjualan Sop Buah

Mirip dengan cocktail buah. Namun ada sedikit variasi rasa dan tata cara penyajian. Sop buah terdiri dari campuran beraneka ragam jenis buah buahan seperti melon, pepaya, blewah, buah naga dan sebagainya.

Bukan hanya itu saja, biasanya pula akan dipadukan dengan campuran cincau hitam, susu kental manis, pewarna makanan, serutan batu es dan sebagainya.

7. Jualan Kue Kering

Walaupun sedang menjalan ibadah puasa, tak menyurutkan untuk melakukan banyak aktivitas. Begitu padatnya aktivitas diluar ruangan, terkadang tak memiliki banyak waktu apalagi untuk membuat sajian kue kering.

Berjualan kue kering termasuk ke dalam nama jualan yang laris di bulan puasa. Sebab, dipastikan banyak orang mencari kue kering untuk disuguhkan kepada para tamu ketika lebaran nanti.

Peluang usaha ini ada baiknya kamu jalankan jauh jauh hari sebelum bulan ramadhan dengan melakukan teknik promosi di media sosial, situs marketplace dan sebaginya. Ketika memasuki bulan ramadhan, kamu tinggal action menerima orderan.

8. Jualan Es Pisang Ijo

Es pisang ijo sangat populer hingga melalang buana ke mancanegara karena kelezatannya.

Rasanya begitu manis dan legitu. Es pisang ijo terbuat dari bahan bahan adonan tepung, pisang dan diberi campuran sirup, susu serta serutan batu es. Bisnis ini cukup menjanjikan, apalagi dijalankan selama bulan ramadhan.

9. Menjual Pakaian Muslim

Menjelang bulan ramadhan dan lebaran, produksi pakaian muslim dipastikan meningkat signifikan sesuai dengan permintan pasar. Kamu dapat berjualan aneka pakaian muslim seperti baju koko, kerudung, hijab, mukena dan sebagainya.

Untuk mendapatkan barang, kamu dapat melakukan kerja sama dengan suplier dengan sistem sebagai reseller ataupun dropsipper. Sedapat mungkin carilah suplier utama dan terpecaya. Jika perlu, suplier tersebut harus dikenali agar jalur distribusi berjalan lancar.

Sebelum berjualan, kamu harus merencanakannya jauh jauh hari. Paling tidak 1 – 2 bulan sebelum ramadhan segela persedian telah siap.

Baca : peluang usaha online yang menjanjikan.

Sebagian besar ide usaha rumahan di bulan ramadhan yang telah kami paparkan di atas memang di dominasi pada bidang kuliner. Namun, tidak menutup kemungkinan di bidang lainnya seperti fashion, penulis content dan sebagainya.

Kamu dapat memilih salah satu atau diantaranya. Jika kamu memiliki ide lainnya, jangan lupa sertakan dikomentar ya dan bagikan artikel ini.

Redaksi Aogla Media
Aoglamedia merupakan media informasi, inspirasi dan motivasi berasal darI Bangka Belitung yang memiliki komitmen untuk menyajikan konten berkualitas dan kredible kepada publik dengan harapan menjadi media teroke (aogla).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.