7 Peluang Usaha di Bidang Transportasi dan Otomotif

Peluang usaha di bidang transportasi dan otomotif di masa sekarang semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Contohnya saja di masa lalu, jasa transportasi ojek hanya dapat ditemukan di sudut sudut kota.

Namun, di masa sekarang jasa transportasi ojek telah merambah ke pusat pusat kota, bahkan dengan bantuan kecanggihan teknologi, jasa ojek dapat di pesan secara online. Pelaku usaha sangat pintar memanfaatkan keadaan dan jeli terhadap kebutuhan serta pangsa pasar.

Itu hanya salah satu dari sekian banyak peluang bisnis di bidang transportasi dan dunia otomotif yang terbukti menjanjikan berawal dari sebuah ide sederhana.

Kamu mau menjalankan bisnis serupa ? atau masih ada keraguan ? Mungkin beberapa ide di bawah ini dapat membuka wawasan mu untuk menjalankan usaha yang cocok dengan minatmu dibidang transportasi dan dunia otomotif.

1. Jasa Cuci Motor dan mobil

Begitu banyaknya kendaraan yang lalu lalang di jalan raya dan hampir sebagian besar orang memiliki kendaraan roda dua bahkan lebih dari 1 unit. Jika kamu jeli, hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis transportasi yang sangat menguntungkan. Tak hanya itu, banyak pula yang memiliki kendaraan mobil.

Baca juga bro: peluang usaha rumahan di desa.

Selain usaha utama, kamu juga dapat menawarkan aksesoris motor dan mobil, stiker, menawarkan jasa ganti oli, lampu spion dan sebagainya. Agar usaha mu cepat berkembang, pastinya kamu harus memiliki standar kebersihan setiap motor dan mobil yang telah dicuci.

Kira – kira berapa modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha jasa cuci motor dan mobil ? Rinciannya dikisaran berikut:

  • Pembelian mesin steam pencucian Rp 700.000,-
  • Tendon air 500 liter Rp 400.000,-
  • Peralatan lain seperti selang, sabun cuci, dll Rp 200.000,-
  • Sewa tempat Rp 500.000,- hingga Rp 700.000,-
  • Bayar gaji 2 karyawan Rp 2.500.000,-
  • dll

Jika dirasa modal di atas terlalu besar, Kamu dapat mengawali dengan jasa pencucian motor terlebih dahulu dan dilakukan secara mandiri.

2. Membuka Bengkel Motor

Punya keahlian dibidang otomotif ? tak ada salahnya jika kamu membuka usaha jasa transportasi bengkel motor mengingat jumlah kendaraan bermotor dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Tentu pada setiap hari ada saja permasalahan yang dihadapi oleh si pemilik kendaraan mulai dari masalah rem, oli, kendaraan mogok, ganti spare part dan sebagainya.

Selain membuka usaha di bidang jasa, kamu juga dapat menjual suku cadang asli onderdil motor, aksesoris, helm, spion dan sebagainya. Sebagai pemula bisa dijalankan dengan modal sedikit dengan kebutuhan membeli kompresor, bor, stock onderdil dan sebagainya.

Berapa modal yang dibutuhkan ? diperkirakan:

  • Membeli 1 set kunci pas lengkap Rp 250.000,-
  • Ban dalam, beberapa onderdil Rp 300.000,-
  • Jika diperlukan membeli kompresor angin Rp 950.000,- baru merk lakoni imola
  • dan sebagainya

3. Salon Mobil Plus

Contoh usaha di bidang otomotif yang menjanjikan selanjutnya adalah salon mobil plus. Dikatakan menjanjikan karena pangsa pasar berasal dari kalangan ekonomi menengah atas atau kalangan elite.

Jasa yang ditawarkan dapat berupa memodifikasi tata letak bagian dalam mobil, jasa pembersihan bagian dalam mobil, semir ban, pengkilapan body dan sebagainya.

Hanya saja, untuk menjalankan ide bisnis ini sangat membutuhkan biaya tak sedikit.

Paling tidak membutuhkan modal dikisaran 50 juta hingga 200 juta dengan keperluan pembelian seperangkat peralatan vacum cleaner, selang khusus, gaji karyawan, sewa tempat dan sebagainya. Namun, hasilnya ssangat menguntungkan.

4. Jasa Sewa Motor dan Mobil

Walaupun begitu banyaknya orang memiliki kendaraan roda dua dan empat, tetap saja peluang usaha di bidang jasa sewa motor dan mobil masih terbuka lebar.

Namun, ide bisnis transportasi ini hanya cocok dijalankan di daerah perkotaan yang memiliki destinasi wisata andalan dan paling ramai dikunjungi. Karena sasaran utamanya adalah mereka selain perusahaan besar.

Usaha ini memang membutuhkan modal lumayan besar apalagi untuk membeli beberapa unit kendaraan bermotor dan mobil.

Baca yuk bro: peluang usaha agribisnis.

Jika terkendala biaya, khususnya sewa motor, diawal bisnis kamu dapat mensiasatinya hanya cukup bermodalkan 3 – 4 unit kendaraan bermotor saja.

Sedangkan khususnya sewa mobil, kamu dapat bermodalkan 1 kendaraan saja. Sisanya dapat disiasati dengan cara membeli kredit atau adakan kerja sama dengan pemilik kendaraan.

Strategi pemasaran dapat kamu tawarkan ke perusahan besar karena mereka pasti membutuhkan sarana akomodasi. Selain itu, kamu dapat menargetkan pengguna dari kalangan wisatawan.

Agar tak ada kerugian, pastikan kamu mendapatkan data diri selengkap lengkapnya dari si penyewa kendaraan.

5. Antar Jemput Anak

Kebutuhan terhadap jasa penjemputan anak sekolah masih banyak dibutuhkan mengingat kesibukan orang tua yang bekerja, apalagi lokasi sekolah si anak berada jauh dari tempat tinggal.

Untuk memulai bisnis ini tentunya kamu harus memiliki kendaraan mobil atau minibus.

Jika armada mobil masih terdiri dari 1 unit, kamu dapat menawarkan bisnis jasa transportasi antar jemput anak sekolah di daerah perumahan.

Biasanya mereka bersekolah dilokasi yang sama atau berdekatan. Sehingga, antara efesiensi waktu dan penghematan bahan bakar dapat teratasi.

6. Penyewaan sepeda

Jangan dikira bisnis jasa transportasi ini tak ada peminatnya. Di daerah pariwisata seperti Yogyakarta, Bandung dan kota lainnya, memiliki peminat yang cukup banyak.

Jika Kamu tinggal di daerah pariwisata dan banyak dikunjungi wisatawan lokal hingga mancanegara, cocok sekali menjalan ide usaha ini. Tentu saja yang diperlukan adalah tempat dan beberapa unit sepeda.

Perkiraan modal yang dibutuhkan:

  • Membeli 20 unit sepeda bekas layak pakai 20 x Rp 500.000,- = Rp 10.000.000,-
  • dan lainnya

7. Transportasi laut

Mungkin saat ini Kamu membayangkan harus memiliki sebuah kapal untuk mengangkut penumpang. Tidak, yang diperlukan hanyalah beberapa boat kecil untuk digunakan sebagai sarana transportasi laut antar pulau.

Contoh usaha jasa transportasi ini cocok banget dijalankan pada daerah kepulauan. Tentu saja banyak orang membutuhkan jasa transportasi menggunakan kapal boat kecil.

Hanya saja untuk membuka jasa transportasi laut ini sangat membutuhkan modal besar. 1 unit boat kecil yang dapat mengangkut penumpang hingga 10 orang diharga 50 juta hingga 100 juta.

Bagaimana ? setelah membaca beberapa contoh ide usaha di bidang transportasi dan otomotif di atas tertarikkah kamu menjalankan bisnis tersebut ?

Tinggalkan komentar