10 Keahlian Wajib Dikuasai Oleh Internet Marketing

Jika kamu berkecimpung di dunia internet marketing, pastinya mengenal istilah blog, website, sosial media, toko online, advertiser dan sebagainya. Pesatnya kemajuan teknologi telah mendorong banyak orang untuk masuk ke dunia tersebut mencoba peruntungan.

Namun, dorongan yang kuat bukanlah satu satunya modal untuk terjun ke dunia digital internet marketing.

Setidaknya ada beberapa keahlian wajib yang harus dimiliki oleh seorang internet marketer. Diantaranya :

1. Writing dan Copywriting

Writing pasti tahu dong, ya artinya menulis. Copywriting sendiri yaitu seni penulisan.

Kamu mesti belajar bagaiman menulis dengan jelas dan persuasif. Komunikasi yang jelas itu penting karena mampu menjelaskan ide dan konsep untuk pengembangan, desain, dll.

Apabila kamu memiliki kesulitan dalam menulis dengan jelas, maka kamu akan memiliki kesulitan berkomunikasi dengan ide – ide sendiri untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik.

Keterampilan menulis sangat penting ketika memposting konten di website atau blog, keahlian ini wajib kamu kuasai.

Karena dalam pemasaran digital kamu akan diminta untuk dapat menulis konten dibebarapa titik dan disini kamu dituntut menguasai keterampilan Copywriting atau seni penulisan dimana dari penulisan kamu orang dapat terarik dengan apa yang ada tawarkan.

2. Kemampuan Menggunakan WordPress

Pernahkan kamu memperhatikan orang-orang sampai saat ini masih banyak menggunakan Microsoft Word, Excel, dan Powerpoint seperti kita lihat keterampilan ini selalu ada didalam CV lamaran kerja.

Pada titik dimana internet belum banyak berkembang, memang dalam menguasai Microsoft Word, Excel, dan Powerponint skiil ini sangat-sangat diperlukan.

Dan apabila kamu tidak menguasai dan mengetahui cara mengoperasikannya maka pada saat itu merupakan masalah besar.

Baca yuk: cara install wordpress dengan mudah.

Berbeda pada saat ini dimana Internet berkembang begitu pesat, maka dalam pemasaran digital skill atau kemampuan yang relevan sangat dibutuhkan, seperit menggunakan Content Manajemen System seperti WordPress. Kamu tidak hanya dapat memposting konten, tatapi dituntun bagaimana dapat mengupload sesuatu ke website ataupun blog kamu dengan terjadwal.

3. Photo Editing

Selain mampu menulis dengan baik dan mampu mengupload tulisan ke WordPress.

Selain itu, penting juga memiliki dasar dalam mengedit foto, bukan berarti kamu mesti menjadi seorang desainer yang ahli, tapi alangkah baiknya jika kamu memahami dasar-dasar aplikasi photo editing seperti Photoshop. Ketika photo yang kamu edit terlihat cukup menarik ini dapat membuat menarik perhatian pembaca.

Pada kenyataanya marketer digital perlu menguasai dasar-dasar dalam mengedit foto, karna sebuah gambar atau foto didalamnya bisa digunakan dalam menyampaikan pesan.

Kami tidak menyarankan bahwa kamu mesti menguasai desain untuk konten, tetapi apabila dapat menguasai Photoshop itu jauh lebih baik.

4. HTML

HTML adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Marketer digital harus mempunyai keterampilan HTML untuk memformat postingan di blog dengan benar atau untuk memperbaiki masalah format pada email yang akan kirimkan.

Sekali lagi, Kami tidak mengharapkan marketer digital harus mahir kode pemrograman web, tetapi setidaknya mesti tahu dasar-dasar HTML sehingga dapat warna teks maupun link apabila diperlukan untuk dapat mengubah foto atau video agar sesuai dengan kerangka blog. Tetapi akan jauh lebih baik apabila seorang marketer digital belajar HTML.

5. MailChimp

MailChimp adalah sebuah webservice yang menyediakan layanan untuk mengirimkan pesan elektronik (Email).

Alasan menggunakan MailChimp karna pada jaman internet ini banyak bisnis atau usaha yang menggunakan aplikasi perangkat lunak dalam memanajemen email.

Entah itu MailChimp, Infosionsoft, atau aweber pada faktanya dilapangan banyak marketing digital menggunakan aplikasi perangkat lunak dari pihak ketiga.

6. Google AdWords

Google AdWords memudahkan Mu untuk menjangkau pelanggan lebih tertarger dengan padatnya lalu lintas konten diinternet.

Memang kita haru mengeluar dana tidak sedikit tapi dengan Google AdWords akan lebih cepat website atau blog berada di rangkin atas Google dimana akan berpeluang besar orang akan membeli produk apa yang ada tawarkan.

7. Facebook Advertising

Keterampilan penting lain adalah bagaimana marketer digital mesti belajar bagaimana menjalankan iklan di Facebook dan memanfaatkanya secara efektif. Iklan difacebook lebih brtarget seperti Google Adwords.

8. Social Madia Marketing

Keahlian yang harus dimiliki oleh seorang internet marketer selanjutnya adalah menguasai pemasaran dengan media sosial, sedikit berbeda dengan menjalankan di Facebook. Disini kamu tidak perlu membayar, tetapi hanya berbagi konten dan berinteraksi langsung dengan calon pelanggan.

Marketer Digital mesti menguasai berbagai media sosial selain Facebook ataupun Twitter, apabila tidak mengerti dalam menggunakan media sosial maka kamu tidak tahu cara berinteraksi dengan calon pelanggan.

9. Search Engine Optimation (SEO)

SEO salah satu skill yang sangat penting untuk marketer digital dan menjadi hal sangat wajib dikuasai.

Coy, baca yuk: cara optimasi SEO wordpress dengan mudah.

Memang tidak harus menjadi ahli SEO, tetapi penting untuk memahami bagaimana SEO bekerja sehingga kamu dapat memanfaatkanya untuk bisnis online mu di masa sekrang dan mendatang.

10. Conversion Rate Optimation (CRO)

CRO seperti dilansir wikipedia di kutip dari jefferlysuperclub.com CRO adalah metode menciptakan pengalaman (experience) pada sebuah situs website guna mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan (pembeli).

Memang dibanding dengan SEO (Search Engine Optimation) istilah CRO masih kalah populer dan masih banyak juga para blogger belum tahu dan paham apa itu CRO.

Jika kita menggunakan teknik SEO tujuannya sendiri mendatangkan trafik/pengunjung ke website kita, sedangkan CRO disini seorang marketer digital akan mengoptimalkan website agar pengunjung yang tadi datang bisa dikonversi membeli produk kamu.

Tinggalkan komentar