Kenapa Harus Punya Website? Jika Kamu Pebisnis, Wajib Tahu

Setiap pebisnis tentunya ingin usahanya dikenal oleh banyak orang, tanpa terkecuali. Tujuan utamanya tidak lain untuk mendapatkan sejumlah keuntungan atau profit dari sebuah produk yang dijual atau ditawarkan.

Metode pemasaran konvensional sudah tidak begitu efektif lagi untuk mempromosikan produk ke khalayak ramai. Sekarang ini, perkembangan digital semakin terus merangkak naik untuk merubah gaya hidup menjadi lebih modern dengan bantuan teknologi.

Maka dari itu, penting sekali bagi kalangan pebisnis mulai dari UKM hingga pebisnis besar sekelas perusahan memanfaatkan momen tersebut dan beralih ke metode pemasaran secara digital yakni dengan membangun sebuah atau banyak website untuk meningkatkan omset penjualan.

Inilah beberapa alasan utama pebisnis harus punya website, diantaranya:

1. Selalu online dalam waktu 24 jam penuh

Tidak seperti toko fisik, keterbatasan tenaga kerja terkadang tidak mampu membuat toko selalu buka dalam waktu 24 jam. Jika punya website, siapa saja dapat mengaksesnya dan dimana saja. Pengunjung dari manapun dapat membuka website kapanpun ia mau. Tanpa terkecuali tepat pada jam 12 malam sekalipun.

Namun, jika ingin memiliki website selalu aktif dalam 24 jam penuh. Maka kamu harus memilih penyedia hosting terbaik dan tanyakan kepada mereka masalah waktu uptime server. Waktu uptime terbaik sangat direkomendasikan di atas 99,5%.

Pelajari ini diartikel kami sebelumnya: panduan memilih hosting terbaik.

2. Menghemat biaya pengeluaran

Terkait dengan point nomor 1, bayangkan jika kamu memperkerjakan banyak karyawan untuk membuat toko selalu aktif dalam waktu 24  jam. Berapa besar biaya pengeluaran bulanan?

Jika punya website, hal ini dapat diminimalisir.

Inilah alasan utama kenapa harus memiliki website. Setiap pebisnis wajib memilikinya. Website dapat diibaratkan seperti kantor online. Kamu dapat melayani customer kapanpun dan dimanapun.

Selain itu, untuk mempromosikan produk kamu tak harus mencetak sejumlah browsur, melakukan promosi di media surat kabar dan sebagainya. Jika punya website, cukup mempromosikan produk melalui tautan di website dan melakukan share ke beberapa situs ternama seperti facebook, instagram dan sebagainya.

3. Mengikuti trend kekinian

Jaman now saat ini merupakan era teknologi. Metode pemasaran secara konvensional seperti membagikan browsur, mempromosikan bisnis melalui media koran dan sebagainya hal itu sudah kuno dan kurang kekinian.

Dengan website, kamu akan jauh lebih mudah mempromosikan produk ke masyarakat luas. Tanpa terkendala waktu, biaya dan jarak. Di mana pun dan kapan pun. Kamu dapat memperkenalkan bisnis melalui jejaring sosial atau media periklanan online seperti fb ads, google adwords dan sebagainya.

4. Menjangkau target pasar lebih luas

Kenapa harus punya website? alasan utamanya adalah website dapat menjangkau target market lebih luas, tanpa terkendala waktu dan tempat. Dimana saja orang dapat mengakses bisnis mu dan kapanpun mereka mau.

Dengan website, kamu juga dapat menjangkau banyak orang. Di mana saja, wilayah Indonesia hingga mancanegara.

Tanpa website, target pasar yang dapat dijangkau hanya hitungan kilometer atau di daerah tertentu saja. Tentu saja hal ini harus menjadi skala prioritas untuk membuat website dengan segera jika kamu memiliki bisnis.

5. Meningkatkan omset penjualan

Pengguna internet dari tahun ke tahun semakin mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini menjadi peluang emas dan patut disikapi secara serius jika kamu ingin mendapatkan peningkatan omset penjualan.

Namun sebelum itu, pemilihan kata kunci yang pas agar kamu mendapatkan pengunjung website sesuai dengan sasaran. Maka dari itu, kami merekomendasikan untuk membaca artikel tentang menentukan kata kunci yang tepat untuk menghindari website sepi pengunjung.

6. Meningkatkan kredibilitas bisnis

Prilaku pengguna internet cukuplah unik, ketika mereka mendapatkan hal positif akan sesuai kemudian mereka akan membagikan hal itu ke banyak orang. Tanpa peduli dari mana asalnya informasi tersebut.

Inilah salah satu keuntungan memiliki website bagi pebisnis yakni dengan memperbanyak konten di website dan memberikan tampilan website secara profesional seperti dilengkapi catalog produk, laman contact us dan sebagainya serta memberikan pelayanan terbaik.

Ketika mereka merasa puas dengan service yang diberikan, dapat dipastikan mereka akan memberikan ulasan positif dan membagikannya kepada banyak orang.

Hal tersebut akan meningkatkan kredibilitas atau tingkat kepercayaan terhadap bisnismu.

7. Jauh lebih cepat akan mengalami perkembangan

Bayangkan jika kamu hendak mempromosikan bisnismu agar dikenal luas menggunakan metode konvensional, harus mencetak browsur dalam jumlah banyak dan membagikannya di lampu merah dan sebagainya.

Berapa lama bisnismu akan dikenal oleh banyak orang?

Mungkin saja terkenal, namun hanya dilingkup wilayah kecil dan tidak di daerah lainnya.

Dengan website, orang lain akan jauh lebih mudah untuk mengakses bisnismu daeri mana saja. Sehingga dapat mempercepat proses kemajuan bisnis.

8. Perkembangan usaha akan diketahui oleh orang

Orang lain akan lebih mudah untuk mengakses banyak hal. Misalnya saja tentang catalog produk terbaru. Mereka tak harus mengunjungi toko fisik.

Kamu, selaku pemilik website dapat mengupload produk di website dan memberikan deskripsi gambaran tentang produk tersebut. Sehingga, dari sini orang lain akan mengetahui perkembangan bisnismu dari jarak jauh, kapan saja dan dimana saja.

9. Lebih mudah mendapatkan data pelanggan

Jika kamu membuka toko fisik, sangat sulit mendapatkan data pelanggan. Namun ketika menggunakan website, maka kamu dapat menghubungi pelanggan kapanpun kamu mau.

Data pelanggan tersebut dapat berupa alamat email, no. telpon whatsapp dan sebagainya.

Namun perlu diperhatikan, jangan pernah menyalahgunakan data pelanggan untuk tujuan tertentu. Misalnya, mengirimkan promosi secara masif atau untuk tujuan lainnya.

Karena hal itu akan mempertaruhkan tingkat kredibilatas usahamu di masa mendatang.

10. Selangkah lebih maju dari kompetitor

Alasan selanjutnya kenapa harus punya website adalah selaku pebisnis dapat membuat terobosan selangkah lebih maju dari sekian banyak kompetitor. Jika kompetitor belum memiliki website, maka ini merupakan ladang keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Jika mereka juga memiliki website, maka yang harus kamu lakukan adalah membuat tampilan website lebih menarik, mudah diakses, memberikan banyak katalog produk dan sebagainya.

Jadi, sudah taukan kenapa kamu harus memiliki website dengan segara?

Tinggalkan komentar