Inilah 10 Peluang Usaha Kerja Online Untuk Generasi Milenial

Apa yang dimaksud kerja online? Kerja online adalah segala aktivitas pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan penghasilan melalui / menjadikannya sebagai pekerjaan utama dengan akses internet dan dapat dilakukan kapan pun serta dimanapun.

Banyak orang tertarik terutama dari kalangan generasi milenial untuk terjun ke dalam bisnis online masa kini. Alasannya yakni dapat dilakukan di mana saja kapan pun itu dan tidak terpaku pada rutininas harian pulang pergi ke kantor.

Siapa yang cocok untuk bekerja secara online? Siapa saja seperti mahasiswa,ibu rumah tangga, karyawan, pelajar dan sebagainya, terutama bagi mereka yang menginginkan kebebasan secara finansial, kebebasan waktu tanpa ada ikatan dan ingin memiliki usaha sendiri secara mandiri.

Namanya saja kerja online, tentu saja membutuhkan seperangkat alat elektronik seperti komputer, laptop dan smartphone. Selain itu dibutuhkan paket data untuk mendapatkan akses internet. Jika kamu sedang mencari ide pekerjaan online yang cocok untuk zaman milenial seperti saat ini, beberapa referensi di bawah ini cukup menarik.

Inilah 10 daftar pekerjaan online yang cocok untuk generasi milenial anak jaman now

1. Penulis content

Penulis lepas atau penulis content adalah peluang usaha kerja online yang dilakukan dengan cara mengetik untuk membuat artikel berdasarkan kaidah SEO. Pekerjaan ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Cocok sekali dijalankan bagi seorang ibu rumah tangga, pelajar dan kalangan mahasiswa.

Kamu dapat bekerja secara mandiri atau menggunakan pihak ketiga atau situs tertentu untuk mendapatkan client seperti:

  • Sribulancer.com
  • Freelancer.co.id
  • iWriter.com
  • Projects.co.id

Bicara soal sistem kerja, mendapatkan orderan artikel – orderan telah selesai kamu kerjakan – menerima bayaran. Mengenai besaran bayaran sangat menjanjikan, untuk 1 artikel SEO 500 kata berada di kisaran Rp 15.000,- hingga Rp 20.000,-.

Lumayan bukan jika kamu mendapatkan orderan puluhan atau ratusan artikel setiap bulannya?

Baca yuk: peluang usaha ibu rumah tangga yang menjanjikan.

2. Kerja online affiliasi

Affiliasi merupakan sebuah program yang disediakan oleh pemilik produk dengan ketentuan bagi siapa saja yang dapat memasarkan produknya hingga laku terjual akan mendapatkan komisi tertentu.

Peluang usaha kerja online ini hampir tak membutuhkan modal, kecuali sangat memerlukan akses internet dan laptop untuk memasarkan produk orang lain ke beragam situs atau media sosial. Sangat cocok dilakukan oleh kalangan pelajar dan mahasiswa.

Komisi yang diberikan oleh pemilik produk biasanya cukup menjanjikan antara 4% hingga 20% per setiap produk ketika laku terjual.

Namun, pekerjaan online ini sangat membutuhkan skil marketing expert.

3. Jasa pembuatan blog/website

Kebutuhan website di era milenial seperti saat ini sangatlah dibutuhkan terutama bagi kalangan pelaku Usaha Kecil Micro (UKM) di setiap daerah dengan tujuan untuk memperkenalkan bisnis di masyarakat luas dan meningkatkan omset penjualan.

Maka dari itu, ini adalah kesempatan emas yang dapat kamu manfaatkan. Jika kamu memiliki skil. dalam pebuatan webiste dan sedikit keahlian akan kode pemrograman, maka peluang usaha ini sangat cocok untukmu.

Sasaran untuk mendapatkan klien, kamu dapat menelusuri dan mendata setiap UKM di daerahmu, perusahaan, instansi pemerintahan, sekolah dan pelaku usaha lainnya.

Sangat menjanjikan, 1 website profesional biasanya dihargai pada kisaran Rp 500.000,- hingga jutaan rupiah, tergantung dari fitur di dalamnya.

4. Design grafis

Kerja online dari rumah dapat menekuni usaha design grafis secara online. Tak begitu sulit untuk mendapatkan banyak klien dari berbagai kalangan jika kamu memiliki sejumlah portofolio yang bagus dan tampak menarik.

Di era milenial saat ini, angka kebutuhan profesi design grafis sangat dicari oleh banyak orang. Bagi perusahaan, pemilik situs, pelaku usaha, instansi pemerintahan, personal bisnis dan sebagainya. Tentu saja mereka sangat membutuhkan tenaga design grafis untuk membuat beragam design bisnis untuk di iklankan secara online.

Hanya saja, kamu harus memiliki skill design grafis tingkat medium hingga expert untuk menjalani pekerjaan online ini. Seperti keahlian dalam menguasai aplikasi Corel, Photoshop dan sebagainya.

Selain di dunia nyata untuk mendapatkan klien baru, kamu dapat memanfaatkan situs marketplace freelace, seperti:

  • Upwork.com
  • Freelancer.co.id
  • Folyo.me
  • Projects.co.id
  • Sribulancer.com
  • Fastwork.id
  • dan lainnya

5. Data entry

Jenis kerja online selanjutnya menjadi seorang data entry. Menurut kami, pekerjaan ini sangat cocok dilakukan oleh generasi milenial seperti kalangan pelajar dan mahasiswa. Selain itu, untuk ibu rumah tangga juga cocok

Pada dasarnya, pekerjaan ini bukanlah pekerjaan utama. Namun, hanya sebatas sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bagaimana dengan prospeknya?

Cukup banyak perusahaan atau personal bisnis saat ini sedang membutuhkan data entry freelancer untuk menyelesaikan tugas tertentu, seperti mengetik di Ms. Excel, entry data ke situs marketplace, upload gambar dan sebagainya.

Dimana saya bisa mendapatkan jobs?

Diantaranya kamu dapat mengunjungi beberapa situs di atas dengan cara membuat akun terlebih dahulu, kemudian melakukan bid pekerjaan dan seterusnya.

6. Software engineer

Punya keahlian di bidang informatika dan komputer serta menguasi beberapa bahasa pemrograman?

Jika iya, maka peluang kerja online berikutnya ini sangat cocok untukmu.

Adapun yang akan kamu lakukan sebagai seorang software engineer adalah melakukan pengembangan software perangkat lunak ataupun berbasis aplikasi smartphone, pembuatan aplikasi dan melakukan pengujian serta pemeliharaan software.

Cukup menggiurkan, karena mengingat pekembangan teknologi digital seperti saat ini semakin mengalami peningkatan. Kamu dapat membuat beragam aplikasi, plugin website, menawarkan diri untuk melakukan pengujian atau pemeliharaan aplikasi dan sebagainya.

Bahkan jika kamu memiliki produk digital tertentu, bukan tidak mungkin kamu membuka bisnis affiliate kepada orang lain dan mendapatkan pasif income.

7. Menjadi blogger

Blogger bukan hanya sebatas hobi semata, namun trend menjadi seorang blogger saat ini sudah menjadi pekerjaan online yang banyak diminati mengingat perubahan sudut pandang seseorang ketika melihat banyak blogger sukses yang meraup jutaan bahkan puluhan juta hanya dengan menjadi seorang bloggger.

Sistem kerja utamanya yakni menulis konten di sebuah/banyak blog – mendaftarkan blog ke program periklanan seperti Adsense – mendapatkan uang darinya.

Hanya saja, untuk mendapatkan hasil sesuai dengan harapan tak membutuhkan waktu singkat. Perlu sebuah ketekunan, kesabaran serta kerja keras dalam membuat konten berkualitas, mempromosikan situs di khalayak ramai dan sebagainya hingga pada akhirnya mendapatkan pasif income.

Rekomendasi artikel: platform blog gratis terbaik.

8. Selebgram

Punya follower di instagam atau sosial media lainnya dalam jumlah banyak?

Kerja online ini biasanya sering dilakukan oleh kalangan artis. Namun sebenarnya dapat dilakukan oleh siapa saja. Jika kamu memiliki jumlah pengikut instagram sebanyak ribuan atau puluhan ribu, maka ini bisa jadi kesempatan emas untuk mendaapatkan uang dari internet.

Penghasilan menjadi seorang selebgram berasal dari endorse. Cukup menjanjikan, kamu akan mendapatkan penghasilan sebesar jutaan rupiah untuk sekali endorse.

9. Dropshipper

Kerja online sebagai dropship juga cukup menjanjikan. Cara kerja sebagai dropshipper yakni menjual produk tanpa harus memiliki produk dan tanpa harus melakukan pengemasan produk.

Untuk menjadi seorang dropshipper, langkah pertama adalah kamu harus mencari agen dristributor tunggal, produsen ataupun siapa saja yang memiliki produk tertentu.

Tugasmu hanya memasarkan produk. Ketika mendapatkan order, maka orderan tersebut diteruskan kepada pemilik produk. Selanjutnya, mereka yang mengirimkan produk orderan kepada konsumen mu dengan ketentuan mengirimkan orderan atas nama usaha milikmu.

Jika masih bingung tentang sistem kerja dropship, maka kami sarankan untuk membaca artikel lanjutan pada tulisan kami sebelumnya tentang Reseller dan Dropship: Inilah 8 Perbedaannya?.

10. Youtuber

Selain blogger, profesi youtuber saat ini sedang naik daun. Banyak orang berlomba lomba untuk menjadi terkenal melalui channel youtube.

Sebanarnya, bukan hanya untuk mencari nama saja. Selain itu ada bonus yang didapatkan yakni mendapatkan bayaran dari Youtube dengan cara menjadi mitra Google untuk menayangkan periklanan di channel youtube milikmu.

Tentunya kamu pasti mengetahui siapa youtuber terkenal di Indonesia?

Mereka telah membuktikan bahwa menjadi seorang youtube dapat menghasilkan ratusan juta rupiah dalam 1 bulan.

Jika kamu mau, maka yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuat content unik dan berkualitas serta disukai oleh banyak orang. Untuk mendapaatkan hasil sesuai keinginan, tentu saja ada harga untuk mencapainya yakni sebuah kesungguhan, ketekunan dalam membuat konten, bersabar dan sebaginya.

Itulah beberapa ide peluang kerja online yang cocok untuk generasi milenial di masa sekarang dan yang akan datang. Dilain kesempatan, artikel ini akan kami perbarui. Semoga, dengan adanya artikel ini dapat memberikan inpirasi bagi siapa saja yang ingin mendapatkan pekerjaan terbaik.

Tinggalkan komentar