8 Peluang Usaha di Bidang Jasa Yang Dibutuhkan Masyarakat

Berbeda dari bisnis berjualan produk tertentu secara fisik wujudnya ada, usaha dibidang jasa sangat membutuhkan kemampuan daya pikir dan bantuan tenaga.

Jika kamu tertarik untuk menggeluti usaha di bidang jasa yang dibutuhkan masyarakat, simak beberapa referensi berikut:

1. Jasa Penerjemah

Jika kamu memiliki kemampuan berbahasa asing dengan baik dan lancar baik secara lisan maupun tulisan, terutama dalam penguasaan bahasa Inggris, Jepang atau Mandarin, maka keahlian kamu dapat dimanfaatkan dengan cara menerima jasa penerjemah.

Kamu dapat menawarkan diri secara individu ke banyak perusahaan yang sedang membutuhkan jasa penerjemah. Keahlian lainnya yang dituntut adalah memiliki kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi dengan baik.

Selain bekerja sebagai individual, kamu juga dapat membuat semacam perusahaan dalam bentuk CV dibidang layanan jasa penerjemah. Kamu dapat membuka jasa penerjemah Inggris – Indonesia, Indonesia – Inggris, Inggris  – Mandarin, Indonesia – Mandarin dan sebagainya.

Untuk menjalankan ide usaha ini, tantangan utamanya adalah hambatan mendapatkan pelanggan. Karena diawal waktu usaha masih terbilang baru. Jika reputasi pelayanan jasa kamu sudah dikenal banyak orang, maka bisnis ini sangat menjanjikan dan saatnya kamu mengurus surat izin berakreditasi penerjemah.

2. Design Grafis

Salah satu ide usaha di bidang jasa yang sangat menjanjikan dan dibutuhkan masyarakat dari zaman ke zaman adalah jasa design grafis. Bidang jasa yang satu ini mencangkup banyak hal dan memiliki jaringan sangat luas serta dipastikan tidak akan pernah sepi peminat.

Jika kamu sangat ahli di bidang design grafis, maka ini bisa jadi peluang besar.

Kamu dapat membuat design poster, banner, undangan pernikahan, gambar 2D & 3D, editing foto, design website statis, design rumah dan bangunan dan sebagainya.

Bicara soal customer tak usah bingung, kamu dapat mempromosikan layanan jasa milikmu ke orang terdekat, tetangga dan lingkungan tempat tinggalmu.

Atau Kamu dapat mencari client di beberapa situs ternama seperti:

  • Projects.co.id
  • Fiverr
  • Digimart
  • P-store
  • dan sebagainya

Selain itu, kamu dapat menawarkan diri baik secara individual atau dalam bentuk tim ke banyak perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga pendidikan, sekolah dan sebagainya. Bahkan, untuk mencari customer kamu dapat mempromosikan jasa milikmu melalui media online atau landing page dari sebuah website.

3. Jasa Design Interior

Jika kamu pernah memasuki ruangan hotel, perkantoran, restoran atau rumah tinggal dengan tata ruang yang rapi, pemilihan warna cat tembok dinding yang pas dan dilengkapi aneka barang yang sesuai dengan tata letak ruangan, nah bisa jadi hal itu dibuat oleh seorang ahli design interior.

Jika kamu memiliki keahlian dalam bidang tersebut, hal ini bisa menjadi peluang besar untuk membuka usaha di bidang konsultan design interior.

Namun, untuk menekuni usaha di bidang jasa berikut ini sangat diperlukan sebuah kreativitas tingkat tinggi untuk  menciptakan design interior yang unik, baru dan menarik sesuai keinginan klien dan anggaran yang tersedia.

Layak di Baca : ide usaha potensial di desa.

Di kota kota besar, bisnis ini sangat menjanjikan. Karena banyak perusahaan, perumahan elite, gedung perkantoran dan sebagainya sangat membutuhkan seorang ahli dibidang tersebut.

4. Reparasi Perangkat Elektronik

Pesatnya kemajuan teknologi kian hari, perangkat elektronik seperti komputer, smartphone dan laptop bukanlah menjadi barang mewah lagi. Melainkan sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

Tingginya angka pengguna perangkat elektronik tersebut, memberikan celah bisnis baru yang patut di manfaatkan.

Ide usaha di bidang jasa tersebut adalah membuka jasa reparasi perangkat elektronik terutama perangkat smartphone, laptop, gadget dan komputer.

Dalam hal ini, tentu saja dituntut sebuah keahlian dibidang elektronika. Namun bukan hanya itu saja, keahlian dalam bidang pengetahuan akan komponen komponen pada perangkat tersebut juga dibutuhkan. Selain itu, keahlian lainnya seperti keahlian merakit, pengetahuan tentang perangkat elektronik, instalasi driver, trouble shooting dan sebagainya juga menjadi syarat wajib pada bisnis ini.

5. Jasa Pencucian Motor dan Mobil

Hampir setiap orang yang tinggal di daerah perkotaan pastinya memiliki 1 unit kendaraan bermotor roda dua ataupun roda empat. Bahkan, memiliki lebih dari 1 kendaraan.

Kepadatan aktivitas keseharian seperti kerja, kuliah dan sebagainya, telah menjadikan waktu terasa sempit dan tak sempat untuk melakukan aktivitas mencuci kendaraan.

Melihat fenomena tersebut, sebuah peluang besar yang harus dimanfaatkan. Tak perlu banyak keahlian khusus dalam menjalankan peluang usaha di bidang jasa yang dibutuhkan masyarakat ini. Hanya saja membutuhkan sebuah tanggung jawab jangan sampai kendaraan customer lecet atau rusak.

Selain itu dibutuhkan sejumlah modal untuk menjalankan ide bisnis jasa pencucian motor ini dengan anggaran sewa tempat, membayar gaji karyawan, pembelian alat pencucian dan sebagainya.

5. Jasa Penulis Konten

Ide usaha di bidang jasa yang satu ini memang masih tergolong baru dan belum banyak orang yang mengetahuinya karena tak pernah terpikirkan.

Perkembangan dunia teknologi begitu pesatnya telah membuat perubahan dalam banyak hal, salah satunya adalah perubahan dalam layanan pemberian informasi yang dahulunya berupa media konvensional, sekarang lebih dominan beralih ke media digital.

Jika kamu memiliki kemampuan di bidang menulis, maka hal itu bisa menjadi peluang emas bagimu.

Kamu dapat membuka jasa penulisan konten artikel. Hanya saja, bukan cuma kemampuan menulis yang dibutuhkan. Tetapi keahlian dalam menganalisa, membuat konten unik dan menarik, mengetahui pengetahuan akan teknik penulisan artikel SEO dan sebagainya.

Sayang Jika Kamu Lewatkan : ide bisnis online modal kecil.

6. Laundry Kiloan

Masalah utamanya hampir sama dengan jasa pencucian motor, dimana kebanyakan orang terutama di daerah perkotaan memiliki ragam kesibukan hingga dalam hal urusan rumah tangga seperti mencuci pakaian tak mempunyai banyak waktu.

Hanya saja bisnis di bidang jasa berupa jasa laundry membutuhkan sejumlah biaya untuk pembelian seperangkat alat mesin cuci, gaji pegawai, sewa tempat dan sebagainya.

Sangat disarankan ketika hendak membuka usaha jasa laundry kiloan sebaiknya lokasi usaha berada di pusat keramaian seperti tak jauh dari kampus, gedung perkantoran dan sebagainya.

7. Jasa Potong Rambut

Untuk membuka usaha dibidang jasa potong rambut, syarat utamanya yakni keahlian dalam mencukur rambut dengan sangat baik. Walaupun sangat menjanjikan dalam segi pendapatan omset bulanan.

Namun usaha jenis ini tingkat persaingannya sangat ketat. Karena disetiap kota kota besar pastinya terdapat jasa potong rambut baik dikerjakan secara personal maupun sebuah perusahaan berbentuk salon kecantikan.

Akan tetapi, semua itu tak perlu dikuatiri jika kamu memiliki keahlian yang terbilang mumpuni dalam hal ini.

Tentu saja dalam menjalankan bisnis di bidang usaha, mana yang lebih baik maka itulah pemenangnya. Itu artinya kamu masih memiliki peluang besar untuk terjun ke dalam bisnis potong rambut.

Diperlukan seperangkat alat potong rambut untuk memulainya.

Selain itu kamu juga membutuhkan tempat dan lokasi strategis agar usaha mu mudah dikenal oleh orang banyak. Jika kamu memiliki modal cukup besar, sebaiknya mempekerjakan 1 atau 2 orang pegawai profesional diawal merintis bisnis.

8. Jasa Menjahit

Memiliki status sebagai orang penjahit bisa dipastikan tak pernah sepi dari customer. Apalagi di masa sekarang bicara soal style, kebanyakan orang lebih menyukai pakaian yang diproduksi secara khusus.

Walaupun sudah begitu banyak orang yang membuka usaha jahitan, tetap saja bicara soal jasa dimana ada kualitas maka disitu akan ada banyak orang menghampirinya.

Baca yuk: usaha sampingan ibu rumah tangga.

Jika hasil dari jahitan kamu terbilang rapi, maka bisa dipastikan pelanggan akan datang dengan sendirinya dari mana saja. Apalagi jika keahlian kamu ditambah dengan pintar mendesign sebauh model pakaian dengan gaya yang belum pernah ada sebelumnya.

Pada intinya, bukan hanya keterampilan menjahit yang dibutuhkan.

Tetapi lebih dari itu, sebuah kreativitas, seni, selalu melakukan inovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen adalah modal utama yang harus kamu lakukan jika ingin usaha menjahit cepat berkembang.

Itulah beberapa jenis usaha di bidang jasa yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Modal utama untuk menjalankan bisnis ini adalah keahlian, keterampilan, kreativitas, kualitas layanan dan selalu berinovasi melihat peluang yang ada. Namun, jika disertai dukungan finansial itu jauh lebih baik agar usaha yang dijalankan cepat berkembang pesat.

Tinggalkan komentar