Usaha di Kampung

9+ Peluang Usaha Potensial di Desa Yang Menguntungkan

Diposting pada

Menjalankan bisnis atau usaha di desa tentu saja jauh berbeda dengan di daerah perkotaan. Hal ini dikarenakan adanya sebuah perbedaan prilaku konsumen di desa dan di kota. Belum lagi ditambah dengan perbedaan dari segi budaya, kebiasaan dan kebutuhan hidup.

Sehingga, tidak semua bisnis di kota dapat dijalankan sepenuhnya di pedesaan. Begitu juga sebaliknya.

Melihat kondisi tersebut, sebelum kamu membuka usaha di pedesaan. kamu harus mencari informasi sebanyak mungkin mengenai peluang peluang usaha apa yang sekiranya cocok dijalankan di desa dan terbukti menguntungkan. Dengan begitu, kamu dapat meminimalis kerugian dan resiko lainnya.

Di artikel ini, Kami telah merangkum beberapa usaha yang menguntungkan di desa antara lain:

1. Dagang Sembako

Membuka toko sembako di kampung atau pedesaan sepertinya cocok untukmu. Apalagi di desa kamu belum ada toko sembako yang menawarkan kelengkapan segala jenis bahan bahan pokok. Bisa jadi dagangan mu akan diserbu pembeli berasal dari masyarakat setempat.

Walaupun modalnya tergolong lumayan, tetapi bisnis ini memiliki prospek cukup menjanjikan di masa mendatang.

Apa saja yang akan dijual nantinya ?

Banyak sekali. Kamu dapat menjual barang barang kebutuhan pokok seperti beras, gula, telur, tepung, bumbu dapur, susu, camilan dan sebagainya. Bahkan kamu dapat menjual pengisian pulsa, pln prabayar dan sebagainya.

Sebelum memulainya, carilah distibutor resmi. Dengan begitu kamu akan memperkirakan keuntungan lebih besar daripada membeli barang dikota kemudian dijual lagi di desa.

Selain itu, pastikan lokasi warung mudah diakses, membuat rencana belanja dan catatan alur keluar masuk uang dan memberikan harga kompetitif di banyak produk dagangan.

2. Bimbingan Belajar

Walaupun sudah begitu banyak bimbingan belajar saat ini bahkan dapat diakses melalui media internet dengan menawarkan paket bimbingan belajar online, bukan bearti membuka usaha bimbingan belajar di pedasaan tidak lagi menguntungkan.

Selama banyak orang menyadari bahwa pentingnya arti sebuah pendidikan, maka peluang usaha tersebut masih terbuka selebar lebarnya.

Kamu dapat menawarkan jasa bimbingan belajar matematika, bahasa inggris atau mata pelajaran lainnya. Targetnya adalah anak anak sekolah mulai dari SD hingga SMA.

Bukan hanya itu saja, jika kamu punya keahlian expert di bidang design grafis, komputer, musi, seni tari dan sebagainya. Maka tak ada salahnya kemampuan tersebut diasah dengan cara mengajarkan ke orang lain dengan tarif berbayar.

Bicara soal tarif, tentu saja harus disesuaikan dengan kondisi perekonomian warga dan orang tua setempat.

Jika telah berkembang, kamu dapat membuka usaha ini lebih luas lagi, mungkin dengan memperkerjakan orang lain sebagai tenaga tambahan untuk mengajar.

Selain itu, tak ada salahnya untuk membuka kelas online mengingat kemajuan teknologi saat ini.

3. Servis Peralatan Elekronik

Salah satu peluang usaha rumahan di desa adalah dengan menjadi seorang mekanik atau teknisi.

Jika kamu ahli di bidang teknik yang bisa memperbaiki kerusakan suatu perangkat elektronik, maka keahlianmu itu dapat menjadi ladang bisnis. Apalagi di daerah tempat tinggalmu tidak ada orang yang membuka usaha ini.

Service peralatan elektronik.

Jadi, kamu dapat memperbaiki televisi, radio, mesin cuci, kipas angin, strika, smartphone dan perangkat elektrik apapun itu.

Namun, usaha ini cukup membutuhkan modal di awal. Misalnya pembelian suku cadang seperti transistor, kapasitor, solder dan perangkat lainnya. Untuk memperkenalkan usaha milikmu, kamu dapat mempromosikan nya melalui obrolan mulut ke mulut dan memasang spanduk di depan rumah.

4. Olahan Pangan

Jika kamu tinggal di desa, salah satu keuntungannya yaitu tersedianya bahan baku untuk usaha makanan, ragam kuliner atau olahan pangan. Di pedesaan ada banyak sekai kebun singkong, pisang, ketela rambat, kentang, ubi dan sebagainya.

Kesemuanya itu, sangat mudah kamu dapatkan dalam kondisi fresh dengan harga murah dan berkualitas langsung dari petaninya.

Kamu dapat memanfaatkan peluang ini dengan cara membuat olahan pangan dari bahan baku tersebut.

Misalnya, kamu dapat membuat olahan pangan dari singkong menjadi keripik singkong dengan berbagai rasa. Membuat olahan makanan khas daerah seperti dodol, jenang, kerupuk dan aneka olahan pangan lainnya.

Potensi pasar sangat luas. Kamu dapat mendistribusikan hasilnya ke toko toko disekitar daerah mu, pasar, swalayan, ke kota atau di distribusikan ke daerah lain. Keuntungannya pasti lumayan besar.

Baca : ide usaha musiman di bulan puasa.

5. Usaha PPOB

PPOB menawarkan jasa di bidang finansial. Kamu dapat menawarkan layanan jasa pulsa elektronik, paket kuota internet all operator, pembayaran listrik prabayar, tagihan BPJS, cicilan motor, pembelian tiket pesawat, kereta api, transfer uang antar bank dan sebagainya.

Tak perlu melakukan kerjasama dengan pihak suplier agen pulsa, PLN, agen tiket pesawat dan kereta api dan lainnya.

Ada banyak sekali aplikasi PPOB yang dapat Kamu install di playstore. Carilah yang memiliki peringkat tinggi.

Hanya dengan 1 aplikasi, banyak transaksi dapat kamu lakukan.

Cukup menjanjikan karena banyak masyarakat pedesaan, enggan pergi ke kota dalam urusan tersebut. Alasannya terkendala waktu, jarak cukup jauh dan sebagainya.

Namun, kamu memerlukan koneksi internet dan perangkat PC atau laptop ataupun cukup bermodalkan smartphone saja. Kamu dapat memasang jaringan internet speedy dan indihome.

Jika kamu hanya bermodalkan smartphone, maka kamu hanya membutuhkan koneksi internet saja dengan biaya paket perbulan hanya Rp 50.000,00 hingga Rp 80.000,00.

6. Peternakan Hewan

Salah satu usaha potensial di desa yang menjanjikan adalah membuka peternakan hewan. Alasannya pertama adalah tersedianya makanan hewan begitu melimpah seperti rumput, siput dan lainnya. Kedua, harga jual ternak hewan cukup tinggi dan sebagainya.

Hewan yang dapat kamu ternak diantaranya sapi, ayam potong, ayam petelur, kambing dan lain sebagainya. Keuntungannya, kamu bukan hanya dapat menjual produk daging, telur dan sebagainya ke kota.

Bisnis peternakan hewan.

Dalam bentuk lainnya kamu dapat mengelola kotoran ternak menjadi pupuk organik yang memiliki nilai jual tinggi.

Namun, untuk menjalankan bisnis ini kamu membutuhkan modal lumayan besar. Akan tetapi, keuntungan yang kamu peroleh di masa depan dapat berkali kali lipat.

7. Industri Kreatif

Peluang usaha industri kreatif cukup potensial dan menjanjikan sampai kapanpun. Tidak peduli kamu tinggal di kampung atau berada di desa terpencil sekalipun.

Kamu dapat memasarkan produk industri kreatif melalui media online dengan target pasar nasional hingga internasional.

Ada banyak contoh hasil industri kreatif, seperti tas terbuat dari serat kayu, hiasan rumah tangga, patung kayu, kalung kayu, sepatu, aksesoris terbuat dari tempurung kelapa atau bambu dan sebagainya.

8. Budidaya Cabai

Cabai sudah menjadi kebutuhan pokok harian. Dipastikan permintaan pasar akan selalu ada dan cenderung mengalami peningkatan. Di pedesaan dengan kondisi udara dan faktor lingkungan masih tergolong asri, sangat cocok jika ditanam cabai.

Selain itu, jalur distribusinya sangat luas. Apalagi harga cabai cukup tinggi per satuan kilogramnya. Ini sangat menguntungnya jika kamu lakukan. Karena 1 pohon cabai dapat dilakukan panen berkali kali.

Untuk memulainya, kamu membutuhkan seperangkat alat pertanian. Seperti cangkul, alat semprot hama, arit, plastik polybag dan sebagainya. Kamu juga harus menyediakan bibit. Hal lainnya seperti perhitungan biaya modal, perawatan dan sebagainya jangan lupa untuk ikut disertakan.

9. Bisnis Online

Dengan perkembangan teknologi semakin pesat, ada banyak kemudahan yang dapat kita lakukan. Terutama sangat membantu dalam hal transaksi jual beli dan mengembangkan usaha di bidang online.

Bisnis online tak mengenal tempat dan waktu. Dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Asalkan kamu memili akses internet dan seperangkat alat elektronik seperti PC, Laptop ataupun smartphone.

Diantara banyaknya bisnis di dunia online, ada beberapa yang cukup familiar diantaranya:

  • Menjadi blogger
  • Penulis content
  • Jualan online product sendiri
  • Dropshipper
  • Content creator atau youtuber dan sejenisnya
  • Jualan foto
  • dan sebagainya

Baca : bisnis online yang menguntungkan.

Itulah beberapa pilihan mengenai peluang usaha di desa yang menjanjikan dan memberikan banyak keuntungan. Kamu dapat memilih salah satu atau diantaranya.

Namun, kami sarankan sebelum memulainya pastikan kamu melakukan survei agar bisnis yang kamu jalankan dapat berkembang dikemudian hari.

Jika masih ada ide peluang bisnis lainnya di pedesaan, kamu dapat memberikan komentar di bawah artikel ini ya dan jangan lupa berikan penilaian terbaik terhadap artikel ini.

Redaksi Aogla Media
Aoglamedia merupakan media informasi, inspirasi dan motivasi berasal darI Bangka Belitung yang memiliki komitmen untuk menyajikan konten berkualitas dan kredible kepada publik dengan harapan menjadi media teroke (aogla).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.