7 Peluang Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

Seorang ibu rumah tangga biasanya disibukkan dengan urusan dapur, pekerjaan rumah dan sebagainya. Apalagi jika telah memiliki momongan, tentu saja sibuknya bukan main.

Dengan beragam kesibukan tersebut, apa mungkin seorang ibu rumah tangga dapat menjalankan bisnis dari rumah ? Jika ada kemauan dan mampu meluangkan sedikit waktu, kenapa tidak ? Pasti bisa dilakukan.

Tidak memiliki ide ? jangan kuatir.

Inilah rekomendasi ide peluang usaha rumahan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga. Diantaranya:

1. Membuat Kue

Ada banyak produk makanan ringan, aneka kue kering maupun basah yang dapat dijadikan sebagai peluang untuk menjalankan bisnis di rumah dengan modal kecil.

Langkah memulai bisnis ini diawali dengan menentukan produk kue yang hendak dijual. Misalnya, kue risoles, bolu, roti goreng, onde onde, kerupuk, keripik ubi, makaroni aneka rasa, pempek, bakpau dan masih banyak lagi.

Selanjutnya menyiapkan peralatan dan bahan bahan pembuatan. Tak perlu bingung teknik pemasaran. Bunda dapat memulai berjualan dengan cara menitip dagangan kue ke lapak pedagang kaki lima, roti, pasar, kantin sekolah dan sebagainya.

Tentukan harga sesuai dengan harga pasaran. Jika kue buatanmu enak, tak menutup kemungkinan ada saja orang yang memesan dalam jumlah besar.

2. Membuat atau Menjahit Pakaian

Jika Bunda memiliki keterampilan menjahit, ini bisa jadi peluang besar untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tentu saja modal awalnya adalah memiliki keterampilan dan mesin jahit sendiri.

Jika terkendala modal untuk membeli bahan bahan jahitan, tak usah memikirkan terlalu jauh dulu.

Bunda dapat mengawali dengan membuka jasa permaks jeans, pakaian, celana, rombak ukuran baju dan celana serta lainnya. Atau dengan sistem pembayaran di muka, Bunda dapat membeli bahan kain untuk membuat pakaian atau milik orang lain.

Menjadi penjahit cukup menguntungkan, karena pelanggan dapat datang dari mana saja. Orang terdekatmu, tetangga rumah hingga dapat Bunda distibusikan melalui media online.

3. Budidaya Tanaman Anggrek Hias

Tahukah bahwa harga 1 pot anggrek hias dewasa dapat berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Apalagi jika anggrek tersebut sedang berbunga dan tergolong langka, maka harganya semakin fantastis. Sedangkan harga bibit anggrek dipasaran dapat mencapai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Anggrek sangat digemari oleh para penggemar bunga. Karena bunga ini memiliki keindahan begitu memukau ketika mekar dengan corak warna bervariasi dan mengeluarkan aroma yang sangat harum.

Jika tertarik, maka yang dibutuhkan untuk menjalankan jenis usaha rumahan ini adalah bibit, pupuk, rumah pembibitan dan rumah tanam, pot bunga dan sebagainya.

Target pasar sangat luas, mulai dari kalangan para pecinta bunga, rumah elite, hotel dan sebagainya. Teknik marketingnya, Bunda dapat mencoba membuat konten gambar, video ataupun artikel di media sosial atau dipasarkan melalui marketplace terbesar seperti tokopedia, bukalapak dan media online lainnya.

4. Penulis Artikel

Punya keahlian dibidang menulis ? rekomendasi kami salah satunya adalah Bunda dapat bekerja sebagai seorang penulis artikel.

Menjadi seorang penulis artikel adalah salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal sedikitpun.

Hanya dituntut sebuah keahlian menulis dan akses jaringan internet. Lagipula sistem kerjanya sangat fleksibel tanpa mengikat waktu. Bunda mau mengerjakannya di waktu pagi, siang, sore, malam pun bisa.

Namun, Bunda harus menyelesaikan target tulisan jika ada customer yang memesan artikel darimu.

Siapa yang akan membeli artikel ?

Banyak sekali, diantaranya adalah kalangan internet marketer, blogger, pemilik situs online hingga perusahaan perushaan berbasis media digital.

Kunci keberhasilan menjadi seorang penulis artikel adalah Bunda harus memahami terlebih dahulu tata cara penulisan artikel SEO friendly dan memberikan kesan daya tarik bagi pembaca.

5. Menjadi Seorang Blogger

Punya keahlian dibidang menulis juga dapat diterapkan pada dunia blogger, jadi bukan hanya sekedar menjadi seorang penulis artikel saja. Pekerjaan sebagai blogger sangat fleksibel, kapanpun dimanapun dan tanpa mengenal tempat dan waktu.

Penghasilan dari seorang blogger di dapat dari program penayangan iklan.

Cara memulainya yaitu buatlah sebuah blog, kemudian isi blog tersebut dengan artikel atau konten berkualitas yang mendukung kaidah SEO dan menarik untuk di baca, kemudian daftarkan blog ke penyedia periklanan online seperti Google Adsense.

Penghasilan akan didapatkan berdasarkan jumlah klik tayangan iklan dari pengunjung murni yang muncul di situs yang Bunda kelola nantinya.

Baca : daftar bisnis online yang menjanjikan

6. Youtuber

Youtuber saat ini telah diakui oleh dunia sebagai salah satu profesi yang sangat menjanjikan di masa sekarang dan akan datang.

Terbukti, banyak youtuber telah meraup jutaaan bahkan ratusan juta hanya dengan mengupload content video menarik dan unik.

Tak terkecuali sebagai ibu rumah tangga, Bunda juga dapat mengikuti jejak mereka.

Bunda tidak perlu mengikuti gaya orang lain untuk menghasilkan sebuah atau banyak content video dan tak perlu keluar rumah.

Bunda dapat memanfaatkan apa saja yang ada disekelilingmu.

Misalnya, membuat video tata cara memasak, membuat kue, merawat bayi, tutorial mengenakan hijab, review produk make up, memandikan bayi, bermain dengan anak di rumah dan sebagainya.

Untuk memulainya yaitu dengan membuat konten video unik dan menarik. Kemudian upload video ke youtube.com.

Penuhi persyaratannya untuk menjadi seorang publisher youtube. Ketika diterima, maka content video nantinya akan menampilkan iklan. Nah, dari sinilah Bunda akan mendapatkan penghasilan.

7. Membuka Jasa Les Private

Usaha sampingan ibu rumah tangga hanya dengan modal kecil selanjutnya adalah membuka jasa les private. Bisnis ini tergolong fleksibel dan tanpa menghabiskan banyak waktu serta tidak menggangu aktivitas sebagai istri dan ibu rumah tangga.

Diantaranya, Bunda dapat membuka les private matematika atau mata pelajaran lainnya, les musik, belajar calistung, seni tari dan sebagainya.

Namun, untuk menjalankan ide ini diperlukan ruangan khusus, papan tulis, alat menulis, tempat duduk dan lainnya.Target pasar dapat ditujukan ke warga sekitar tempat tinggalmu yang memiliki anak.

Baca : usaha musiman di bulan puasa.

Sebenarnya masih ada banyak lagi peluang usaha rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga dengan mengeluarkan modal kecil. Namun dari sekian banyak pilihan itu, menurut kami inilah yang paling fleksibel dan tidak menguras banyak waktu.

Bahkan diantaranya dapat dilakukan dimana saja dan kapanpun Bunda mau. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada orang lain yang belum mengetahuinya. Segala kebaikan akan memberikan dampak baik atas usaha yang telah Bunda lakukan. Berikan pula rating penilaian terbaik atas artikel ini.

Nah, jika Bunda memiliki ide lainnya, jangan lupa sertakan komentarnya di bawah ini ya…

Tinggalkan komentar