12 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

Ada banyak pilihan peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang dapat dilakukan hanya di rumah saja. Hanya saja timbul banyak pertanyaan, apakah ide tersebut membutuhkan banyak modal ? Apakah menghabiskan banyak waktu ?

Pasalnya, kebanyakan ibu rumah tangga biasanya tak memiliki banyak waktu untuk melakukan hal itu ditambah dengan keterbatasan akan modal usaha.

Jika bunda di rumah memiliki keinginan untuk menjalankan bisnis sebagai bentuk dari usaha untuk membantu perekonomian keluarga atau sekedar untuk mengisi waktu luang, ada banyak pilihan bisnis yang dapat dijadikan pilihan.

1. Jasa pembayaran online dan jualan pulsa

Jasa pembayaran online dan jualan pulsa

Sebagai seorang ibu rumah tangga, bunda tentunya sudah mengetahui kan bahwa kebutuhan pulsa listrik, kuota internet, tagihan BPJS dan pengisian saldo aplikasi telah menjadi sebuah kebutuhan pokok di era kecanggihan teknologi saat ini.

Fenomena itu bisa menjadi ladang bisnis lho…

Dengan memanfaatkan moment tersebut, bunda di rumah dapat menjalankan bisnis jasa pembayaran online dan jualan pulsa.

Bunda dapat melakukan top up saldo di konter pulsa atau bisa juga menggunakan aplikasi yang dapat di unduh di google playstore seperti dana, ayopop, doku dan sebagainya.

Kira – kira berapa modal yang dibutuhkan ?

  • Top up saldo Rp 500.000,- hingga Rp 900.000,-
  • Kuota data 2 GB Rp 40.000,-

2. Menjadi penulis content

penulis content

Di era modern saat ini, perkembangan industri media elektronik semakin meningkat. Dulu, untuk mendapatkan informasi sebagian besar diperoleh dari media cetak. Tetapi, saat ini informasi sangat mudah didapatkan melalui media elektronik.

Selain itu, banyak pelaku usaha saat ini lebih memilih memasarkan produk mereka melalui media online yakni blog dan website. Tingkat pertumbuhan profesi blogger juga semakin meningkat.

Nah, ini bisa jadi peluang emas buat bunda untuk menjasi seorang penulis content.

Ini termasuk dalam jenis usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil, tak menyita banyak waktu.

Yang dibutuhkan untuk menjalani bisnis ini adalah seperangkat laptop/lepi/PC dan koneksi jaringan internet bulanan sebesar Rp 40.000,- perbulan.

Bunda dapat menawarkan jasa penulis content ke grup blogger, wordpress, sosial media atau ke situs skala nasional dengan mengirimkan proposal kerja sama.

Bayarannya lumayan lo bun, 1 artikel berkualitas SEO dengan 1000 panjang kata dihargai Rp 15.000,- hingga Rp 30.000,-.

Jika bunda mendapatkan orderan artikel setiap bulannya sebanyak 20 artikel saja, keuntungan bersih yang didapatkan sebesar Rp 400.000,-

3. Membuka jasa menjahit dan permak pakaian

jasa menjahit dan permak pakaian

Rekomendasi peluang usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal 1 juta rupiah selanjutnya, bunda di rumah juga dapat membuka usaha jasa menjahit dan permak pakaian. Terutama pakaian anak anak, wanita, dan permak celana jeans.

Bunda pasti terkendala dengan mesin jahit. Karena harga mesin jahit pakaian relatif mahal.

Di awal meniti bisnis, bunda dapat membeli mesin jahit second atau mesin jahit portable. Harga sekitar Rp 550.000,- sudah mendapatkan mesin jahit portable baru kualitas terbaik.

Sedangkan sisa uangnya dapat dibelanjakan untuk membeli keperluan kain, gunting, benang dan peralatan menjahit lainnya.

Untuk mensiasati karena modal terlalu mepet, bunda dapat menggunakan uang DP untuk membeli kain dan menangani orderan skala kecil kecilan terlebih dahulu.

4. Membuka warung di depan rumah

Warung

Jika lokasi tempat tinggal bunda saat ini berada di pusat keramaian dan berada tak jauh dari jalan utama, maka ini peluang besar untuk membuka warung.

Bunda dapat membuka warung nasi uduk, warung kopi, jualan gorengan, aneka minuman dan sebagainya.

Namun, dibutuhkan lokasi dengan halaman yang cukup luas untuk menjalankan bisnis ini.

Dengan modal 1 juta, bunda dapat membuat warung yang terbuat dari kayu dan atap rumbia terlebih dahulu. Paling tidak di sana ada tempat duduk, meja, tempat untuk menaruh makanan, atap rumbia dan sebagainya.

Selain itu, sisa modal tersebut digunakan untuk membeli kopi, gula, tepung, beras, singkong, minyak dan sebagainya.

5. Youtuber

Youtuber

Youtuber juga dapat dijadikan sebagai ladang usaha untuk ibu rumah tangga, apalagi pada saat ini menjadi seorang youtuber semakin diminati.

Selain dapat menjadi terkenal, faktanya menjadi seorang youtuber juga menghasilkan lho bun.. jangan dikira mereka membuat content dan menguploadnya di youtube karena kurang kerjaan dan ingin mencari sensasi. Justeru itu pekerjaan mereka karena dari sanalah mereka akan mendapatkan uang dari periklanan google.

Bunda dapat membuat content sesuai dengan minat.

Jika bunda memiliki anak kecil, jadikan saja hal itu sebagai bahan untuk membuat content. Misalnya, content tentang cara memandikan bayi yang benar, cara mengatasi anak sedang flu dan sebagainya.

Menjadi seorang youtuber tak membutuhkan banyak waktu, bahkan dapat dikerjakan dimana sana dengan rasa menyenangkan.

Semakin banyak yang melihat video bunda, semakin besar juga pendapatan yang diperoleh bunda dari periklanan google adsense.

Tidak hanya itu, jika jumlah subcriber bunda telah banyak bukan tidak mungkin ada perusahaan yang akan menghubungi bunda dalam hal penawaran kerja sama. Keuntungannya bisa jutaan hingga puluhan juta untuk sekali promosi di channel youtube milik bunda.

6. Membuka jasa les private

jasa les private

Bunda punya keahlian dalam mengajar ?

Salah satu usaha rumahan ibu rumah tangga yang cocok dijalani adalah dengan membuka les private.

Diantaranya, bunda dapat membuka les private mata pelajaran matematika dasar, les musik, piano, calistung untuk anak anak, seni tari dan sebagainya.

Dengan modal 1 juta, beberapa keperluan yang perlu dibeli antara lain papan tulis, alat menulis seperti spidol, pensil warna, buku gambar, perlengkapan media pembelajaran dan sebagainya.

7. Menjual accesories anak anak dan wanita

accesories anak anak dan wanita

Bisnis ibu rumah tangga ini tak begitu merepotkan dan tak begitu membutuhkan banyak waktu. Sambil mengasuh anak pun bunda dapat menjalaninya.

Selain itu hanya dengan modal kurang dari 1 juta, bunda dapat menjalankan bisnis ini di rumah.

Memang, pada dasarnya usaha rumahan ibu rumah tangga ini keuntungannya tak seberapa. Namun, sanagt membantu perkonomian keluarga jika di tekuni.

Target utamanya adalah anak anak dan remaja wanita.

Dengan modal tersebut, bunda dapat membeli grosiran aksesories seperti gelang imitasi, bros, cincin, kalung, jepitan rambut, bando dan pernak pernik lainnya.

Kemudian, beberapa pernak pernik tersebut dikemas dalam wadah plastik yang rapi dan menarik.

Mengenai teknik pemasaran, bunda dapat menitipkan aksesories tersebut ke toko toko berdekatan dengan sekolah atau tempat keramaian yang sering dikunjungi oleh anak anak dan remaja.

8. Bisnis dropshipper

isnis dropshipper

Menjadi seorang dropshipper tak perlu menyetok barang.

Yang dibutuhkan adalah relasi dengan suplier atau pemilik barang/produk.

Hal utama dalam menjalani bisnis dropshipper adalah menentukan produk yang hendak dijual, kemudian mencari supplier yang dapat diajak kerjasama.

Sistem dropshipper, ketika ada pesanan masuk melalui bunda kemudian informasi ini bunda teruskan ke supplier, selanjutnya supplier akan mengirimkan barang atas nama bunda bukan supplier.

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini adalah jika memiiki seperangkat laptop itu jauh lebih, namun smartphone saja sudah cukup disertai koneksi jaringan internet.

Yang terpenting untuk menjalankan bisnis dropshipper bagi ibu rumah tangga, pastikan supplier dapat dengan mudah dihubungi dan diajak kerja sama. Jauh lebih baik jika bunda mengambil supplier berasal dari daerah tempat tinggal bunda.

Dengan begitu, pengiriman dapat langsung dikontrol.

9. Jualan makanan ringan

Jualan makanan ringan

Hampir sama dengan ide sebelumnya yakni jualan aksesories.

Cara kerjanya sama, yakni dengan modal yang tersisa untuk membeli sejumlah makanan ringan dalam bentuk kiloan secara grosir.

Beberapa jenis produk makanan ringan yang dapat bunda beli seperti kentang goreng, keripik singkong, keripik kulit lumpia, emping, nugger, pop corn dan sebagainya.

Bunda dapat memilih diantara jenis produk makanan di atas.

Sisa uangnya untuk membeli alat press plastik (impulse sealer) agar kemasan di dalam bungkusan terlihat rapi. Harganya juga murah yakni sekitar Rp 150.000,-.

Bunda dapat menitipkannya di beberapa warung terdekat, sekolah sekolah, toko toko dan sebagainya.

Keuntungan yang diperoleh juga lumayan jika ada banyak tempat yang dititipkan. Perbungkus, bunda akan mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 600,- hingga Rp 1.500,-.

Jika dikalikan dengan pendapatan bulanan, lumayanlah untuk membantu perekonomian keluarga.

10. Membuat kue basah dan kering

Membuat kue basah dan kering

Usaha membuat kue juga cocok dijalankan oleh seorang ibu rumah tangga.

Karena tidak menyita banyak waktu, lagi pula modalnya juga relatif kecil.

Namun sebelum bunda menjalankan ide bisnis ini, tentukan kue apa yang hendak di jual.

Disarankan jika di hari hari biasa sebaiknya membuat kue basah, kemudian di titipkan ke tempat tempat penitipan kue di pinggir jalan atu di pasar. Sedangkan jika moment tertentu seperti mejelang lebaran, natal, imlek dan sebagainya, direkomendasikan membuat aneka kue kering.

Pastikan kue yang bunda jual tidak sama dengan pedagang lainnya. Walaupun sama, palung tidak perbedaannya terletak dari sisi bentuk, warna dan rasa.

Modal 1 juta dapat digunakan untuk keperluan membeli mixer, baskom dan bahan bahan untuk membuat kue seperti tepung terigu, gula, susu bubuk, margarin dan sebagainya.

Bunda dapat menjual kue dengan harga satuan sebesar Rp 800,- dengan rincian Rp 200,- untuk penjaga warung. Jika bunda berjualan sendiri, harganya berkisar antara Rp 1.000,- hingga Rp 1.500,- per kue.

Disarankan untuk membuat kue yang tidak mudah basi seperti roti, bolu kukus dan sebagainya.

Agar tidak rugi di kemudian hari, riset pasar sangat diperlukan. Misalnya, tentang jenis kue yang diminati oleh kebanyakan orang atau kue yang belum pernah ada.

11. Blogger

Blogger

Selain youtuber, peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang cukup menjanjikan untuk mendatang uang adalah dengan mnjadi seorang blogger.

Namun, jujur saja untuk menjadi blogger sukses tidaklah mudah.

Karena dibutuhkan waktu dan ketekunan dalam mengelola sebuah situs blog yang mendatangkan trafik / pengunjung dengan jumlah ribuan.

Penghasilan yang didapatkan dari seorang blogger berasal dari program penayangan iklan google adsense, content plachement dan jasa iklan mandiri dan sebagainya.

Banyak blogger sukses yang menghasilkan uang jutaan hingga puluhan juta per bulan.

Jika bunda ingin menekuninya, kami sarankan untuk mempelajari tentang cara membuat artikel yang memenuhi kualitas SEO. Enak dibaca, optimalisasi untuk mesin penelusuran dan pengunjung dan sebagainya.

Modal utamanya adalah seperangkat laptop dan koneksi jaringan internet.

Menjadi blogger, dimanapun dapat bunda lakukan bahkan di desa dan dimana saja tidak terkendala waktu dan tempat. Asalkan ada koneksi jaringan internet.

12. Menjual produk kosmetik dan herbal

Menjual produk kosmetik dan herbal

Kebutuhan penggunaan barang barang kosmetik tentunya sudah menjadi sesuatu kewajiban bagi seorang wanita.

Bunda dapat memanfaatkan moment ini.

Cukup prospek dan tak akan pernah ada habisnya.

Beberapa produk kosmetik yang dapat bunda tawaran antara lain seperti lipstik, bedak, parfum, cream pelembab, pensil alis dan sebagainya. Sedangkan produk herbal, bunda dapat menawarkan pembalut herbal wanita, herbal alami untuk mengatasi nyeri haid dan sebagainya.

Jangan lupa dibaca juga ya bun..: bisnis online yang menjanjikan.

Kami rasa tak sulit untuk mendapatkan pelanggan pertama dan tetap.

Bunda dapat menawarkannya ke tetangga terdekat, ketika moment arisan atau acara kumpul bersama dan sebagainya.

Jika ditekuni dengan serius, peluang usaha untuk ibu rumah tangga ini cukup menjanjikan lho bun…

Tinggalkan komentar