Inilah 18 Rekomendasi Usaha Rumahan Mengasilkan Uang Dalam Jangka Pendek

Pada umumnya sebuah bisnis sebagian besar dijalankan diluar ruangan, contohnya saja seperti bisnis di bidang kuliner, cafe, jual beli properti, layanan jasa fotografi pra wedding, berdagang dan sebagainya.

Hanya saja dalam kondisi tertentu tak semua orang dapat melakukan ide tersebut dengan beragam alasan. Apalagi beberapa akhir belakangan ini, memiliki usaha rumahan yang dapat dikontrol dimana dan kapan saja merupakan suatu impian bagi setiap orang.

Pada artikel ini, Saya berusaha menyajikan beberapa rekomendasi usaha rumahan yang menjanjikan diminati kebanyakan orang dan tentunya menghasilkan uang dalam waktu jangka pendek (kurang dari 30 hari sudah menghasilkan).

Hanya saja sebagian besar diantara membutuhkan keahlian dan dilakukan secara online, kemudian sisanya tanpa membutuhkan skill sama sekali.

Berikut ini 18 rekomendasi usaha rumahan yang menjanjikan, diantaranya:

1. Penulis artikel online

Walaupun usaha rumahan modal kecil berikut ini telah ada yang menjalaninya, akan tetapi peluang besar itu tetap ada seiring dengan pertumbuhan kemajuan teknologi dengan banyaknya bermunculan Blog dan Website baru.

Hanya saja dibutuhkan sedikit keahlian khusus. Karena antara penulis artikel tidak sama dengan penulis pada umumnya.

Dalam hal ini seseorang setidaknya mengetahui gaya penulisan artikel SEO, mengoptimalkan kata kunci pencarian. Suatu keahlian mendasar yang wajib dimiliki.

Selebihnya hanya membutuhkan laptop dan sedikit modal kuota untuk membeli paket data internet.

Sedangkan untuk mencari pelanggan baru ataupun tetap, tawarkan saja keahlian yang Kamu miliki ke banyak grup terkait seperti facebook grup blogger, wordpress, whatsapp dan sebagainya.

Termasuk beberapa situs berikut ini:

  • Freelance
  • Sribulancer
  • Project.co.id
  • Ads.id
  • Fiverr
  • dan lainnya

Atau Kamu dapat menawarkan secara langsung keahlian menulis artikel SEO tersebut kepada Website berskala besar. Kirimkan saja materi kerjasama melalui email mereka.

Sebagai tips dari Saya untuk memulainya sebagai berikut:

  1. Kualitas nomor 1
  2. Berikan harga promo sedikit lebih murah
  3. Sajikan portofolio sample tulisan yang pernah dibuat sebanyak – banyaknya
  4. Gunakan akun real bukan fake dan sangat diperlukan untuk menampilkan informasi data diri seperti foto, alamat dan sebagainya. Dengan begitu, orang lain akan mempercayai Kamu bukan penipuan
  5. Bangun tingkat kepercayaan di awal membuka jasa, dengan begitu banyak orang akan merekomendasikan dari mulut ke mulut

Bicara soal harga jasa, umumnya untuk 500 panjang kata dihargai Rp 20.000,- per artikel. Kamu dapat menawarkanya di bawah harga rata – rata di awal waktu. Jika banyak yang menilai tulisan mu bagus, maka naik sedikit demi sedikit.

Jika ada pesanan artikel sebanyak 100 artikel 500 kata, maka berapa pendapatan yang Kamu peroleh ?

2. Copy writter

Tak jauh bedanya dengan penulis artikel, keduanya membutuhkan keahlian dibidang SEO dalam artikel.

Hanya saja, profesi copy writter sedikit lebih spesifik dan keahlian lebih dari penulis artikel. Tujuan dari tulisan yang dibuat tidak lain untuk menciptakan daya tarik bagi orang lain hingga terjadinya interaksi.

Pada umumnya, keahlian copy writting ini sangat dibutuhkan terutama dibidang jual beli online terutama dalam mengiklankan suatu produk, memasarkan hingga membuat suatu ulasan (review) dari suatu produk.

Jika tulisan yang Kamu buat dapat membuat daya tarik kepada orang lain hingga membeli suatu produk tertentu atau setidaknya dapat memberikan interaksi orang lain untuk melakukan percakapan, maka Saya berani pastikan tulisan Kamu akan dicari oleh banyak orang terutama oleh kalangan pemilik usaha.

Sebagai contoh dari copy writting, Saya yakin Kamu pernah melihat iklan berseliweran di Facebook ? Lihatlah kata dan kalimat yang dirangkai untuk menggaet pembeli.

Strategi menggaet pelanggan baru dan tetap tak jauh bedanyanya dengan penulisan artikel, sama saja.

Sedangkan bicara soal patokan harga jasa copy writter, jauh di atas rata – rata penulis artikel. Untuk 500 kata saja, kebanyakan mematok harga Rp 100.000,-. Bahkan, dapat mencapai ratusan hingga jutaan rupiah hanya untuk beberapa kata saja.

Saya kasi bocoran bayaran copy writter paling mahal ada pada penulisan artikel pada laman landing page. Hanya saja, rangkaian kata demi kata harus dipikirkan. Seperti yang telah Saya katakan, tujuannya minimal untuk menciptakan sebuah interaksi.

List lainnya, silahkan lakukan survei tersendiri.

Bagaimana, lumayan menjanjikan kah?

3. Jasa penerjemah

Masih terkait dengan dunia kepenulisan.

Apakah Kamu memiliki keahlian dalam menguasai bahasa inggris, jepang, belanda dan sebagai dengan baik ?

Kemampuan tersebut bukan hanya pandai dalam berbicara dengan baik, namun mampu menulis dan menerjemahkan dengan baik pula.

Jika Kamu memiliki kahlian tersebut, maka hal merupakan ide bisnis rumahan yang dapat Kamu jalani.

Banyak orang sedang membutuhkan jasa penerjemah melalui situs yang telah Saya bagian di point nomor 1. Ada yang membutuhkan jasa penerjemah dari bahasa Inggris ke Indonesia, Belanda ke Inggris, Jepang ke Inggris dan sebagainya.

Tarif penerjemah dihitung per jumlah kata / per 1 dokumen dikisaran rentang Rp 30.000,- hingga Rp 150.000,-. Semakin banyak kata yang diterjemah, semakin tinggi tarifnya.

Bukan hanya menerjemahkan ke dalam bentuk tulisan saja.

Namun, banyak content creator juga membutuhkan jasa penerjemah dalam bentuk audio. Dalam hal ini, Kamu dapat memberikan tarif penerjemah dalam hitungan menit atau jam.

Tentu saja tarifnya jauh lebih mahal ketimbang menerjemahkan konten, apalagi jika Kamu dianugrahkan oleh Tuhan dengan vokal suara yang unik, manis dan nyaman di dengar.

Jika sudah begitu… bicara soal harga, berapapun mereka kan berani bayar asalkan dalam batas wajar.

4. Layanan jasa konsultasi SEO

Di era digital seperti saat ini, ide usaha rumahan berupa membuka layanan jasa konsultasi SEO kian berkembang pesat dan kian hari semakin banyak peminatnya terutama di kalangan pemilik Blog dan Website serta pemilik usaha yang menargetkan calon pembeli berasal dari dunia online.

Tentu saja, keahlian utamanya harus expert di bidang SEO.

Jika baru mengetahui secuil dari ilmu SEO, maka sebaiknya jangan dilakukan. Efeknya bisa jadi nama baik akan jadi taruhannya.

Mereka menggunakan layanan JASA konsultasi SEO tidak lain memiliki tujuan utama yakni agar situs mereka menempati posisi teratas di laman 1 Google.

Gimana, sanggup ?

Jika Kamu mampu, berapa pun akan mereka keluarkan demi meningkatkan pengunjung real ke situs mereka.

Mendapatkan uang 1 juta, 2 juta, 5 juta, 10 juta bahkan lebih itu untuk setiap 1 job sangatlah mudah jika Kamu menyanggupinya.

Hanya saja, Kamu harus berani memberikan jaminan khusus jika sederetan ketentuan dari mereka tidak berhasil Kamu penuhi.

Ntah itu 100% uang akan kembali jika dalam waktu beberapa bulan target tidak terpenuhi atau paling tidak ada suatu jaminan hingga situs menempati urutan teratas sesuai kesepakatan.

5. Pembuat gambar dan animasi karikatur lucu

Untuk yang satu ini sudah pasti syarat utamanya memiliki kemampuan khusus di bidangnya. Imajinasi dan kreativitas sangat dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah content gambar dan animasi yang berkualitas.

Jika memiliki keahlian khusus dalam menggambar karikatur tokoh nyata maupun fiksi, kartun, orang lain dan sebagainya, maka hal tersebut merupakan peluang emas buat mu.

Tawarkan saja ke berbagai platform sosial media seperti Facebook, bahwa Kamu dapat menggambar karikatur. Bahkan, Kamu dapat memperjualbelikan jasa mu ke marketplace ternama dan situs yang telah Saya sebutkan di atas tadi.

Coba Kamu temukan di sana untuk mencari referensi contohnya.

Patokan harga untuk sebuah karya gambar karikatur digital antara Rp 50.000,- hingga jutaan rupiah. Tergantung dari tingkat kesulitan.

Sedangkan, jika Kamu ahli dalam hal membuat karikatur animasi dalam bentuk video, tentu saja bayarannya lebih tinggi, bisa mencapai jutaan rupiah untuk sebuah karya karikatur animasi.

Content creator seperti Youtuber profesional, perusahaan skala besar dan sangat membutuhkan layanan jasa ini.

6. Layanan jasa design grafis

Hingga point nomor ke-9 Saya masih mengulas tentang usaha rumahan di bidang jasa. Langkahi saja jika Kamu bosan membaca dan sudah mengetahuinya.

Keahlian ini sudah cukup terkenal dilapisan semua masyarakat, hanya saja tak semua orang ahli menjalaninya. Karena layanan jasa design grafis bicara soal seni dan kreativitas agar hasilnya memuaskan

Pemilik Blog/Website, Instagram, pelaku bisnis online yang ingin memasarkan produk mereka dan sebagainya tentu saja sangat membutuhkan content berupa logo, browsur digital, gambar story dan sebagainya.

Sangat menjanjikan, karena tarif layanan jasa design grafis ini berkitar antara Rp 100.000,- hingga jutaan rupiah.

Untuk mencari pelanggan baru, caranya serupa seperti langkah di atas.

7. Editing video

Diantara mereka yang membutuhkan layanan jasa editing video seperti Youtuber Profesional, pemilik situs Blog/Website, perusahaan skala besar, pelaku bisnis, mereka yang merayakan ulang tahun, prewedding, dokumentasi wisata dan sebagainya.

Contohnya saja Youtuber profesional yang telah miliki jutaan subcriber, tentunya membutuhkan sebuah tim khusus terutama yang memiliki keahlian dibidang editing video.

Paling tidak menguasai beberapa tools editing video dasar, seperti Camtasia, last vegas, adobe premier pro dan sebagainya.

Jika Kamu ingin dilirik oleh mereka, kuncinya adalah berikan kepada mereka beragam contoh portofolio yang terbaik.

Selain itu, pasangan calon pengantin tentu saja membutuhkan jasa editing video untuk mengabadikan momen pernikahan mereka dan masih banyak lagi.

Kamu dapat menawarkan layanan jasa editing video berupa:

  • Film pendek
  • Video promo
  • Trailer
  • Opening video
  • Editing video youtuber
  • Iklan singkat
  • Materi persentasi
  • Video klip musik
  • Drama singkat
  • dan sebagainya

Patokan harga tergantung tingkat kesulitan, kisarannya antara Rp 100.000,- hingga jutaan.

8. Menyediakan layanan jasa pembuatan website dan blog pribadi

Apakah Kamu memiliki keahlian dalam hal membuat design laman Website, jago CSS, javascript dan pemrograman ?

Keahlian itu bisa mendatangkan uang dengan cepat.

Karena dengan pertumbuhan teknologi kian pesatnya, para pelaku usaha akan memasarkan produk mereka melalui media online. Tentu saja mereka membutuhkan Website untuk media promosi dan pengenalan produk.

Selain menargetkan para pelaku usaha, Kamu juga dapat menawarkan layanan jasa pembuatan website kepada kalangan Blogger, personal melalui media grup di sosial media dan sebagainya.

Atau Kamu dapat mencari pelanggan baru dan tetap di situs yang telah Saya sebutkan di atas.

Patokan harga jasa pembuatan website cukup menggiurkan mendatangkan keuntungan. Pada umumnya dikisaran Rp 250.000,00 untuk low fitur, dan jutaan bahkan ratusan juta rupiah jika dilengkapi beragam fitur seperti keamanan, database, sistem auto pembayaran dan sebagainya.

Pendapatan seorang web developer cukup fantastis. Tergantung dari nilai proyek yang didapatkan. Untuk website besar lengkap dengan database, web developer bisa dibayar hingga ratusan juta rupiah.

9. Pembuatan gambar story

Banyak pelaku usaha memasarkan produknya di beragam sosial media, terutama Instagram dan Facebook.

Hal itu merupakan peluang usaha rumahan yang bisa mendatangkan uang jika Kamu mempunyai keahlian dalam hal membuat gambar story yang mampu menjelaskan deskripsi dari sebuah produk.

Hanya saja sedikit membutuhkan kreativitas dan sajian gambar yang unik.

Mungkin Kamu pernah melihat pemilik usaha yang memasarkan produknya melalui Instagram. Apakah Kamu pernah melihat content gambar yang di upload ?

Seperti itulah contoh dari gambar story.

10. Membuat aplikasi

Era perkembangan teknologi smartphone berbasis Android dan iOs membuat usaha yang satu ini sangat menjanjikan.

Mungkin Kamu bertanya, siapa yang membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? Diantaranya:

  • Pelaku bisnis (UMKM hingga skala perusahaan)
  • Perusahaan hotel
  • Pemilik situs pribadi / Website
  • Lembaga atau pemerintah setempat
  • dan sebagainya

Kamu dapat menawarkan pembuatan beragam aplikasi seperti:

  • Aplikasi pendidikan
  • Aplikasi Website view
  • Aplikasi kamus
  • Aplikasi bisnis perhotelan
  • Aplikasi belanja / toko online
  • Aplikasi kantor
  • dan sebagainya

Patokan harga pada umumnya untuk pembuatan aplikasi profesional dikisaran Rp 200.000,- hingga jutaan rupiah.

Tak perlu kuatir untuk mencari pelanggan baru dan tetap, jika Kamu memiliki banyak portofolio yang bagus, maka Saya jamin jasa yang Kamu tawarkan akan laris manis dipasaran.

11. Kursus online

Menjadi seorang tenaga pengajar atau pendidik menggunakan metode datang dari rumah ke – rumah di era perkembangan teknologi seperti saat ini sudah terlalu kuno.

Banyak tenaga pengajar dan pendidik telah melakukan inovasi. Keahlian yang mereka miliki disampaikan melalui kelas online menggunakan media aplikasi pertemuan virtual dan pesan instan.

Sepertinya ide tersebut layak di contoh jika Kamu memiliki keahlian khusus dalam hal mengajar.

Mengajar tak harus memberikan materi pelajaran Matematika, Bahasa Inggris atau materi sekolah, tapi cangkupannya luas.

Misalnya sebagai contoh, Kamu telah sukses menghasilkan uang dari Youtube puluhan, ratusan bahkan ribuan dollar perhari, ilmu yang Kamu peroleh ingin dibagikan ke orang lain namun hanya bisa diakses dengan cara berbayar, maka membuka kelas online merupakan solusi terbaik.

Hanya saja, Kamu harus menampilkan data real tentang keberhasilan mu itu.

Kata orang Jawa bilang, JANGAN ASAL DOBOS, GEDE CONGOR e doank.. Ups, maaf bahasa yang Saya gunakan terlalu kasar..

Kamu dapat membuka kelas online grup WhatsApp, Telegram atau sejenisnya. Lebih bagus lagi, kelas online yang Kamu tawarkan menampilkan konten Video dan praktek secara langsung.

Saya jamin, jika tingkat kepercayaan telah terbentuk maka banyak orang akan tertari. Walaupun pada dasarnya, sudah berpenghasilan melimpah buat apa mencari tambahan lain?

Barangkali ditengah kebutuhan hidup tinggi atau panggilan jiwa untuk berbagi ilmu walaupun tidak gratis, kenapa tidak dicoba ?.

12. Jualan foto

Tak pernah terpikirkan oleh orang lain bahwa foto hasil jepret sana sini juga bisa dijual..

Yang dimaksudkan foto yang dijual bukan foto saru lho ya..

Terlepas dari hal negatif, foto apa saja bisa dijual. Asalkan beresolusi tinggi dan teknik pengambilan gambarnya terlihat menarik.

Foto apapun ? Yups, segelas teh, bunga yang sedang mekar, ulat, pemandangan alam dan sebagainya.

Dimana Saya bisa menjual foto ? Ada banyak sekali website yang menyediakan tempat bagi para creator/pemilik foto untuk menjual hasil karyanya.

Diantaranya:

  • Shutterstock
  • IStockphotos
  • Dreamstime
  • 123rf
  • Gettyimager
  • dan lainnya

Bayarannya dollar yang akan ditransfer ke rekening Paypal jika telah memenuhi ambang batas tertentu, antara $10 – $100 bisa dilakukan penarikan.

13. Menjadi seorang dropshipper

Bisnis dropshipper mulai menggeliat pada tahun 2017 silam, bahkan hingga kini masih eksis.

Gambaran singkatnya, seorang dropshipper tak harus melakukan stock barang. Produk berupa jasa atau bentuk fisik dapat berasal dari orang lain (produsen/pemilik produk).

Yang perlu Kita lakukan adalah hanya mencari pembeli.

Kamu dapat mempromosikan produk orang lain melalui sosial media ataupun berjualan di marketplace. Tentukan harga jual sendiri, jika ada pesanan hubungi produsen. Selanjutnya, pemilik barang akan mengirimkan produknya kepada pembeli atau nama/toko Kamu.

Hanya saja, Kita harus lebih teliti mencari pemilik barang yang dapat dipercaya. Ada baiknya berasal dari daerah tempat tinggal terlebih dahulu. Ajak mereka bekerja sama.

14. Menjahit pakaian dan permak

Usaha yang satu ini tentu saja sangat membutuhkan keahlian khusus yakni keterampilan dibidang menjahit.

Saya rasa bukan cuma itu saja yang dibutuhkan selain memiliki modal berupa mesin jahit dan seperangkat alat yang diperlukan seperti gunting, benang, bahan pakaian dan sebagainya, di sisi lain membutuhkan sebuah kreativitas dan seni.

Jahitan yang rapi dan menciptakan model tersendiri diantara point penting yang harus dimiliki.

Usaha rumahan yang satu ini tak pernah ada hentinya seiring dengan kebutuhan orang menggunakan pakaian. Apalagi jasa permak pakaian, peminatnya akan selalu ada.

15. Menyediakan masker antivirus

Untuk yang satu ini cocok banget dijalankan ditengah pandemi virus covid 19. Masker medis sangat sulit ditemukan, maka banyak orang sangat membutuhkan keberadaan masker kain.

Hingga saat ini permintaan keberadaan masker masih terbilang tinggi. Tak tahu kapan wabah pandemi covid 19 berakhir. Dalam kondisi ini Kamu dapat memberikan kontribusi menghambat laju pertumbuhan penyebaran virus dengan cara membuat masker antivirus.

Desain yang menarik dan penggunaan warna pada bahan kain akan menarik banyak pembeli. Harga jual biasanya dikisaran Rp 15.000,- per buah.

16. Menjual ramuan herbal

Produk ramuan herbal dalam bentuk akar, kayu, umbi – umbian yang sudah dikeringkan akan laku keras dipasaran. Apalagi di masa pandemi penyebaran virus, banyak orang mencari produk kesehatan herbal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hanya saja, keahlian khusus sangat diperlukan. Tidak asal meracik ramuan begitu saja. Diperlukan keahlian dalam bidang kesehatan.

Beberapa produk herbal yang dapat Kamu pasarkan melalui media online misalnya dapat berupa extrak temulawak, kunyit, jahe, buah mahkota dewa dan sebagainya dalam bentuk bubuk.

Walaupun pandemi penyebaran virus telah berakhir, Saya yakin bisnis ini akan tetap eksis.

17. Layanan jastip

Jastip singkatan dari jasa titip.

Terkadang ada banyak alasan ketika seseorang mengunjungi suatu tempat, namun tak sempat membawakan oleh – oleh untuk temannya, rekan kerja, orang tercinta dan keluarganya.

Dalam kondisi tersebut seseorang dapat menggunakan layanan jasa titip, mempercayakan kepada orang lain untuk membeli produk, oleh- oleh atau barang tertentu, kemudian pemilik jastip akan mendapatkan komisi dari pemesan.

Kamu dapat menawarkan jasa titip kepada siapa saja. Layanan jasa titip yang dapat Kamu tawarkan, jastip oleh oleh, pakaian, kerajinan tangan, souvenir, barang mewah dan sebagainya.

Hanya saja, tak mudah untuk mengembangkan bisnis ini di awal waktu !.

Sangat membutuhkan tingkat kepercayaan tinggi dari banyak orang.

Agar orang lain percaya, Kamu dapat membuat akun Instragam, Facebook ataupun Website. Didalamnya memuat informasi data profile pemilik sejelas – jelasnya berserta dengan tetimoni real.

Dengan begitu, keraguan aakan sedikit hilang pada diri orang lain ketika ingin menggunakan jasa yang Kamu tawarkan.

18. Layanan jasa service barang elektronik

Sudah dipastikan sebagian besar orang tentunya memiliki barang elekronik di rumahnya, ntah itu kipas angin, komputer, mesin cuci, radio, hp jadul, televisi, mixer kue dan sebagainya.

Jika membeli baru harganya tentu saja jauh lebih mahal, sehingga banyak orang lebih sering memperbaiki kepemilikan barang elektronik tersebut.

Inilah peluang usaha rumahan yang dapat Kamu manfaatkan. Hanya saja, layanan jasa ini membutuhkan keahlian dalam bidang elektronika tingkat expert.

Apalagi jika Kamu bisa memperbaiki perangkat smartphone, laptop, komputer dan peralatan elektonik ibu rumah tangga, dipastikan banyak orang akan jasa yang Kamu tawarkan.

Jika Kamu memberanikan diri memberikan harga terbaik dan kualitas layanan, maka orderan akan datang dari mana saja.

Kini sudah dipenghujung tulisan, sudahkah Kamu menemukan suatu ide kira – kira bisnis apa yang cocok Saya jalankan ?

Pilih saja salah satu, dua atau diantara beberapa rekomendasi usaha rumahan di atas yang dapat menghasilkan uang dalam waktu jangka pendek.

Tekun adalah kunci untuk mendatangkan sebuah kesuksesan. Ketika Kamu bersungguh – sungguh, tak membutuhkan waktu lama kurang dari 30 hari untuk mendatangkan profit diantara banyak pilihan peluang usaha rumahan di atas.

Jika itu cocok dengan keahlian yang Kamu miliki. Hanya saja sedikit tips dari Saya, fokuslah pada satu bidang terlebih dahulu. Jika sudah eksis, Kamu dapat mencoba bidang lainnya.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan komentar