Blogger Mesti Bersiap, Era “Voice Search Keyword” Sudah Datang

Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah media online entrepreneur.com dan di sana saya menemukan sebuah artikel tentang “Voice Search Keyword”.

Mungkin, istilah ini terdengar asing olehmu.

Namun sejak tahun 2018 lalu semenjak pembaruan algoritma dan aplikasi google search di smartphone dan dekstop, voice search sudah mulai digunakan oleh banyak orang. Bahkan, hingga kini semakin populer saja.

Tentu saja hal ini harus disikapi dengan serius, khususnya untuk seorang webmaster, pakar SEO, blogger dan pekerjaan yang terkait dengannya.

Mengapa ini penting ?

Sebab hal ini dapat mempengaruhi kualitas SEO dan peringkat situs web di masa mendatang.

Apa itu Voice Search Keyword?

Apa itu keyword penelusuran suara? voice search keyword atau pencarian suara adalah sangat memungkinkan pengguna untuk mencari informasi apa saja di internet dengan menggunakan suara mereka tanpa harus mengetik menggunakan tangan, cukup menyentuh fitur voice search kemudian mengucapkan kata atau kalimat.

Pencarian suara atau sejenisnya ini digunakan dengan perangkat elektronik yang sudah “tertanam” asisten virtual seperti Alexa, Cortana, Google home, Siri dan sebagainya.

Cukup mengejutkan, menurut data yang diberikan oleh Google menunjukkan bahwa 41% orang dewasa dan 55 % remaja di seluruh dunia menggunakan pencarian suara setiap harinya.

Data tersebut bukan hanya sebagai tanda dari perubahan prilaku dari pengguna internet, namun semakin diminati dan menjadi trend khususnya untuk generasi muda.

Selain itu menurut perusahaan riset Gartner, perubahan prilaku pata tahun 2020 mendatang sebagian besar pengguna internet akan beralih ke voice search dan telah menjadi kebiasaan ketika mencari informasi di internet. Maka dari itu, langkah selanjutnya menurut mereka adalah pengoptimalan situs web sangat penting dilakukan dengan menyajikan kontn yang sesuai.

Mengapa orang menggunakan penelusuran suara?

Cukup simple jawabannya, hampir semua orang tidak ingin ribet dan membuang waktu mereka untuk mengetik di layar.

Selain itu, Google malaporkan bahwa 38 % pengguna voice search keyword dapat melakukan pekerjaan Multitasking. Ketika mereka menggunakan penelurusan suara, di saat itu juga mereka sedang menonton  TV, memasak, sedang di dalam kendaraan, berjalan, mengemudi dan sebagainya.

Google Home, Alexa, Siri, dan Cortana adalah beberapa asisten virtual sangat populer di pasaran saat ini.

Juniper Research sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pemasaran, teknologi dan konsultasi memperkirakan bahwa 2,5 milyar asisten virtual yang digunakan saat ini akan meningkat menjadi 8 milyar pada tahun 2023.

Selain itu, sekitar 60 % pengguna smartphone akan beralih ke pencarian suara untuk menjawab setiap pertanyaan mereka.

Bagaimana kaitannya Voice Search dengan SEO?

Peningkatan pengguna voice search tentu saja akan memberikan dampak begitu luas untuk SEO. Hal ini dikarenakan telah terjadinya perubahan prilaku. Cara seseorang mencari kata kunci ketika ia berbicara tentu saja jauh berbeda dibandingkan dengan ketika ia menulis / mengetik.

Sebagai contoh, Pengguna yang sedang mencari informasi tentang smartphone terbaik di search engine, ketika ia menggunakan fitur kolom pencarian biasa, mereka akan mengetik “smartphone terbaik tahun 2019”.

Namun, ketika mereka mencari informasi tersebut menggunakan perintah suara, tentu saja kata kunci yang digunakan tidak begitu. Mereka akan mengatakan “apa smartphone terbaik tahun 2019” atau “smartphone terbaik 2019 merk apa” dan sebagainya.

Pencarian menggunakan search voice cenderung variatif tergantung dari pengguna.

Terkadang mereka menggnakan kata kunci bersifat pertanyaan, kata kunci pendek atau kata kunci panjang.

Contoh kata kunci pendek dalam penggunaan penelusuran suara, “warung buka dekat saya“, “alamat saya” dan sebagainya.

Maka dari itu, untuk mempersiapkan perubahan besar di masa mendatang yang perlu dilakukan oleh seorang pakar SEO, webmaster, blogger dan sebagainya adalah mencari cara bagaimana teknik terbaik untuk mengoptimalkan situs agar tampil di peringkat atas penelusuran.

Untuk menaggulangi penurunan peringkat situs di mesin penelusuran, sebaiknya saat ini mulailah untuk mempersiapkannya.

Bagaimana caranya ?

Saya sendiri sedang berupaya melakukannya. Jikalau pun saya sudah mengetahuinya, mana mungkin saya beri tahu tekniknya. 😀 Selebihnya, silahkan melakukan penelitan sendiri terkait dengan search voice ini.

Tinggalkan komentar