Cara Membuat Contact Us di Blogger dan WordPress

Membuat laman contact us pada sebuah blog atau website menjadi sebuah keharusan yang harus dilakukan oleh setiap pemilik atau pengelola suatu blog atau website. Dengan adanya laman contact us, contact me, hubungi kami, kontak saran atau sejenis maka akan mempermudahkan pengunjung atau orang lain menghubungi si pemilik atau pengelola situs.

Biasa dikatakan, laman contact us adalah sarana komunikasi di sebuah blog atau website antara pengunjung dan admin situs.

Secara umum, laman tersebut terdiri dari beberapa bagian penting seperti contact email, profil singkat tentang blog atau website tersebut dan sebagainya.

Membuat contact us di blog atau website hukumnya bersifat wajib, jika suatu blog atau website memiliki jumlah pengunjung yang dikatakan banyak. Dengan laman tersebut, mungkin saja ada pengunjung secara personal atau perwakilan dari perusahaan ternama ingin melakukan kerjasama misalnya dalam hal content placement dan sebagainya.

Selain itu, adanya laman contact us menjadi salah satu syarat wajib yang harus ada sebelum blog atau website kamu diikutsertakan dalam program mitra google adsense.

Membuat Contact Us di Blogger

Jika kamu menggunakan platform blogger, untuk membuat laman formulir kontak sangatlah mudah. Langsung saja ke menu tata letak – tambahkan widget – pilih formulir kontak – simpan. Dengan seketika, formulir kontak telah selesai dibuat.

Namun, sisi kelemahannya formulir contact yang dibuat hanya tampil di widget atau siddebar kanan, bawah atau atas dan tidak di dalam sebauh laman.

Selain itu, kamu juga dapat membuatnya dengan bantuan pihak ke dua seperti menggunakan layanan foxyform.com, 123contactform.com dan sebagainya. Akan tetapi, cara itu terbilang lumayan ribet karena kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Belum lagi ada tautan aktif yang mengarah ke situs mereka.

Gunakan cara ini saja, tanpa ribet. Tinggal copy paste code HTML di bawah ini.

Ubah nama aoglamedia.com menjadi nama blog kamu dan langsung publish. Selesai dan beres.

Langkah langkah membuat contact us di blogger

  1. Login ke dasboard blogger
  2. Buat laman baru dan beri nama contact us
  3. Copy paste tulisan di bawah ini dalam mode HTML
  4. Publikasikan

Terimakasih atas kunjungan Anda ke blog <b>aoglamedia.com</b>. Bagi pembaca yang ingin menghubungi Kami untuk penawaran kerja sama, memberikan kritik dan saran atau ada perihal lainnya, bisa mengirimkan pesan melalui email ke:<br />
<br />
<div class=”contact-form”>
<div class=”form”>
<form name=”contact-form”>
<input class=”contact-form-name” id=”ContactForm1_contact-form-name” name=”Tulis Nama Kamu” onblur=”if (this.value == &quot;&quot;) {this.value = &quot;Name&quot;;}” onfocus=”if (this.value == &quot;Name&quot;) {this.value = &quot;&quot;;}” size=”50″ type=”text” value=”Tulis Nama Kamu” />

<br />
<br />
<input class=”contact-form-email” id=”ContactForm1_contact-form-email” name=”email” onblur=”if (this.value == &quot;&quot;) {this.value = &quot;Tulis Email Kamu&quot;;}” onfocus=”if (this.value == &quot;Tulis Email Kamu&quot;) {this.value = &quot;&quot;;}” size=”50″ type=”text” value=”Tulis Email Kamu” />

<br />
<br />
<textarea class=”contact-form-email-message” id=”ContactForm1_contact-form-email-message” name=”email-message” onblur=”if (this.value == &quot;&quot;) {this.value = &quot;Tulis Pesan Kamu Di Sini..&quot;;}” onfocus=”if (this.value == &quot;Tulis Pesan Kamu Di Sini..&quot;) {this.value = &quot;&quot;;}” value=”Tulis Pesan Kamu Di Sini..”></textarea>
<input class=”contact-form-button contact-form-button-submit button-color” id=”ContactForm1_contact-form-submit” type=”button” value=”Kirim Pesan” />
<br />
Kami akan berusaha membalas pesan anda secepat mungkin dalam waktu 1 x 24 jam.<br />
Terima kasih,<br />
<div style=”max-width: 222px; text-align: center; width: 100%;”>
<div class=”contact-form-error-message” id=”ContactForm1_contact-form-error-message”>
</div>
<div class=”contact-form-success-message” id=”ContactForm1_contact-form-success-message”>
</div>
</div>
</form>
</div>
</div>

Cara Membuat Contact Us di Blog

Hasilnya seperti gambar di atas. Sederhana dan tampil lebih profesional.

Membuat Contact Us di WordPress

Jika kamu tidak ingin ribet, maka kamu dapat copy paste code HTML di atas pada laman wordpress dalam mode tex HTML. Kemudian, klik publikasikan. Untuk menghindari spam yang masuk karena biasanya menggunakan wordpress akan disertai serangan spam, maka kamu dapat menggunakan plugin Contact Form 7.

Fitur contact form 7 dilengkapi reCAPTCHA. Selain itu, penggunaannya sangat mudah. Cukup input kode dari contact form 7 di laman, single post atau di bagian lainnya. Kamu juga dapat membuat formulir kontak sesuai kebutuhan dengan field yang beragam.

Langkah membuat contact us di wordpress:

  1. Install plugin contact form 7 dan aktifkan plugin
  2. Pilih menu contact di sisi kiri, klik integration
  3. Kunjungi situs https://www.google.com/recaptcha/intro/index.html untuk mendapatkan kode site key dan secreat key. Klik admin console di sisi kananPengaturan Plugin Contact Form 7
  4. Isi data seperti gambar berikutreCaptcha Contact Form 7
  5. Copy kode site key dan secret key pada kotak isian contact form 7
    Site Key dan Secreat Key reCaptcha
  6. Klik menu add new pada menu contact form 7
  7. Kriteria form contact us dapat kamu tentukan sendiri. Misalnya dengan menambahkan filed input file, URL, drop down menu dan sebagainya. Tempatkan kursor di kotak isian dengan benar dan klik pilihannyaKotak Isian Contact Form 7
    Seperti di atas. Saya menambahkan field file. Sehingga, fitur contact form 7 nantinya memungkinan pengunjung untuk mengupload file. Selain itu, kamu juga dapat merubah bagian penting lainnya apda menu Mail, Messagesdan Additional Setting sesuka hati.
  8. Letakkan kode contact form 7 di single post, laman contact us, siddebar atau di manapun sesuai keinginanmuKode Contact From 7
  9. Selesai
Contact Us di WordPress

Hasilnya tampak seperti gambar di atas.

Baca: cara membuat disclaimer bahasa indonesia dengan mudah.

Cara membuat laman hubungi kami di wordpress memang terlihat sulit. Namun, langkah ini sangat efektif guna menghindari spam pesan ke email kamu. Silahkan pilih mana yang lebih mudah. Semoga tutorial membuat laman contact us yang telah saya sampaikan di atas dapat membantu.

Tinggalkan komentar