Cara Membuat Disclaimer di Blog Untuk Blog Adsense

Dalam pengertian secara singkat, disclaimer bearti sanggahan atau penyangkalan. Sanggahan terhadap apa ? Terhadap dari sebuah artikel, anjuran, ramalan, tulisan opini, barang riil, benda abstrak atau lainnya yang ditujukan kepada konsumen, pengunjung atau pengguna atau publik oleh si pemilik baik perorangan maupun secara kelompok.

Pada umumnya disclaimer dimuat dalam sebuah blog atau website. Namun, hampir semua produk barang dan jasa serta lainnya memiliki ketentuan berupa disclaimer.

Pada intinya, disclaimer berisikan kalimat pernyataan untuk melepaskan tanggung jawab dari pengguna, konsumen atau pemakai. Namun, tergantung dari isi disclaimer itu sendiri.

Seringkali kita melihat laman dislaimer pada sebuah blog atau website. Apa artinya ?

Disclaimer tersebut dibuat dengan tujuan untuk memberikan perlindungan hukum bagi si pemilik blog atau website sebagai pemberi informasi. Selain itu, si pembaca situs dianggap telah menyetujui dan menerima syarat serta segala ketentuan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut.

Jika kamu telah membuat laman disclaimer pada sebuah blog atau website, bukan bearti kamu dapat membuat isi content sesuka hati mu ya. Walaupun ada sebuah kalimat penyangkalan di dalam laman tersebut.

Contohnya begini : kamu telah membuat kalimat pernyataan bahwa seluruh isi content di dalam situs ini menjadi tanggung jawab pembaca. Jika ada akibat buruk setelah membaca artikel dari situs …… maka bukan tanggung jawab kami.

Namun, kamu membuat artikel tentang tutorial merakit buum nuekelir, tutorial cloning situs milik orang lain, dan sebagainya yang bersifat merugikan. Tentu saja ini melanggar hukum dan undang undang kepemilikan hak cipta.

Sehingga, tak ada gunanya laman disclaimer jika ada pihak yang dirugikan melaporkan masalah tersebut ke pihak berwajib. Jaksa dapat memutuskan bahwa kamu lah yang bersalah di mata hukum. Tentu saja kamu harus menerima konsekuensi berupa tuntutan hukum, ganti rugi dan sebagainya.

Maka dari itu, gunakanlah laman disclaimer dengan bijak.

Oke, kita kembali ke topik utama.

Menggunakan Dislaimer Generator

Khususnya blogger, jika ingin menjadi mitra google adsense pastinya ia harus membuat laman disclaimer di blog atau website yang ia kelola. Hal ini syarat wajib sebagai salah satu kelengkapan navigasi untuk memenuhi standar kebijakan google adsense.

Kesulitan untuk membuatnya ?

Tanpa ribet, tinggal isi data dan langsung jebret dislaimer blog untuk adsense langsung jadi. Ikuti langkah langkah di bawah ini:

  1. Kunjungi privacypolicyonline.com/disclaimer-generator
  2. Isi data sesuai gambar di bawah ini
    Membuat Diclaimer di Blog
  3. Copy paste kode HTML ke laman blog dalam mode HTML. Silahkan jika ingin merapikan tulisan agar enak di bacaDiclaimer Generator
  4. PublikasikanDislaimer Generator HTML

Sangat mudah dibuat, kurang dari 5 menit laman disclaimer sudah selesai dibuat.

Laman Disclaimer Bahasa Indonesia

Di sarankan sih, jika kamu selaku pemilik situs berisikan konten menggunakan bahasa Indonesia ada baiknya menggunakan disclaimer berbahasa Indonesia pula. Agar pengunjung mudah memaham. Cara ini juga diyakini akan mempercepat proses review adsense. Mitosnya sih begitu, tapi tak ada salahnya jika kamu mencoba.

Contoh :

Disclaimer situs aoglamedia.com

Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut atau memiliki pertanyaan tentang aturan situs Kami, jangan ragu untuk menghubungi Kami melalui email di redaksi@aoglamedia.com

Semua informasi pada website ini diterbitkan dengan itikad baik dan untuk tujuan informasi umum saja. Kami tidak membuat jaminan apapun tentang kelengkapan, realita, ajakan, saran medis dan akurasi dari informasi pada situs aoglamedia.com.

Setiap tindakan yang Anda ambil berdasarkan informasi yang Anda temukan di website ini (https://aoglamedia.com), adalah benar-benar risiko dan tanggung jawab Anda sendiri. Sehingga, selaku pemilik situs tidak akan bertanggung jawab untuk setiap kerugian dan atau kerusakan sehubungan dengan penggunaan situs Kami serta pemilik situs terbebas dari segala tuntutan hukum yang berlaku.

Dari website kami, Anda dapat mengunjungi situs – situs lain mengikuti tautan ke situs eksternal tersebut. Kami berusaha untuk memberikan hanya kualitas link ke situs-situs bermanfaat dan etis. Kami tidak memiliki kontrol atas isi konten dari situs – situs tersebut. Tautan link pada situs aoglamedia.com ke situs lain tidak berarti sebuah rekomendasi untuk semua konten yang ditemukan di situs ini.

Isi konten yang di baca oleh pengunjung pada situs aoglamedia.com dapat berubah sewaktu waktu tanpa adanya pemberitahuan kepada pembaca.

Perlu juga diketahui bahwa ketika Anda meninggalkan situs web kami, situs lain mungkin memiliki kebijakan privasi yang berbeda dan yang berada di luar kendali kita. Harap pastikan untuk memeriksa kebijakan privasi situs ini dan mereka pada laman dsclaimer atau terms of service, sebelum terlibat dalam bisnis atau meng-upload informasi.

Dengan menggunakan website kami, Anda Kami nyatakan telah membaca dan memahami serta setuju dengan segala ketentuan ini secara saksama agar dikemudian hari tidak terjadi kesalahpahaman pandangan dan prilaku terhadap data atau isi konten yang telah Kami berikan.

Kami memiliki hak atas kebijakan Kami sendiri untuk merubah, menghapus dan menambahkan materi yang Kami berikan/Kami dapat.

Laman Disclaimer ini dibuat pada Selasa, Maret 26, 2019.
Tertanda, admin situs aoglamedia.com

Itulah contoh disclaimer bahasa Indonesia yang dapat kamu copy paste langung di blog. Tinggal kamu tambahkan beberapa kalimat atau menghapus tautan situs blog aoglamedia.

Pertanyaan yang sering diajukan oleh blogger +62:

1. Apakah membuat laman disclaimer dengan cara generate aman untuk adsense?

Aman. Banyak orang telah membuktikannya. Kamu dapat mengecek di banyak situs terutama pada kalangan blogger. Mereka menempatkan adsense di dalam situsnya, sejauh ini aman. Namun, sangat dianjurkan untuk membuat laman disclaimer berdasarkan bahasa situs.

2. Membuat laman disclaimer dengan cara generate sulit diterima adsense?

Tidak. Berdasarkan pengalaman sendiri, saya pernah mendaftarkan blog yang pada laman disclaimernya saya buat dengan cara menggunakan generator disclaimer.

3. Apakah laman disclaimer wajib dicantumkan disebuah blog/website?

Tergantung situasi dan kondisi. Jika sebuah blog/website mendapatkan data data yang berasal dari user seperti email, lokasi, usia dan sebagainya, maka blog/website tersebut wajib melampirkan laman disclaimer terlebih lagi untuk mendaftar adsense.

Yuk baca: cara membuat contact us bahasa indonesia (di blogger dan wordpress).

Kamu juga dapat melihat video tutorialnya di bawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=IQmG5qUs_ng

Demikianlah cara membuat disclaimer di blogger dan wordpress dengan begitu mudah. Kurang dari 5 menit dan tinggal copy paste, maka laman disclaimer telah selesai dibuat. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa berikan komentar di bawah ya.

Tinggalkan komentar