Cara Mengecilkan Size Gambar Tanpa Software – Cuma 1x Klik

Terkadang dalam urusan tertentu, size gambar yang besar memberikan masalah bagi seseorang.

Misalnya saja, ketika ia ingin melamar kerja di sebuah perusahaan. Ada beberapa berkas wajib yang harus dilampirkan terutama gambar. Seringkali banyak orang mengalami masalah ini, gambar pas photo tidak dapat di upload karena size nya terlalu besar.

Atau jika kamu seorang blogger, tentu saja penggunaan ukuran size gambar di blog benar benar harus diperhatikan. Jika hal tersebut diindahkan, efeknya akan mempengaruhi kecepatan loading blog kamu dan pada akhirnya memperburuk nilai user experience blog kamu.

Bagaimana cara mengecilkan ukuran file gambar agar tidak terjadi hal tersebut ?

Kebanyakan orang pasti menggunakan bantuan sebuah software grafis seperti photoshop, adobe flash, pixresizer dan sebagainya. Atau menggunakan bantuan aplikasi di smartphone atau dengan tools yang ada di online.

Karena ketidaktahuan mungkin kita bisa mengatakan menggunakan bantuan aplikasi, software atau tools tersebut prosesnya sangat ribet.

Mau yang simple ?

Sederhanaya, kamu dapat menggunakan bantuan extentions chrome bernama “Image Compressor“.

Berikut cara mengecilkan gambar menggunakan Image Compressor:

  1. Buka aplikasi google chrome dekstop
  2. Kunjungi alamat ini https://chrome.google.com/webstore/. Tekan enter
  3. Lihat di sisi kiri atas, ketik di kotak pencarian dengan kata kunci “Image Compressor“. Tekan enter
  4. Klik tulisan “Tambahkan ke Chrome”. Tunggu proses instalasi hingga selesai
  5. Setelah selesai icon image compressor akan muncul di browser chrome pada pojok kanan atas, diatas bookmark. Cek di sisi kanan atas browser chrome, cari icon extentions “Image Compressor“. Kemudian klik
  6. Setelah di klik akan muncul seperti gambar di bawah ini. Yang perlu kamu lakukan adalah menyeret gambar ̶s̶e̶c̶a̶r̶a̶ ̶p̶a̶k̶s̶a̶ di kotak image compressor sebelah kiri. Kemudian, sesuaikan kualitas gambar, semakin kecil persentasenya maka size gambar akan semakin kecil pula.
    Setelah selesai mengatur persentase, klik tulisan “Compress”.Mengecilkan Gambar Hingga 3 kb Tanpa SoftwareContohnya seperti di atas. Gambar asli yang saya upload berukuran 71 kb, hasilnya 3 kb.
  7. Simpan gambar dengan cara klik kanan pada kotak sisi kanan. Pilih menu “Save Image As”. Sesuaikan namanya.
  8. Selesai

Jika kamu ingin menggunakannya lagi, cukup refresh browser.

Dibandingkan menggunakan software, aplikasi grafis atau tools online, cara ini lebih simple dan ga’ pake ribet.

Selain itu, tanpa harus kuatir gambar tersimpan diserver milik orang lain yang sewaktu yang sewaktu waktu mungkin saja disalahgunakan.

Bagaimana mudah bukan ?

Cara ini seringkali saya gunakan untuk melakukan optimasi SEO pada gambar. Lebih cepat dalam pengerjaannya. Kelebihan extention image compression ini yakni mudah digunakan, tanpa ribet tinggal drag dan 1 kali klik, kualitas gambar dapat disesuaikan dan tidak merubah dimensi gambar.

Simak video tutorial mengecilkan gambar di bawah ini:

Sedangkan kekurangannya, jika kamu merubah persentase gambar terlalu rendah, maka kualitas gambar akan menurun. Namun, sesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Selain itu, extention ini cuma terbatas, hanya terfokus untuk mengecilkan gambar saja. Sedangkan tools lainnya, mungkin dilengkapi fitur pendukung.

Saya rasa extention ini sangat membantu dan memudahkanmu terutama dalam urusan blogging.

Oke bro, ada pertanyaan ?

Eh, ngomong – ngomong cewek di atas cantik apa ga ya bro ? 😀

Tinggalkan komentar