Inventaris Berharga Sedang Dibuat Adsense, Ini Solusinya !

Kami menemukan beberapa pelanggaran kebijakan di situs Anda, yang bearti situs Anda belum siap untuk menampilkan iklan dikarenakan Inventaris berharga: Sedang dibuat.

Dari sekian banyak jenis email balasan penolakan yang diberikan oleh pihak Google Adsense kepada Blogger terhadap situs yang dikelola nya, salah satunya yang seringkali ditemukan adalah permasalahan Inventaris berharga sedang dibuat.

Buktinya, jika kamu mencari masalah ini di beberapa grup sosial media seperti facebook dengan kata kunci terkait, maka kamu akan menemukan banyak Blogger yang bertanya tentang hal ini.

Mungkinkah kamu saat ini sedang mengalami masalah itu ?

Bagaimana solusinya ?

Sebenarnya, terkait dengan masalah ini… sebuah solusi sudah diberikan oleh pihak Google Adsense secara langsung pada tautan https://support.google.com/adsense/answer/1346295?hl=id. Bahkan, solusinya juga sudah diberikan dalam bentuk video.

Sayangnya, kebanyakan Blogger enggan membaca atau karena “malas” membacanya atau bisa jadi karena ketidakpahaman mereka. Semoga kamu tidak termasuk dalam katagori Blogger yang “malas” membaca ya 😀

Secara garis besar, ini solusi yang diberikan oleh Google Adsense terkait dengan masalah Inventaris Berharga Sedang Dibuat.

Iklan dan materi promosi berbayar lainnya yang ditambahkan ke halaman tidak boleh melebihi konten. Selain itu, konten yang Anda sediakan harus memberi nilai tambah dan menjadi titik fokus bagi pengguna yang mengunjungi halaman. Oleh karena itu, kami mungkin membatasi atau menonaktifkan penayangan iklan di halaman yang tidak memberikan manfaat atau hanya sedikit manfaat dan/atau memiliki iklan berlebihan sampai halaman tersebut diubah.

Contoh halaman yang tidak dapat diterima termasuk, namun tidak terbatas pada:

  • Duplikasi, pembingkaian, penyalinan, atau penulisan ulang konten dari sumber lain tanpa memberikan nilai tambah;
  • Halaman yang berisi lebih banyak iklan dibanding konten dari penayang;
  • Konten yang dihasilkan otomatis tanpa peninjauan atau kurasi manual;
  • Halaman iklan yang di-hosting atau halaman tanpa konten;
  • Halaman yang tidak mengikuti Pedoman Kualitas Webmaster.

Solusi di atas mungkin bagi kebanyakan Blogger sulit dipahami karena disampaikan secara garis besarnya saja.

Namun di sini, saya mencoba menerjemahkan ke dalam bahasa yang mudah dipahami berdasarkan pengalaman saya sendiri. Simak solusinya berikut ini.

Cara mengatasi inventaris berharga sedang dibuat

1. Sebaiknya cabut iklan selain Google Adsense

Pada dasarnya jika kamu memiliki iklan selain Adsense yang ditayangkan disitus yang hendak didaftarkan Google Adsense tak menjadi masalah. Seperti kutipan di atas “Iklan dan materi promosi berbayar lainnya yang ditambahkan ke halaman tidak boleh melebihi konten“.

Hanya saja, terkadang iklan tersebut menampilkan konten yang dianggap melanggar oleh Google Adsense karena memuat iklan konten dewasa, iklan yang tidak responsive sehingga mengganggu tampilan mobile dan sebagainya.

Maka dari itu, sebaiknya iklan tersebut dicabut terlebih dahulu dari situs milikmu. Selanjutnya daftarkan kembali situsmu ke Adsense.

2. Konten situs wajib berkualitas

Di sini saya berbicara KONTEN ya, bukan artikel.

Konten itu cangkupannya luas, bisa artikel, gambar, tulisan dan sebagainya.

Jadi, segala hal yang ada di situs itu juga termasuk konten. Seperti yang dikatakan oleh di mbah, “Selain itu, konten yang Anda sediakan harus memberi nilai tambah dan menjadi titik fokus bagi pengguna yang mengunjungi halaman.

Nah, bagaimana dengan konten pada situs kamu ? sudah dikatakan berkualitas kah ?

Point point yang dimakdsud:

  1. Pastikan artikel disitus mu bukan berasal dari hasil SPIN, spintax, generate, translate, AGC, copas dan sejenisnya
  2. Pastikan artikel yang kamu tulis memuat kata kunci berbobot
  3. Pastikan gambar dibuat dengan ukuran sesuai dan responsif, tidak terlalu kecil atau besar
  4. Pastikan situs kamu memiliki cukup artikel, paling tidak berdasarkan pengalaman saya setidaknya sudah ada 10 artikel yang telah terindex
  5. Tata letak tulisan, penggunaan font, warna tampilan situs, penempatan gambar dan sebagainya harus rapi dan enak dilihat
  6. Memiliki kelengkapan navigasi situs yang baik

Point pentingnya kurang lebih begitu ya, tambahannya saya pisahkan dibagian bawah.

Untuk tambahan informasi, kamu juga dapat membacaranya di sini: https://support.google.com/webmasters/answer/2721306

3. Jangan ada laman 404

Laman 404 merupakan laman kosong. Search engine Google menganggap laman ini tidak memiliki kualitas sama sekali. Untuk mengetahui apakah situs kamu memiliki laman 404 atau tidak, segera lakukan pengecekan. Untuk mengeceknya, kamu dapat menggunakan bantuan situs https://www.brokenlinkcheck.com.

Segera perbaiki laman 404 jika kamu menemukannya.

Atau, jika kamu tidak ingin ribet.. alihkan saja semua laman 404 semuanya ke homepage. Tutorialnya ada di artikel sebelumnya tentang cara redirect 404 ke homepage.

4. Gunakan kode iklan adsense sewajarnya saja

Terkait dengan point, “Halaman yang berisi lebih banyak iklan dibanding konten dari penayang;“. Ini artinya, penggunaan kode iklan adsense pada saat review site cukup digunakan sewajarnya saja. Coba tempatkan kode iklan adsense di paragraf pertama dan akhir atau dengan tambahan 1 di sidebar kanan.

Hal ini juga terkait dengan tayangan iklan yang ada disitus milikmu selain Adsense. Jika tayangan iklan dalam satu laman jumlahnya banyak, juga dapat menyebabkan masalah Inventaris berharga sedang dibuat. Sebaiknya cabut semua iklan selain Adsense sebelum mendaftar.

5. Penuhi navigasi kelengkapan situs

Navigasi kelengkapan situs yang dimaksud dapat berupa tautan dan tampilan situs secara keseluruhan. Beberapa point penting tersebut diantaranya:

  1. Pastikan situs kamu sudah memiliki laman penting seperti contact, disclaimer, privacy policy, about
  2. Semua tautan yang ada disitus milikmu, pastikan berfungsi dengan baik. Tidak ada link kosong atau tautan 404
  3. Perhatikan menu navigasi, pastikan semuanya bekerja dengan baik. Responsive dan tidak mengganggu penampilan situs secara keseluruhan

6. Pastikan sudah ada artikel terindex

Point ini juga bisa dibilang sangat penting. Walaupun situs kamu memiliki banyak artikel, namun semua artikel tersebut belum terindex, Google Adsense akan menganggap situs mu hanya berisikan laman kosong yang tidak memiliki kualitas.

Cobalah daftarkan blog kamu ke Google Search Console (Google Webmaster). Ketika sudah didaftarkan, lihatlah status indeks situs dan indeks kata kunci. Jika keduanya sudah ada, lanjutkan untuk mendaftarkan Adsense.

7. Ikuti aturan maen

Mereka yang ingin tergabung ke dalam mitra Google Adsense, wajib mengikuti semua aturan sesuai dengan Pedoman Kualitas Webmaster, seperti yang telah disebutkan oleh pihak Google sendiri tentang masalah Inventaris Berharga di bagian “Halaman yang tidak mengikuti Pedoman Kualitas Webmaster.” akan di tolak.

Bicara tentang Pedoman Kualitas Webmaster cangkupannya sangat luas sekali.

Lagi lagi kamu harus mempelajari tentang hal ini dan jangan malas untuk membaca karena ini pengetahuan untukmu yang akan selalu berguna di kemudian hari.

Informasi lebih lanjut dapat kamu baca langsung pada tautan di bawah ini:

https://support.google.com/webmasters/answer/35769#3

Beberapa diantara point point tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Isi situs kamu dengan konten berkualitas, hindari copas, spin, translate, generate artikel dan sebagainya
  2. Pastikan situs kamu tidak memuat kata kunci terlarang seperti juddi, seeks, guanja dans sebagainya
  3. Tidak memuat konten yang mengandung unsur copyright seperti software bajakan dan sebagainya
  4. Hindari konten dengan pembahasan politik dengan unsur hoax, berita palsu dan sebagainya
  5. Dan sebagainya

Point di atas hanyalah kilasan saja. Lebih jelasnya dapat kamu baca pada tautan di atas.

Itulah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah inventaris berharga sedang dibuat.

Sepertinya ribet ya ? bisa dibilang begitu, bisa juga dibilang tidak.

Jawabannya tergantung dari usaha mu untuk memperbaiki masalah ini. Jika terus mengeluh, ya jadinya bakalan ribet.

Okelah… itulah beberapa solusi yang saya berikan untuk mengatasi masalah ini. Jika kamu memiliki pertanyaan terkait dengan tulisan ini, jangan malu malu untuk memberikan komentar pada artikel ini ya.. saya pasti akan membalas komentarmu.

Ditunggu lho…

Tinggalkan komentar