Istilah Google Adsense

Pengertian CPC, CPM, CTR, PPS dan Lainnya Dalam Google Adsense

Diposting pada

Pada awalnya ketika baru pertama kali mengenal Adsense, Saya sendiri sempat merasa bingung dengan beragam istilah dalam Google Adsense.

Benar sekali, jika Kamu telah diterima dan menjadi mitra periklanan Adsense maka Kamu akan merasa bingung dengan istilah CPC, CPM, CTR, RPM dan sebagainya pada saat membuka dasboard atau aplikasi Android Google Adsense.

Dikesempatan artikel ini, Saya berusaha menjelaskan istilah tersebut dengan bahasa yang mudah mudahan dapat dipahami.

Oke, Saya akan memulainya dari CPC terlebih dahulu, kemudian CPM, CTR dan RPM. Langsung gaspuooolll…

Pengertian CPC Adsense

Apa itu CPC ? CPC singakatan dari Cost per Klik atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Biaya per Klik atau BPK .Istilah ini digunakan untuk menghitung besaran biaya per klik iklan.

BPK adsense dapat ditentukan oleh banyak faktor seperti budget pengiklan, kata kunci yang digunakan, lokasi klik iklan, jenis iklan yang ditampilkan, kualtias situs dan sebagainya.

Perlu diketahui, nilai CPC per iklan hanya di ketahui pengiklan dan pihak Google saja. Sedangkan data yang ditampilkan oleh pihak ketiga diibaratkan seperti gambaran umum yang pada dasarnya data tersebut diambil dari Google Keyword Planner, sebuah tools riset kata kunci dari Google.

Akan tetapi, jika Kamu menginginkan nilai CPC tinggi setiap 1 klik iklan maka tak ada salahnya menggunakan Tools pihak ketiga. Walaupun tak 100% akurat, acuan itu setidaknya berdasarkan pendekatan dari beragam faktor yang telah dilakukan oleh expert SEO.

Pengertian CPM Adsense

Apa itu CPM? CPM bearti Cost Per Mille atau lebih mudah dipahami dengan istilah Cost per 1.000 Impression atau Biaya per Seribu.

Apa artinya ?

Publisher akan menerima pembayaran berdasarkan perhitungan setiap 1.000 penayangan iklan. Nilainya dapat bervariaasi berdasarkan sebuah ketentuan khusus.

Pengertian CTR dalam Adsense

Apa itu CTR ? Istilah CTR dalam Adsense bearti Click Through Rate atau Klik Tayang.

Artinya, nilai per klik iklan akan dibagi dengan jumlah tayangan iklan pada suatu laman artikel Blog/Website.

Sebagai contoh, jika pada suatu Blog/Website memiliki tayangan laman iklan sebanyak 1.000 kali dan mendapatkan 50 klik iklan, maka perhitungan CTR Adsense adalah (50/1.000) x 100% = 5%.

Pertanyaan umum yang seringkali diajukan, berapa ambang batas CTR yang aman dalam Adsense ?

Ada yang mengatakan dibawah 10%, 7% dan sebagainya. Ada pula yang mengatakan, selagi jumlah klik berasal dari trafik organik berasal dari penelusuran search engine, maka berapun pasti aman.

Fakta yang terjadi dilapangan dan pengalaman, pada umumnya jumlah klik yang berasal dari trafik organik jarang sekali yang bisa mencapai CTR di atas 15%. Kecuali dilakukan dnegan sengaja.

Bicara soal klik dengan sengaja, sebaiknya jangan pernah Kamu lakukan dengan alasan apapun. Bagaimana Google mengetahui ?

Algoritma Google dilengkapi dengan Artifical Intelegensi, dapat mendeteksi melalui perangkat yang digunakan seseorang, lokasi, cookies, prilaku user dan sebagainya.

Pengertian PPS laman dan Tayangan dalam Adsense

PPS juga disebut dengan RPM atau Rasio per Mille atau Pendapatan per 1.000 Tayangan. PPS menunjukkan angka taksiran penghasilan untuk setiap 1.000 tayangan iklan. Angkanya pun dapat berubah ubah, semakin tinggi jumlah tayangan iklan dan nilai CPC maka nilai PPS pun akan semakin tinggi.

Perhitungan PPS ditentukan berdasarkan membagi taksiran penghasilan dengan jumlah tampilan laman, tayangan iklan dan dikalikan dengan 1.000.

Pengertian RKT laman dan RKT tayangan

RKT atau Rasio Klik Tampilan terbagi menjadi dua, RKT laman dan tayangan.

RKT laman adsense adalah jumlah tampilan dari total keseluruhan laman yang dilihat oleh pengujung situs pada suatu halaman blog yang memuat iklan Google Adsense.

Sebagai contoh:

Banyaknya iklan yang terpasang pada suatu halaman/postingan suatu Blog sebanyak 3 unit iklan, kemudian halaman tersebut dilihat oleh pengunjung sebanyak 15 kali, maka tampilan lamannya adalah 15.

RKT laman adsense, tidak terpengaruh dengan jumlah unit yang dipasang. Jika unit iklan blank atau kosong, tampilan laman tidak dihitung.

Sedangkan, RKT tayangan adsense adalah banyaknya iklan adsense yang dilihat oleh pengunjung berdasarkan unit iklan dan jenis iklan. Besarnya nilai RKT tayangan adsense dipengaruhi dengan jumlah unit iklan yang terpasang pada suatu laman.

Sebagai contoh:

Jika pada suatu laman/artikel terdapat 3 unit iklan yang tampil (tidak blank) dilihat sebanyak 1.000 kali, maka RKT tayangan iklannya adalah 3 x 1.000 = 3.000 tayangan.

Pengertian klik pada Adsense

Klik pada Adsense menunjukan sebuah indikator banyaknya tayangan iklan yang di kunjungi oleh pengunjung situs. Semakin banyak klik tentu saja semakin baik karena akan mempengaruhi besarnya pendapatan yang diperoleh.

Dengan catatan jumlah klik tersebut berasal dari trafik organik bukan klik yang disengaja.

Pengertian taksiran penghasilan dalam Adsense

Menu taksiran penghasilan dalam Adsense menunjukkan jumlah perolehan penghasilan sementara yang diterima oleh publisher. Nilai realnya akan dihitung dalam durasi waktu 1 x 24 jam.

Taksiran penghasilan ini nilainya berubah ubah dipengaruhi oleh jumlah klik dikalikan dengan nilai CPC yang diperoleh.

Sebagai contoh:

Publisher adsense mendapatkan 100 klik iklan perhari dengan CPC $1,05, maka taksiran penghasilan yang diperoleh sebesar $105 perhari.

Pengertian saldo dalam Adsense

Saldo adalah nilai penghasilan akhir yang diperoleh dalam jangka waktu 30 hari masa kerja efektif. Saldo penghasilan di Adsense bersifat akumulasi, biasanya data tersebut akan diperbaruhi setiap tanggal 2 setiap bulannya.

Saldo adalah jumlah penghasilan akhir yang telah kamu peroleh dalam jangka waktu satu bulan mulai dari terakhir kali kamu melakukan pencairan Google Adsense (Withdraw).

Saldo akan diakumulasi tiap awal bulan sehingga saldo yang tampil saat ini belum termasuk dengan penghasilan yang kamu peroleh bulan ini.

Oke, Kita telah dipenghujung artikel…

Semoga dengan adanya tulisan ini, tak ada lagi pertanyaan terkait dengan istilah dalam Google Adsense. Namun, jika ada suatu pertanyaan tambahan lainnya, jangan sungkan untuk menuliskannya di bawah kolom komentar artikel ini.

Iyanto Raditya
Profile penulis: Seorang blogger dan master SEO kaleng kaleng kelahiran Bangka Belitung yang ga' bisa tidur kalau belum pageone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.