Ternyata Inilah 18 Kelebihan dan Kekurangan Dari Blogger.com

Apa itu blogger? blogger adalah layanan publikasi blog gratisan untuk sarana menulis di media internet yang dimiliki oleh Google. Dengan blogger, kita dapat membuat sebuah / banyak blog sebagai sarana untuk menyalurkan ide menulis, media untuk mempromosikan produk, media mencari uang dengan menempatkan iklan di dalam blog dan sebagainya.

Blogger.com atau blogger itu sendiri termasuk dalam katagori CMS yang paling banyak digunakan diseluruh dunia diantara banyaknya Content Management System yang ada seperti WordPress, Joomla, Wix, Drupal, Opencart, Prestacart dan sebagainya.

Saya sendiri termasuk pengguna CMS blogger karena ada beragam fitur menarik yang diberikan oleh Blogger.com jika dibandingkan CMS lainnya.

Walaupun demikian, hampir 2 tahun lamanya saya menggunkaan CMS blogger untuk keperluan blogging (aktivitas ngeblog dan bisnis online), ada beberapa kekurangan ketika saya menggunakan blogger.

Beberapa diantaranya saya rangkum di dalam artikel ini.

11 Kelebihan blogger.com

1. Blogger milik Google

Bisa dikatakan Blogger merupakan anak kandung dari Google. Menyandang status sebagai anak kandung, tentu saja Blogger mestinya mendapatkan perhatian khusus jika dibandingkan dengan CMS gratisan lainnya seperti wix, drupal, wordpress.com, moodle dan sebagainya.

Saya tidak mengatakan blogger.com lebih unggul dari segala hal.

Namun, skala prioritas itu pasti ada.

Misalnya saja jika dioptimasi dengan benar dalam hal SEO, antara menggunakan CMS blogger.com dan wordpress.com versi gratis serta lainnya, menurut saya platform Blogger lebih unggul (lebih cepat dalam hal index situs dan lainnya).

2. Terintegrasi dengan akun Google

Inilah salah satu kelebihan menggunakan platform Blogger yakni akun blogger dapat di integrasikan / dihubungan dengan akun Google lainnya, seperti Google Search Console, Google Analytic, Google Tag Manager, Gmail, Google Ads dan sebagainya.

Sedangkan, platform gratisan lainnya tidak bisa.

Kamu harus membuat akun Google terlebih dahulu untuk mengintegrasikan ke banyak layanan Google lainnya.

3. 1 Akun blogger dapat membuat ratusan blog

Jika ingin membuat banyak blog gratisan, gunakan saja CMS blogger. Karena di blogger.com akan memungkinkan penggunanya untuk membuat 500 blog dalam 1 akun blogger.

4. User friendly

Newbie, jika kamu baru kali pertamanya menulis di blogger atau pertama kali menggunakan blogger sebagai sarana untuk menulis, maka tak perlu kuatir dengan beragam kesulitan. Karena, blogger.com mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

5. Banyak pilihan template gratis

Template merupakan design tampilan situs. Di blogger, kamu dapat memilih beragam template blogger gratisan di menu template.

6. Pengguna dapat melakukan modifikasi design template

Jika kamu tidak menyukai tampilan default template blogger, maka kamu dapat melakukan modifikasi.

Namun, diperlukan keahlian khsusus untuk melakukan ini, seperti paham akan bahasa pemrograman HTML, javascript, CSS dan lainnya.

Jika itu tidak dimiliki, kamu dapat membeli template blogger premium sesuai keinginan di developer template terpecaya dengan harga bervariasi mulai dari Rp 100.000,- hingga Rp 300.000,-.

7. Mudah di optimasi

Apa kelebihan layanan blogger.com dibanding layanan blogging lainnya? Jika dibandingkan CMS gratisan lainnya, blogger merupakan CMS gratisan yang cukup mudah dilakukan optimasi SEO.

Seseorang pengguna dapat merubah ukuran font, warna situs, membuat meta tag, penambahan CSS, penghapusan javascript, penambahan kode tertentu ke dalam template dan sebagainya.

8. Dapat digunakan untuk sarana mencari uang di internet

Inilah salah satu alasan yang hingga kini membuat saya betah menggunakan blogger adalah subdomain blogger (blogspot) dapat didaftarkan / diikutsertakan ke dalam program periklanan Google Adsense. Dengan mengikuti program ini, kita dapat menhasilkan uang dari internet.

Baca yuk: Google adsense itu apa ya?

9. Gratis selamanya hingga kiamat

Blogger menyediakan semuanya serba gratis. Diantaranya, 15 GB disk space per akun blogger (hanya untuk keperluan menyimpan file foto saja), unlimited bandwidth (mau berapapun trafiknya pasti kuat anti jebol), gratis membuat 500 blog sampai dower, gratis subdomain blogspot, gratis bikin akun dan sebagainya.

Gratis hingga kiamat ? Mungkin saja begitu, kecuali Google bangkrut sebelum kiamat tiba.

10. Pengguna dapat merubah subdomain ke custom domain

Jika subdomain berupa blogspot kurang memberikan daya tarik bagi blog yang telah kamu gunakan dan kamu ingin menghilangkan embel embel blogspot, maka kamu dapat membeli domain di provider web hosting terpecaya. Kemudian lakukan custom domain di menu pengaturan.

11. Free SSL

Pada akhir tahun 2018 lalu, Google meningkatkan layanan blogger bahwa semua penggunanya dapat menikmati fitur SSL gratis.

SSL itu sendiri salah satu fungsinya untuk memberitahukan kepada pengguna bahwa situs ini aman bebas virus, malware dan sebagainya untuk dikunjungi.

7 Kekurangan menggunakan Blogger.com

Oke, itu dia kelebihan platform blogger.com yang telah kamu ketahui. Walaupun demikian, ada beberapa kekurangannya sebagai berikut:

1. Terindikasi non trusted

Di luar pengguna blogger banyak orang menilai ketika mereka membaca artikel untuk thema artikel tertentu seperti berita, kesehatan, teknologi, bisnis dan sebagainya di platform CMS blogger, sebagian besar dari mereka tidak mempercayai kebenarannya terhadap artikel yang telah mereka baca.

Hal ini dikarenakan ulah pengguna blogger itu sendiri.

Mereka menggunakan blogger subdomain blogspot untuk membuat content hoax, melanggar hukum dan sebagainya. Sehingga, ketika ada pembaca yang mengunjungi blogspot, seketika itu mereka tidak percaya tentang isi artikel di dalam blog tersebut.

Namun, tidak berlaku untuk niche tertentu seperti tutorial, resep, blogging dan sebagainya.

Untuk mengatas masalah ini, solusinya adalah dengan menghilangkan embel embel blogspot dengan membeli domain.

2. Catagory base bersifat statis

Salah satu alasan kenapa saya tidak menyukai blogger karena catagory base bersifat statis.

Apa itu catagory? Katagori sama seperti label blog digunakan untuk mengelompokkan artikel ke dalam bagian katagori tertentu.

Jika dibandingkan dengan wordpres selfhosting, di sana kita dapat membuat deskripsi pada label katagori dan tag secara dinamis, sesuai dengan keinginan kita.

Selain itu, jika catagory base di index, secara automatis wordpress self hosting akan membuat auto deskripsi. Dengan begitu, duplikat content dapat dihindari.

Sedangkan di blogger tidak memiliki fitur ini.

Saya pernah membuat label catagory dan tag di dalam template, namun harus menambahkan banyak meta tag condition pada template. Prosesnya sangat ribet, dan hasilnya statis dan bersifat monoton dengan kalimat cenderung sama.

Sehingga, sangat memungkinkan untuk terjadi duplikat content.

Maka dari itu, jika kamu menggunakan blogger, sebaiknya tidak mengatur catagory untuk di index.

3. Tag based tidak ada

Di blogger, label katagori dan tag menjadi satu. Inilah salah satu kekurangan blogger. Sedangkan di platform lainnya seperti wordpress selfhosting, keduanya dpaat dipisahkan.

4. Permalink kurang SEO

Mengapa saya kurang menyukai blogger.com? Itu dikarenakan struktur permalink terdiri dari format bulan dan tanggal dan tidak dapat di customisasi.

Contoh permalink blogger: https://aoglamedia.com/2019/09/contoh-permalink.html

Selain itu, basis extention nya juga html, tidak dapat dihapus karena ini sudah bawaan lahir. 😀

5. Jika ingin menambahkan/menghapus fitur di situs, harus edit template

Jika ingin mendapatkan banyak fitur dari sisi tampilan situs, maka hal ini sangat berkaitan erat dengan pemilihan template blogger.

Jika ingin mendapatkan fitur komentar disquss di blogger, maka kamu harus menambahkan kode tertentu di dalam template. Jika ingin menambahkan fitur sosial button di artikel, kamu juga harus melakukannya.

Begitu juga untuk fitur lainnya.

Maka dari itu, bagi yang tidak paham akan koding, sangat penting memilih thema dengan kelengkapan beragam fitur sesuai keinginan.

6. Terikat dengan peraturan

Jika kamu menggunakan blogger, itu artinya kamu telah menyetujui semua peraturan yang diberikan oleh Google.

Perasaan tidak ada peraturan begitu?

Kata siapa tidak ada?

Sebelum kamu mendaftar atau membuat Gmail, pernahkah kamu membaca laman persetujuan?

Maka dari itu bro, lain kali jangan di next next dan next terus, baca dulu peraturannya. 😀

Menggunakan = Menyetujui.

Kalau ga mau, ya jangan dipakai.

Gitu aja kok repot,

Maaf ya ngegas, becanda kok..

Menggunakan blogger bearti kamu telah menyetujui beragam persyaratan. Suka atau tidak suka, terpaksa atau tidak terpaksa, harus disetujui jika kamu ingin mengguakan layanan Blogger. Tak ada pengecualian.

7. Melanggar = Banned permanen tidak ada ampun dan tanpa pemberitahuan

Kekurangan blogger selanjutnya rentan akan banned.

Kamu harus berhati hati jika menggunakan blogger. Karena ada banyak kasus yang terjadi, blog yang dibuat menggunakan blogger dihapus begitu saja tanpa pemberitahuan.

Parahnya lagi, bukan cuma akun bloggernya saja yang musnah. Namun, lengkap dengan akun Gmail dan produk Google lainnya.

Jika ini musnah, bagaimana nasib login notifikasi akun lainnya, bisa jadi ikutan lenyap juga. Karena tidak dapat mengirimkan notifikasi kode verifikasi, kemungkinan akun lainnya yang terhubung dengan Gmail juga akan hilang dan tidak bisa diakses.

Maka dari itu, ketika kamu menggunakan blogger, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Hindari mempublikasikan artikel tentang hoax, berita politik, software bajakan, content plagiat dan sebagainya
  2. Tidak mempublikasikan content melanggar hukum DMCA seperti mempublikasikan hak cipta orang lain seperti musik, video dan sebagainya
  3. dan aturan lainnya.

Untuk menghindari penghapusan akun secara permanen, sebaiknya kamu menghndari hal tersebut.

Walaupun, dalam 1 akun blogger dapat membuat 500 blog.

Namun, saya tidak menyarankan hal itu, Karena jika 1 blog ada indikasi melanggar kebijakan blogger, maka blog lainnya akan kena imbasnya. Jika 1 akun di blogger di banned permanen, maka lenyap sudah semua blog yang ada di akun blogger tersebut.

Tinggalkan komentar