Membuat Open New Tab Link di Semua Tautan Website

Open New Tab Link adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuka tautan atau link yang ada di sebuah website dalam tab baru pada browser mereka. Ketika pengguna mengklik tautan dengan menggunakan fitur ini, tautan tersebut akan dibuka di tab yang baru, sementara tab yang sedang aktif akan tetap terbuka. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menjaga organisasi dan navigasi yang lebih baik saat menjelajahi berbagai konten di web.

Dengan menggunakan fitur Open New Tab Link, pengguna dapat mengakses tautan baru tanpa harus meninggalkan atau menggantikan tab yang sedang mereka lihat. Ini sangat berguna ketika ingin membuka beberapa tautan sekaligus tanpa harus kehilangan tab yang sedang dibuka sebelumnya. Pengguna dapat dengan mudah kembali ke tab sebelumnya dan menjelajahi konten lainnya tanpa harus kehilangan jejak atau terganggu oleh tab baru yang terbuka.

Fitur Open New Tab Link juga membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam menjelajahi web. Dengan membuka tautan dalam tab baru, pengguna dapat menjaga alur kerja mereka tanpa terganggu oleh halaman baru yang tiba-tiba terbuka. Mereka dapat secara mudah beralih antara tab yang berbeda, membuka dan menjelajahi konten baru tanpa harus meninggalkan tab utama yang sedang mereka gunakan.

Cara membuat semua link di website menjadi open new tab link

Pada umumnya untuk membuka tautan link yang terdapat pada suatu situs yakni seorang pengguna harus melakukan klik kanan pada tautan tersebut, kemudian link akan terbuka pada tab browser baru. Jika seorang pemilik situs ingin membuat sebuah tautan menjadi open ne tab pada browser, langkahnya sangatlah mudah yaitu cukup menempatkan attribut target = “_ blank” .

Namun, cara tersebut berlaku secara manual.

Bagaimana jika Saya ingin menerapkannya pada semua bagian navigasi situs secara otomatis tanpa harus merubah attribut URL yang sudah ada ?

Ikuti langkah langkah di bawah ini:

Open new tab pada Blogger

Langkah langkah:

  1. Login ke dasboard blogger dan pilih edit HTML
  2. Temukan kode </head> atau &lt;/head&gt;&lt;!–<head/>–&gt;
  3. Tempatkan kode di bawah ini tepat di atas kode nomor 2
    <base target=’_blank’ />
  4. Simpan template

Open new tab pada WordPress self Hosting

Langkah langkahnya:

  1. Login ke dasboard wordpress
  2. Pilih menu tampilan – thema editor
  3. Temukan berkas file thema header.php
  4. Temukan kode </head>
  5. Tempatkan kode <base target=’_blank’ /> diatas </head>
  6. Simpan thema

Lihatlah perubahannya dengan cara merefresh halam tertentu.

Perlu diketahui, dengan menerapkan cara di atas bisa jadi kemungkinan angka bounce rate akan menurun dan bisa jadi pula angka bounce rate akan meningkat drastis. Maka dari itu, jika bounce rate meningkat maka sebaiknya cara di atas tidak dilakukan karena akan memperburuk kualitas SEO dari suatu situs.

Jadi, penerapan cara di atas perlu dilakukan pemantauan pada data google analytic situs untuk melihat sejauh mana perubahan rasio bounce rate sebelum dan sesudah di tempatkan code di atas.

Semoga bermanfaat…

Tinggalkan komentar