Resep Kolak Pisang Mutiara Enak dan Mudah

Biasanya kolak pisang kerapkali disajikan pada menu hidangan pembuka ketika waktu berbuka puasa telah tiba. Biasanya pula, makanan yang satu ini paling laris dijajakan oleh pedagang takjil dipinggiran jalan. Bukan bearti dihari hari biasa kamu tidak bisa menikmati lezatnya kolak pisang.

Diartikel ini, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah. Lagi pula, resep kolak pisang yang satu ini dijamin enak dan proses pembuatannya 100% tanpa ribet dan cepat.

Ada yang berbeda, yaitu kita akan menggunakan sagu mutiara dengan tujuan menguatkan rasa, kekentalan kuah dan tekstur, beraroma lebih wangi dari kolak pisang yang akan kita buat nantinya. Selain itu, rasanya akan kenyal kenyal di lidah.

Bahan – bahan:

  • 700 ml air bersih
  • 250 ml santan kelapa kental
  • 200 gram gula merah (serut halus)
  • 5 buah pisang nangka agak matang (potong sesuai selera)
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 sdm tepung maizena (larutkan dengan sedikit air)
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat kolak pisang mutiara:

  1. Cuci dengan air bersih sagu mutiara dan rendam selama 15 menit. Kemudian, tiriskan
  2. Sediakan panci, tuangkan air ke dalamnya. Masukkan gula merah, vanili, daun pandan. Selanjutnya didihkan sambil mengaduk hingga gula merah mencair sempurna
  3. Masukkan pisang. Rebus selama 10 menit
  4. Gunakan api sedang, masukkan sagu mutiara dan tepung maizena. Aduk hingga mendidih dan angkat
  5. Pembuatan kuah santan, rebus santan bersamaan dengan daun pandan hingga mendidih. Dalam proses perebusan harus kamu aduk terus agar tidak mengumpal
  6. Angkat

Baca: cara membuat kolak ubi ungu.

Apakah dapat digantikan jenis pisang lainnya?

Ya, kamu dapat menggantinya dengan jenis pisang lainnya seperti pisang kepok.

Kamu Tata cara penyajiannya yaitu sediakan mangkuk hidangan dengan didalamnya terdapat pisang dan sagu mutiara. Kemudian, sirami dengan kuah santan.

Oya, kamu juga dapat menambahkan bahan lainnya seperti kolang kaling guna menambah cita rasa dari kolak pisang ini. Sajikan dalam keadaan hangat atau dingin dengan cara menambahkan es batu ke dalamnya.

Tinggalkan komentar