Sulit Melupakan Mantan Gebetan Tersayang ? Lakukan 7 Hal Ini

Sudah mantan masih ada embel embel kata tersayang. Hmm.. yang benar saja. Kelihatannya ini aneh, akan tetapi it’s real. Banyak kok orang mengalaminya, termasuk saya waktu itu. Haha…

Namun, syukurlah perlahan lahan saya bisa melupakan memori tentangnya dan tidak berlarut dalam kesedihan terlalu lama.

Menjalin hubungan percintaan yang sudah terjalin cukup lama, kemudian sepakat mengakhiri dengan kata putus tidak begitu saja menyelesaikan masalah beban pikiran. Luapan ingatan berupa kenangan bersamanya terkadang muncul dan memberikan perasaan emosional kesedihan dan penyesalan.

Di hari hari pertama putus, kemudian hitungan minggu dan beberapa bulan pertama setelah putus dengannya, perasaan itu menurut saya wajar saja. Namun, hal yang tidak wajar ketika kesedihan dan rasa penyelasan tersebut datang terus menerus. Bukan tidak mungkin kondisi ini akan mempengaruhi kesehatanmu dan memberikan tekanan psikis.

Tips cepat move on dari mantan

1. Mencari kesibukan baru

Hari pertama putus saya merasakan keanehan pada diri sendiri. Biasanya, mau pergi jalan jalan ada yang menemani, berangkat kuliah ada yang nganterin. Namun, sekarang terasa sepi. Untungnya mantan saya dulu tidak satu tempat kuliahan, kalau tidak. Hmm..

Jika kamu merasakan hal seperti itu, jangan biarkan dirimu terlalu lama larut dalam memori masa lalu. Memang cukup sulit melupakannya, apalagi melihat orang asyik pacaran duduk berduan. Nyebelin banget, karena memori kenangan bersamanya pasti muncul.

Perlahan lahan cobalah kamu mencari kesibukan baru dan jangan terlalu menghabiskan waktu dengan menyendiri. Walaupun sebenarnya sulit, karena bawaan orang putus itu cenderung tidak semangat.

Aktivitas yang dapat kamu coba misalnya mencari kerjaan sampingan, mengikuti kursus memasak, mengikuti kegiatan ekstra kurikuler, berkumpul dengan teman, pergi liburan bersama teman teman dan sebagainya.

Dengan begitu kamu dapat melupakannya.

2. Hapus kenangan tentangnya

Saya sendiri pernah mengurung diri hampir seharian dan waktu itu cuma makan 1 kali aja.

Beberapa hari setelah putus dari mantan, saya lebih banyak menghabiskan waktu di dalam kamar. Sering menyendiri dan larut dalam kesedihan.

Kemudian, disuatu hari saya mencoba memberanikan diri untuk menghapus semua kenangan bersamanya. Apa yang saya lakukan ?

Beberapa diantaranya adalah menghapus semua foto bersamanya di akun sosial media, membereskan semua barang barang pemberiannya yang ada di dalam kamar dan menghapus semua foto di drive laptop dan smartphone.

Memang berat, bahkan saya tak habis menetes air mata waktu menghapus file foto. Cukup berat, karena ada rasa penasaran untuk membuka file foto tersebut, ketika melihatnya maka kenangan itu muncul.

Tetapi, harus saya lakukan walaupun harus pake acara nangis nangis.

Jika kamu ingin melakukannya, ketika ingin menangis jangan ditahan. Luapkan saja rasa itu. Menangislah hingga hatimu merasa tenang. Namun, dalam waktu itu saja.

3. Jangan pernah “kepoin” mantan

Setelah putus dalam waktu beberapa hari atau minggu dan setelah sekian lama tidak menjalin komunikasi, pastinya ada rasa penasaran kita dengan mantan.

Misalnya,

  • eh dia lagi ngapain ya ?,
  • dia udah punya pacar belum ya ?,
  • pacarnya siapa ?
  • kesibukannya apa ?
  • kok dia sudah punya pacar,
  • temen aku lagi ?
  • dan sebagainya.

Sebaiknya, hilangkan rasa ingin tahu secara berlebihan tentang mantan. Karena pikiran itu akan membuatmu sulit melupakan mantan.

4. Jangan membenci mantan

Ingin cepat move on dari mantan terindah, solusinya bukan bearti kamu harus membencinya. Justeru rasa benci dan balas dendam akan mengikat pikiranmu dalam kebencian tak berujung dan sulit dilupakan serta membuat hidup tak tenang.

Melihat mantan sudah punya pacar duluan apalagi pacarnya adalah teman kita sendiri, biasanya akan timbul rasa benci dan dendam. Jangan biarkan diri mu terbawa dalam perasaan ini.

Atau selama waktu pacaran dulu, dia telah membuat banyak kesalahan kepada diri mu. Cobalah untuk memaafkannya dan berikan kerelaan untuk mengakhiri semuanya. Jadikan momen tersebut sebagai palajaran untuk kehidupan di masa mendatang.

5. Lihatlah masa depan, belajar mengikhlaskan dan buka hati

Untuk segera move on dari mantan memang membutuhkan waktu dan itu tidak bisa berlangsung dengan cepat. Imposible !

Setelah melewati ke empat tips di atas, langkah selanjutnya adalah melihat masa depan. Kamu harus menyadari bahwa statusmu saat ini tidak bersama dengannya lagi. Jadi, cobalah berusaha untuk tidak mengingat kenangan masa lalu bersamanya secara perlahan lahan.

Jadikan kenangan itu sebagai pelajaran hidup bagi dirimu dan bukan suatu memori kenangan yang kamu perjuangkan untuk diulang kembali.

Mulai saat ini, ikhlaskan semuanya segala hal yang terjadi di masa lalu bersamanya. Tanamkan pada dirimu saat ini, kehidupan yang berlangsung saat ini semuanya sudah digariskan oleh sang hyang pencipta termasuk urusan jodoh.

Selain itu belajarlah untuk membuka hati dengan sosok baru. Walaupun sulit, lakukan perlahan lahan. Namun, jika kamu belum siap akan hal ini tak perlu terlalu dipaksakan hingga bertemu pasangan yang pas menurut pilihanmu.

Tetapi, percayalah suatu waktu akan ada cinta sejati yang di kirimkan Tuhan untukmu.

6. Berdamai dengan diri sendiri

Kenapa saya harus putus dengannya waktu itu ? mengapa dia memutuskan aku ? apakah saya memiliki kekurangan atau kesalahan ? sekarang dia telah sukses, seandainya saat ini aku masih bersamanya pasti aku bahagia ?

Jika kamu memiliki sederetan pertanyaan itu dalam benakmu, itu beari kamu belum mengikhlaskannya.

Mulai sekarang, cobalah belajar untuk mengikhlaskannya. Waktu lalu biarkanlah berlalu dan hanya dijadikan pelajaran hidup yang tidak akan terulang kedua kalinya.

Walaupun ada rasa bersalah dalam diri sendiri, cobalah untuk memaafkan kesalahanmu sendiri. Jangan pernah melampiaskan rasa bersalahmu kepada orang lain atau berbuat hal hal merugikan orang lain atau merugikan dirimu sendiri.

Lebih baik, lakukan kegiatan positif dan berdamailah dengan diri sendiri.

Dalam pandangan Islam, kamu dapat memperbanyak aktivitas ibadah. Begitu juga dengan agama lainnya, cobalah mendekatkan diri kepada Tuhan dan cari kedamaian hati di sana.

Kamu juga dapat berlatih yoga ataupun meditasi untuk menghilangkan pikiran negatif dalam dirimu.

Hingga saat ini saya sering melakukannya. Ketika ada permasalahan berat yang saya hadapi, saya berusaha berbicara kepada diri sendiri dengan melakukan meditasi beberapa saat dan tentunya memperbanyak ibadah agar pikiran menjadi tenang.

7. Pindahan

Hmm.. cara move on dari mantan berikutnya tergolong ekstrem. Solusinya adalah pindahan. Pindah kemana ? ke planet mars juga boleh, haha…

Saya sendiri belum pernah melakukannya dan tips ini bersifat optional saja. Akan tetapi sebaiknya tidak kamu coba atau boleh juga kamu coba jika kenangan bersama mantan sudah berlangsung kronis. Kayak penyakit aja pake kronis segala… 😀

Pindahan mencari kehidupan baru mungkin bisa kamu coba.

Misalnya, pindahan rumah, pindah kontrakan, sekolah dan sebagainya. Namun, kamu harus siap mental menjalani segalanya dengan kehidupan baru. Teman baru, lingkungan baru dan lainnya. Semuanya tergantung kamu jika ingin mencoba cara ini.

Itulah beberapa cara move on dari mantan tersayang ala ghea. Hmm.. 😀  lebih baik kamu mencoba semuanya kecuali bagian akhir. Namun, kalau cuma pindahan kos sih bisa kamu lakukan.

Pada intinya untuk move on dari mantan berawal dari kebulatan tekad. Dimana ada niat dan rasa ikhlas untuk menerima setiap permasalahan yang ada dan selalu yakin ada solusinya, semua permasalahan akan teratasi.

Jika kamu punya cerita gagal move on, coba donk tulis komentarnya di bawah artikel ini.

Barangkali ketika orang lain membacanya, bisa ikut memberikan solusi permasalahanmu.

Tinggalkan komentar