Hidupmu Seperti Zombie ? Inilah 7 Alasan Mengapa Passion Penting Untuk Gairah Hidup

Apakah kamu pernah merasakan kalau hidup ini begitu monoton?

Bekerja sehari-hari terkadang hanya sebagai topeng dan menjaga gengsi agar tidak dicap sebagai pengangguran.

Berusaha menebar senyum selebar lapangan bola setiap bertemu dengan orang lain dan mengaku bahagia dengan pekerjaan yang dilakoni, padahal hati berteriak ingin terbebas dari belenggu aktivitas sehari-hari yang tidak disukai.

Setiap hari berangkat pagi dan pulang malam dari Senin sampai Jumat.

Sabtu dan Minggu serta hari libur dipakai sebagai ajang balas dendam untuk tidur sepuas-puasnya atau sesekali beraktivitas bersama teman-teman.

Senin pagi merupakan hari yang paling dibenci dan Jumat sore merupakan waktu yang ditunggu-tunggu.

Berangkat kerja bukan karena senang dan cinta namun hanya untuk menjalankan kewajiban atau bahkan mungkin terpaksa.

Hidup diibaratkan seperti zombie, hampa makna, terjebak rutinitas yang tidak disukai, menjenuhkan dan miskin kreativitas.

Kalau itu terjadi pada kamu semua, bisa jadi salah satu pertanda kalau kamu bekerja tidak sesuai dengan passion yang kamu miliki.

Kalau orang bekerja sesuai dengan passionnya, seolah-olah dia tidak mempunyai rasa lelah.

Energi dan semangatnya seakan tidak ada habisnya seperti deburan ombak yang tak pernah bosan menggapai bibir pantai. Orang yang bekerja sesuai passionnya tidak pernah mengenal kata lelah, menyerah apalagi bosan.

Menurut Career Coach Rene Suhardono, passion itu adalah segala hal yang sangat disukai atau diminati oleh seseorang sehingga ia tidak pernah berpikir untuk berhenti mengerjakannya. Passion adalah segala macam wujud keunikan (keistimewaan) yang dimiliki dan dirasakan oleh seseorang.

1. Membuat selalu bersemangat untuk beraktivitas

Passion membuat kamu mempunyai energi yang berlimpah dan seakan tiada batas, sehingga membuat kamu bersemangat dalam melakukkan setiap aktivitas.

Layaknya orang yang jatuh cinta dan berusaha dengan segenap kemampuannya untuk mendapatkan “gebetan” impiannya. Semakin besar tantangan serta masalah yang menghadang justru membuat kamu semakin kreatif untuk menaklukkannya.

2. Merasa tidak sedang bekerja

Karena yang kamu kerjakan adalah aktivitas yang membuatmu enjoy dan senang, maka kamu merasakan sedang tidak bekerja.

Kamu serasa mengerjakan hobi yang kamu sukai tetapi menghasilkan uang dan materi yang berlimpah. Siapa sih yang tidak mau merasakan sensasi “bermain” namun menghasilkan?

3. Membuat hidup mengalami kemajuan dan terus berkembang

Otomatis karena aktivitas tersebut memang kamu sukai dan cintai maka kamu juga akan selalu berusaha mengupgrade kemampuan dan ilmu yang kamu miliki agar tidak ketinggalan.

Selain itu kamu juga akan semakin tertantang untuk menemukan cara-cara baru agar pekerjaan dan aktivitas yang kamu geluti itu menjadi semakin menyenangkan.

4. Akan selalu fokus dan semangat bekerja

Ketika kamu melakukan sesuatu yang memang menjadi “belahan jiwa”-mu maka pastinya konsentrasi dan energi akan tercurah secara maksimal.

Bahkan kamu akan berusaha menyelesaikannya sebelum deadline yang ditentukan tetapi dengan hasil yang melebihi ekspektasi orang lain.

5. Kemana saja sih oke, selalu ada banyak pilihan

Biasanya orang-orang yang belum menemukan passion dalam hidupnya akan bingung dalam menentukan pilihan baik itu ketika menempuh pendidikan maupun dalam dunia kerja.

Karena mereka tidak mengetahui minat dan potensi besarnya ada dimana. Sehingga akhirnya asal pilih dan tidak menikmati dalam menjalaninya. Berbeda sekali dengan orang yang sudah tahu akan passionnya, mereka dapat dengan mudah menentukan jawabannya diantara ribuan pilihan yang ada di depan mata.

6. Terhindari dari stres

Sebagian besar orang di luar sana mungkin saja merasakan ketidakyamanan dari sebuah pekerjaannya yang dijalaninya. Hanya saja, rasa tersebut terkadang disimpan dan dipendam dan hanya ia sendiri yang mengetahui. Beberapa penyebabnya seringkali oleh tuntunan sebuah tugas dan tanggung jawab, sering terkena teguran oleh atasan dan sebainya.

Jika kamu bekerja berdasarkan passion, bukan tidak mungkin kamu justru tidak akan pernah mengenal apa yang namanya stress, karena setiap pekerjaan dan aktivitas tidak ada yang menjadi beban. Justru semua itu membuat kamu semakin kreatif dan bisa menyelesaikannya sesuai dengan deadline yang ditetapkan.

7. Sebagai bentuk rasa syukur pada Tuhan

Kalau kamu diberikan hadiah spesial oleh pacar dan orang yang kamu sayangi, apa yang akan kamu lakukan dengan hadiah tersebut?

Pastinya dengan maksud menghargai pemberian dan menunjukkan rasa terimakasih, kamu akan menggunakan serta memakai hadiah tersebut.

Begitu juga dengan passion, sebagai suatu anugerah dari Sang Maha Pencipta kepadamu, maka sudah menjadi sebuah kewajiban bagi kamu untuk mengoptimalkan anugerah tersebut dengan berbagai kelebihannya dalam kehidupan ini.

Itu adalah sebagai salah satu wujud rasa syukur dan terimakasih sebagai makhluk kepada penciptanya.

Jadi supaya hidupmu tidak seperti zombie lagi maka segera temukan passionmu dan bekerja sesuai passion tersebut. Karena dengan bekerja sesuai passion semangat dan energimu akan selalu full.

Dan hasil yang didapat pun akan maksimal. Selamat mencoba …!!!

Tinggalkan komentar