Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Sering Berfikir Negatif ? Coba Lakukan 9 Hal Berikut Ini

Diposting pada

Pola pikir pada dasarnya merupakan sebuah respon emosional terhadap segala aktvitas sehari hari yang kita lakukan. Dari pola pikir inilah yang akan mengubah kondisi kesehatan dan kualitas hidup kita di masa mendatang, pada akhirnya akan membentuk sebuah karakter atau kepribadian.

“Kekuatan berpikir positif” merupakan konsep populer yang telah lama dikenal. Dengannya dapat memberikan kita lebih banyak kepercayaan ini. Ini telah dibuktikan secara ilmiah melalui serangkaian penelitian yang mampu mengatasi mengatasasi beragam permasalahan kesehatan seperti hipertensi, depresi, stress dan sebagainya.

Terkadang tak semua orang mampu melakukannya karena pemikiran mereka terbagi.

Nah, jika kamu ingin menjadikan hidupmu selalu dipenuhi dengan pemikiran positif, di artikel ini saya akan memberikan tips sederhana untuk mencapai itu semua.

1. Mulai hari dengan penegasan positif

Selalu Berfikir Positif

Pernahkah kamu melakukannya, di waktu pagi hari dan mengalami terlambat bangun ? Kemudian merasa tidak begitu baik di sepanjang hari ?

Banyak orang mengalami hal tersebut, ini dikarenakan mereka memulainya dengan hari dipenuhi emosi negatif dan pandangan pesimis. Mungkin kamu mengalami hal yang sama ?

Untuk mengatasi masalah tersebut, mulailah merubah itu semua. Awali hari dengan afirmasi positif.

Bicaralah pada diri sendiri di depan cermin. Mungkin itu terasa agak konyol dan terkesan gila.

Namun cara itu sangat baik dilakukan dan memberikan perubahan begitu besar.

Teknik lainnya, kamu juga dapat melakukan meditasi di waktu pagi atau hari panjang selama 20 menit dengan cara yang sama yakni berbicara dengan diri sendiri.

2. Fokus dengan hal baik walaupun itu sangat kecil

Fokus Menatap Masa Depan

Setiap orang tentunya menghadapi banyak tantangan dan masalah dalam hidupnya, sehingga mengatakan “kenapa hariku selalu dipenuhi masalah ?“.

Ketidak sempurnaan pasti selalu ada dan itu tidak bisa dihilangkan pada setiap orang.

Untuk menghadapi kondisi seperti itu, tetaplah fokus dan selalu mengambil setiap manfaat dari beragam permasalahan hidup yang kamu alami. Tidak peduli, seberapaun kecilnya atau walaupun hal itu tidak penting menurutmu.

Contohnya saja,

Jika kamu mengalami kemacetan, cobalah untuk mengambil manfaatnya. Mungkin kamu dapat mencoba mendengarkan musik kesukaanmu, menonton video yang bermanfaat dan lainnya.

Atau jika kamu kehabisaan makanan disaat berbelanja di toko, mengapa tidak mencoba sensasi makanan yang baru ?

3. Melawan pikiran negatif dan dapatkan kesadaran

Melawan Pikiran Negatif

Pikiran negatif akan selalu ada selama kita masih hidup, dimana pun dan kapanmu.

Ia akan muncul secara tiba tiba.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, hal utama yang perlu dilakukan adalah identifikasi karakter diri kita masing masing.

Pahami pola berfikir kita.

Misalnya, apa yang menjadi pemicu yang dapat menimbulkan emosi marah pada dirimu ? Apa yang menyebabkan kamu tidak semangat dalam bekerja ? apa yang membuat kamu sedih ?

Beberapa pertanyaan di atas termasuk ke dalam luapan emosi negatif.

Mulai saat ini cobalah kendalian pikiran negatif tersebut dengan cara meningkatkan kesadaran diri.

Caranya cukup mudah, namun prakteknya cukup ulit dilakukan.

Ajak dirimu keluar dari pikiran.

Bagaimana bisa ?

Ya, kamu dapat keluar dari pikiran. Jangan sampai pikiran yang mengendalikan kita. Justeru sebaliknya, pikiran harus mampu kita kontrol.

Sederhananya, kamu dapat melihat apapun di sekelilingmu, buku dan objek di sekitar.

atau apakah selama ini kamu sadar udara yang masuk ke dalam hidung ? apakah kamu sadar ketika mata berkedip ? apakah kamu menyadari ketika jantungmu berdetak ?

Beberapa cara di atas adalah diantara teknik untuk keluar dari pemikiran negatif.

4. Temukan keceriaan ketika berada dalam situasi terpuruk

Temukan Keceriaan Dalam Hidupmu

Terkadang ketika kita mendapatkan masalah, seketika itu juga kita akan mengalami kesedihan dan terlalu banyak tekanan di dalam pikiran.

Misalnya saja hal yang paling menakutkan, di PHK oleh pimpinan perusahaan.

Ingatkan kepada diri mu sendiri, bahwa situasi tersebut akan berlalu dan akan menjadi cerita baik di masa mendatang untuk dijadikan pengalaman bagi dirimu dan orang orang disekitarmu.

Bayangkan saja dan yakin bahwa di hari esok kamu akan menemukan sesuatu hal yang baru dan jauh lebih baik dari kemarin. Untuk menghilangkan rasa kesedihan dan pola pikir negatif di saat itu kamu dapat memikirkan sesuatu hal yang lucu tentang hidupmu yang pernah kamu jalani.

Berbagi cerita tentang permasalahan hidupmu ke orang terdekat atau pasangan hidup akan membuatmu jauh lebih baik dan cukup efektif untuk menghilangkan pemikiran negatif.

5. Merubah kegagalan menjadi sebuah pelajaran bearti

Merubah kegagalan menjadi sebuah pelajaran

Perlu kamu ketahui bahwasanya tidak ada kata kesempurnaan.

Setiap orang pernah melakukan kesalahan dan kegagalan dalam hidupnya.

Kegagalan dapat terjadi dalam berbagai konteks, terjadi dalam dunia pekerjaan, salah dalam mengambil keputusan dan sebagainya.

Hal itu tidaklah begitu penting !

Yang terpenting adalah jadikanlah setiap kegagalan sebagai sebuah proses untuk menuju ke arah kedewasaan dan merubah hidupmu menjadi lebih baik. Karena kegagalan adalah pelajaran yang sangat berharga dalam hidup seseorang.

Banyak orang sukses dalam setelah ia mengalami kegagalan sebanyak 2 kali, 3 kali, 10 kali, bahkan hingga ratusan kali. Nicola tesla saja pernah melakukan kegagalan sebelum ia menemukan bola lampu dan masih banyak contoh lainnya.

Mereka saja bisa, maka tanamkan pola pola pikir positif pada diri sendiri “seharusnya aku juga bisa seperti mereka“.

6. Fokuslah pada masa sekarang

Fokuslah pada masa sekarang

Banyak orang terjebak dengan kondisi yang terjadi pada masa lalu yang ia hadapi.

Misalnya, ketika ia dimarahi oleh atasan. Pikiran tersebut akan terbawa ketika pulang dari kerja, bahkan di hari esoknya ia akan memikirkan hari itu.

Pemikiran semacam itu tidaklah baik dan akan membekas menjadi pemikiran positif di kemudian hari.

Selesaikan masalahmu pada hari itu juga.

Mengapa kamu dapat dimarahi oleh atasan ? mungkin saja ada sebuah kesalahan yang telah kamu lakukan, jika ada perbaiki saja dengan segera dan jangan pernah menundanya.

Paling tidak masalah yang kita hadapi pada hari itu tlah hilang pada hari esoknya. Sehingga, kita tidak terlalu banyak menyimpan banyak masalah sehingga akan menjadi beban pemikiran.

Peristiwa yang kurang baik jika disimpan terlalu lama akan menjadi momori ingatan jangka panjang yang sulit untuk dihilangkan. Itulah sebabnya, kamu harus menyelesaikan masalah seketika itu juga dan tidak menyimpannya berlarut larut.

7. Tenangkan dirimu sendiri

Tenangkan dirimu sendiri

Setiap diri kita memiliki kepribadian yang berbeda.

Contohnya saja, ketika kamu hendak melakukan sesuatu, pernahkah kamu memikirkan tentang dua hal yang berbeda.

Misalnya, “Jangan dilakukan” sedangkan yang satu memikirkan “sebaiknya kamu lakukan saja“.

Ketika kamu mendengarkan suara atau mendapatkan pemikiran sesuatu yang negatif, cobalah untuk diam sejenak dan tingkatkan kesadaran diri seperti langkah no. 3.

Tenangkan kritik batin dan segera ganti pemikiran negatif dengan positif.

Untuk mengatasinya jika cara itu tidak cukup berhasil, maka langkah yang cukup efektif adalah dekatkan dirimu kepada Tuhan. Perbaiki diri dalam menjalankan setiap ibadah sesuai dengan keyakinan masing masing.

8. Jalani hidup dengan pemikiran positif

Jalani hidup dengan pemikiran positif

Ketika ingin memulai sesuatu hal yang baru, banyak orang cenderung pesimis dengan hal tersebut.

Misanya saja, ketika mereka telah menemukan ide bisnis baru. Sebagian besar dari mereka terlalu jauh memikirkan tentang apa yang akan terjadi di masa mendatang.

Alih alih menjalankan bisnis tersebut, justeru ada banyak pemikiran negatif yang timbul.

Apakah saya bisa melakukannya ?“, “Saya tidak mungkin melakukan ini” dan sebagainya.

Jika kamu demikian, berhentilah memikirkan hal demikian.

Yakin pada diri sendiri bahwa “saya bisa melakukannya“.

Pada dasarnya memang demikian, setiap orang memiliki potensi untuk melebihi batas kemampuannya.

Baca yuk: cara memulai bisnis online.

9. Jalani pola hidup sehat dan rutin berolahraga

Jalani pola hidup sehat dan rutin berolahraga

Tubuh yang sehat akan membuat sistem metabolisme tubuh berjalan normal dan akan memberikan semangat positif dalam menjalani hidup.

Begitu juga dengan jika kita melakukan olahraga secara rutin. Di saat olahraga tubuh kita akan melepaskan endorfin yang merupakan bahan kimia dari tubuh yang terkait dengan perasaan positif. Olahraga teratur dapat membuat kita terhindar dari depresi, stres dan penyakit lainnya.

Paling tidak kamu melakukannya selama 20 – 30 menit tiga kali seminggu.

Pemikiran positif akan memberikan manfaat dalam setiap menjalani hidup. Jauh dari masalah, stres, depresi dan penyakit psikis maupun fisik lainnya. Jadi, mulai sekarang belajarlah untuk selalu berfikit positif. Begitu juga dengan saya, saat ini selalu melalukannya.

Semoga tips untuk mencapai pola pikir positif ini dapat memberikan manfaat.

Kanaya Putri
Profile penulis: Lulusan dari jurusan Akutansi di salah satu Universitas kota Yogyakarta. Namun, seorang pecinta kuliner dan memiliki hobi menulis dan travelling.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.