Rumah Ambulance Bandung

13 Tempat Angker di Bandung Recommended Untuk Uji Nyali

Jika kamu menyukai nuansa wisata berbau horor, misteri dan menyeramkan, kota Bandung dapat menjadi salah satu pilihan yang layak kamu kunjungi.

Alasannya, karena di kota ini ada banyak sekali kawasan menurut kebanyakan orang dianggap berhantu dan paling angker. Apalagi mengingat Bandung termasuk ke dalam salah satu kota tertua di Indonesia dengan banyaknya bangunan tua peninggalan zaman kerajaan masa lalu, pemerintahan Belanda dan sebagainya.

Inilah 13 lokasi paling angker di Bandung:

1. Tanjakan Emen

Tanjakan Emen

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Tanjakan Emen sangat angker di lalui. Mengapa ? Hal ini dikarenakan di lokasi ini sangat sering terjadi kecelakaan lalu lintas dengan merenggut banyak korban jiwa. Bahkan, di setiap tahunnya hingga saat ini kecelakaan tersebut pasti dan selalu ada.

Banyak mitos beredar di masyarakat hinggat dikenal secara meluas, ketika hendak melewati kawasan ini, kamu harus membuang 2 batang rokok ke pinggir jalan. Ntah apa maksudnya.

Tetapi, menurut saksi dan keterangan masyarakat setempat, banyak kejadian aneh ketika melintasi Tanjakan Emen seperti kendaraan tiba tiba mogok, terkadang muncul penampakan sosok hantu anak kecil dan lainnya. Karena cerita menyeramkan ini, jarang sekali dan hampir tidak pernah ada orang yang berani melintasi daerah ini di waktu malam hari.

2. Patung H.C.Verbraak di Taman Maluku

Patung H.C.Verbraak di Taman Maluku

Jika kamu asli orang Bandung, pastinya pernah mendengar certa H.C Verbraak. Jika kamu belum mengethuinya, H. C Verbraak adalah seorang pastor asal Belanda yang bertugas di Aceh pada tahun 1870 dan wilayah Indonesia lainnya.

Menurut cerita, H. C Verbraak meninggal dunia karena kecelakaan pesawat terbang yang jatuh di lokasi Taman Maluku Bandung saat ini. Kemudian, jenazahnya di kebumikan di bawah sebuah patung monumen H. C Verbraak dengan tujuan untuk mengenang peristiwa tersebut dilakukan oleh pemerintahan Belanda tempo dulu.

Banyak orang mengatakan dan melihat sendiri, bahwa patung H. C Verbraak berwarna hitam legam terbuat dari perunggu dan campuran besi tersebut dapat bergerak sendiri di waktu malam hari. Ih seram..

3. Rumah Ambulance, Jalan Bahureksa No.15

Rumah Ambulance Bandung

Jika kamu pernah menonton film horor dibintangi oleh Suzana, pastinya kamu mengenal hantu Ambulance. Di halaman ini terparkir sebuah mobil ambulan tua tertutup kain hitam. Disuatu ketika, ada salah satu kru hendak membuka penutup kain tersebut. Ternyata, si kru lengsung kesurupan.

Cerita lainnya, keangkeran rumah dan mobil Ambulance tersebut dahulunya sering digunakan untuk mengangkut korban kecelakaan dan juga mengangkut jenazah si pemilik mobil tersebut akibat kecelakaan. Dari sinilah cerita keseraman mobil tersebut dimulai.

4. Jalan Tamansari (Depan ITB )

Jalan Tamansari (Depan ITB )

Di waktu siang hari Jalan Tamansari memang banyak dilalui oleh kendaraan roda dua maupun empat. Namun, ketika menjelang malam hari tiba hampir tak satupun bahkan tidak ada sama sekali kendaraan yang melintas di tempat ini.

Menurut cerita masyarakat setempat, seringkali ada sosok penampakan hantu wanita di tempat ini. Apalagi jika ada orang sendirian yang sedang melintas, sering di ganggu oleh makhluk halus tersebut. Sebaiknya kamu tidak berniat melakukannya.

5. SMA 5 Bandung

Kisah Misteri di SMA 5 Bandung

SMA 5 Bandung hingga saat ini menjadi salah sekolah favorite menengah atas di kota Bandung. Dibalik itu semua ternyata, tersebar cerita menyeramkan di kalangan siswa, guru dan masyarakat setempat.

Gedung sekolah ini sebenarnya bekas peninggalan bangunan tua sejak zaman pemerintahan kolnial Hindia Belanda. Menurut kabar yang beredar luas, ada satu ruangan di sekolah SMA 5 Bandung di anggap paling angker. Di sana terdapat 3 buah jendela yang sengaja selalu dibiarkan terbuka begitu saja.

Konon katanya, jika ada orang yang menutup jendela tersebut sebanyak 3 kali maka akan muncul sosok penampakan hantu perempuan Belanda. Kabarnya ia meninggal karena bunuh diri di tempat tersebut.

6. Jalan Cipaganti

Jalan Cipaganti Bandung

Jalan Cipaganti termasuk daerah terpadat dilalui oleh banyak kendaraan di waktu siang dan malam. Namun, jalan ini juga dikenal luas oleh masyarakat sebagai salah satu jalan terangker di kota Bandung.

Pasalnya, seringkali terlihat sosok penampakan hantu pria tanpa kepala dengan baju seperti pendekar zaman dahulu pada waktu tengah malam hingga dini hari. Jika kamu punya nyali besar, datang saja ketempat ini untuk membuktikannya.

7. Kampus ITB

Kampus ITB

Ntah kenapa, bangunan lama seringkali menyimpan hal hal misteri. Termasuk kampus ITB yang didirikan pada 03 Juli 1920 juga menyimpan cerita menyeramkan. Cerita horor ini tak putus lintas generasi hingga saat ini pun masih terdengar.

Konon menurut cerita, ada sosok penampakan hantu muka rata di ruangan Aula Barat dan sesosok hantu yang terjatuh dari ketinggian atas gedung PAU dalam kondisi hancur. Belum lagi cerita bahwa ada sosok penampakan makhluk halus di Laboratorium Mesin.

Berdasarkan cerita yang beredar luas tersebut terutama di kalangan mahasiswa, hingga saat ini tak pernah ada seorangpun yang memberanikan diri datang ke Kampus atau melaksanakan kegiatan kampus hingga larut malam.

9. Museum Pos Indonesia Bandung

Museum Pos Indonesia Bandung

Lokasinya tepat di belakang Gedung Sate. Bangunan ini juga berasal dari peninggalan masa pemerintahan Hindia Belanda. Di dalam museum ada banyak bukti sejarah tentang dunia surat menyurat tempo dulu. Seperti kolesksi perangko dan sebagainya.

Ada yang menyebutkan bahwa terdapat suatu ruangan di Museum Pos Indonesia Bandung memiliki daya magis begitu kuat dan bernuansa horor.

Ruangan tersebut berada di bawah tanah. Ditempat ini, ada beberapa koleksi patung patung peninggalan zaman dulu. Kami sendiri beum mengetahui jenis patung apa dan wujudnya seperti apa. Karena belum pernah masuk ke bagian ruangan bawah tanah.

Menurut cerita yang pernah ke sana, tempat ini begitu menyeramkan dengan suasana hening, sepi dan terasa dingin. Bukan hanya itu saja, patung patung di dalamnya seperti hidup. Ketika kita melihat patung tersebut, seolah olah patung patung itu menatap kita kembali. Kabarnya lagi, di waktu malam hari patung patung tersebut dapat hidup dan bergerak.

10. Pohon di Jalan Siliwangi

Pohon di Jalan Siliwangi

Keangkeran Jalan Siliwangi menurut cerita berawal dari ada seorang anak kecil melintasi jalan tersebut, namun tertabrak hingga meninggal dunia. Banyak warga percaya, agar arwah dari si anak tidak mengganggu pengguna Jalan maka dari mereka memberikan boneka dengan cara digantungkan pada sebuah ranting pohon di Jalan Siliwangi.

Selain itu, versi cerita lainnya bahwa ada sesosok hantu menyerupai boneka melayang di udara di tengah malam.

Adapula cerita menyebutkan bahwa di kawasan ini seringkali ada penampakan makhlus halus bermuka hancur membawa boneka. Memang banyak versi yang beredar, jika kamu ingin membuktikannya, datang saja ke tempat ini.

11. Goa Belanda

Goa Belanda Bandung

Lokasinya ada di kawasan Dago Pakar. Dahulunya Goa Belanda dijadikan sebagai tempat para tahanan oleh pemerintahan Belanda. Banyak tahanan di siksa di tempat ini terutama para pekerja rodi hingga menelan korban jiwa. Kabarnya, seringkali terdengar suara jeritan orang kesakitan dan tangisan terutama menjelang malam hari. Selain itu

12. Goa Jepang

Goa Jepang Bandung

Masih dalam satu kawasan yang sama yaitu berata di daerah Ir. Juanda, Dago Pakar juga terdapat sebuah Goa peninggalan zaman pemerintahan Jepang. Dahulunya, Goa Jepang juga dijadikan sebagai tempat penyiksaan para pekerja romusa. Cerita keangkerannya mirip dengan cerita Goa Belanda. Selain itu, terdapat pula sosok penampakan hantu prajurit dan orang tua di kawasan ini.

13. Ruang Bawah Tanah Museum KAA

Museum KAA Bandung

Pada dasarnya, sebuah museum dijadikan sebagai salah satu tempat wisata edukasi untuk mengenali peninggalan pada masa tempo dulu. Namun, menurut cerita dari banyak orang, Museum KAA Bandung juga menyimpan cerita menyeramkan. Tepatnya berada di ruang bawah tanah museum. Dikatakan angker karena ada penampakan hantu wanita dan sering terdengar suara pintu dipukul dengan keras.

Itulah beberapa tempat angker di Bandung yang dapat kamu kunjungi. Walaupun terbilang angker dan menyeramkan untuk dikunjungi, ada juga orang yang ingin membuktikan kebenaran itu karena rasa penasaran. Kamu berani datang ke tempat ini ? Sebaiknya ajaklah seorang ahli jika ingin mengunjungi tempat ini. Untuk membuktikan kebenarannyam tidak disarankan seorang diri.

Ghea Ariestya
Profile penulis: Mahasiswi dari negeri laskar pelangi yang satu ini memiliki hobi travelling. Terkadang menyukai hal hal yang aneh dan bernuansa misteri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.