Platform Blog Gratis

6 Platform Blog Gratis: Mudah Digunakan & Cocok Bagi Pemula

Diposting pada

Untuk membuat sebuah blog, yang dibutuhkan adalah domain dan hosting. Singkat cerita, domain merupakan nama dari blog itu sendiri. Contohnya aoglamedia.com, ini adalah contoh domain. Sedangkan hosting merupakan tempat penyimpanan beragam file seperti images, thema situs, javascript dan sebagainya.

Paling tidak, biaya tahunan mesti dikeluarkan untuk membeli domain dan hosting sebesar Rp 300.00,- hingga Rp 500.000,- atau sebesar Rp 35.000,-.

Jika kamu ingin membuat blog untuk tujuan belajar, menulis catatan harian, berbagi pengalaman atau untuk keperluan personal, sangat disarankan untuk menggunakan situs penyedia layanan blog gratis terlebih dahulu.

Mengapa?

Alasan pertama karena gratis. Kamu tak perlu dipusingkan dengan biaya pengeluaran bulanan atau tahunan untuk membeli domain dan hosting. Karena di penyedia situs blog gratis, semuanya serba gratis. Namun, domain yang tersedia berupa subdomain sesuai dengan domain utama situs tersebut.

Inilah berbagai jenis platform blog gratis untuk membuat blog terbaik dan terpopuler saat ini, diantaranya sebagai berikut:

1. Blogger.com

Blogger.com

Cukup populer, platform blogger.com sangat dikenal luas oleh kalangan pengguna blog diseluruh dunia. Bahkan menempati urutan teratas dibandingkan CMS gratis lainnya. Tingkat kepopuleran begitu tinggi karena blogger dimiliki oleh perusahaan raksasa yakni Google.

Beragam kemudahan di tawarkan oleh blogger.

Dari sisi tampilan user friendly, cocok digunakan oleh pemula sekalipun. Selain itu, Blogger dapat diintegrasikan dengan akun Gmail, Google Analytic dan produk Google lainnya, mudah dioptimasi, memiliki tampilan dinamis (dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna seperti untuk toko online, blog periklanan serta lainnya.

Bukan cuma itu saja, Blogger juga dapat dikaitkan dengan program periklanan Adsense, yakni memungkinkan penggunanya untuk menampilkan iklan dan mendapatkan uang dari internet.

Lebih detailnya, saya telah membuat tulisan sangat menarik tentang kelebihan dan kekurangan blogger. Sebaiknya kamu membacanya sebelum menggunakan blogger.com.

2. WordPress.com

Wordpress.com

Selain blogger, wordpress.com merupakan salah satu platform blog gratis dengan jumlah pengguna terbesar setelah blogger. Sangat terkenal di seluruh dunia.

Selain menyediakan layanan gratis, WordPress versi lainnya juga tersedia dalam versi premium yakni wordpress.org atau wordpress self hosting.

Dengan wordpress sel hosting, ada beragam fitur menarik yang diberikan yakni kita dapat menggunakan beragam plugin gratis di directory wordpress, mengganti thema dan sebagainya. Sedangkan wordpress.com, tidak memiliki fitur ini.

3. Wix.com

Wix.com

Yang jelas bukan wik wik wik ya.. 😀

Platform Wix termasuk dalam daftar blog gratis cukup populer hingga saat ini. Konsep dari situs ini, memungkinkan penggunanya untuk membuat thema situs sendiri dengan fitur drag and drop. Penggunanya sangat banyak tersebar di seluruh dunia hingga mencapai 125 juta lebih pengguna.

Cocok digunakan untuk membangun toko online dan situs personal.

Selain menyediakan layanan gratis, Wix.com juga menyediakan fitur premium. Diantaranya seperti pembelian thema, domain, hosting premium, mailbox dan sebagainya.

4. Weebly.com

Weebly.com

Sekilas informasi untukmu, Weebly pada tahun 2007 lalu pernah mendapatkan penghargaan sebagai situs penyedia blog gratis terbaik no. 4 dari 50 situs yang ada di seluruh dunia. Informasi ini pernah dipublikasikan dalam majalah Times pada tahun 2007 lalu.

Sama seperti Wix.com, Weebly juga menawarkan konsep drag and drop untuk membuat sebuah thema menarik di mata pengunjung. Pengguna Weebly dapat memungkinkan untuk membangun website pribadi, event, portofolio, bisnis dan personal blog.

Satu sisi kekurangan Weebly menurut saya, layanan fitur gratis sangatlah terbatas. Tidak seperti blogger, disk penyimpanan hanya tersedia sebesar 500 MB. Sedangkan Blogger memungkinkan penggunanya untuk menyimpan file gambar sebesar 15 GB per akun blogger.

Jika ingin mendapatkan lebih banyak fitur menarik, kamu harus menggunakan layanan premium dan ini cukup mahal. Namun, sangat preofesional untuk kepentingan bisnis.

5. Joomla.org

Joomla.org

Penyedia layanan untuk membuat blog secara gratis selanjutnya yakni CMS Joomla. Setidaknya, lebih dari 2 juta website di seluruh dunia telah dibangun menggunakan layanan Joomla.

Joomla juga menyediakan beragam fitur menarik, diantaranya yakni seorang pengguna dapat memilih beragam thema di directory thema secara gratis dengan tampilan thema begitu preofesional, memberikan kemudahan dan sebagainya.

6. Web.com

Web.com

Daftar platform blog gratis selanjutnya yakni  webs.com. Platform satu ini sangat cocok digunakan untuk membangun website berbasis company profile atau untuk kepentingan bisnis memperkenalkan suatu product.

Ada ribuan thema yang dapat digunakan secara gratis.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak fitur dari Webs seperti menggunakan nama domain sendiri, mendapatkan lebih banyak thema premium, penyimpanan disk space yang besar dan sebagainya, maka kamu harus menggunakan layanan premium.

Itulah beberapa daftar platform blog gratis yang dapat kamu gunakan untuk membuat sebuah website personal blog, bisnis, company profile atau untuk kepentingan lainnya.

Hanya saja, fitur layanan gratis memiliki beragam kekurangan. Seperti, tidak memiliki domain sendiri. Artinya, kamu hanya diperbolehkan menggunakan subdomain. Misalnya, kamu menggunakan layanan Blogger. Maka, subdomain blogspot akan include dengan nama domain.

Contoh, aoglamedia.blogspot.com.

Sehingga, kamu harus membeli domain untuk menghilangkan subdomain di belakangnya.

Mana yang kamu pilih?

Kebanyakan orang diseluruh dunia menggunakan Blogger dan WordPress untuk membuat website pilihan mereka. Namun, ke 6 situs penyedia blog gratis di atas tak kalah populernya. Kini, tentukan pilihanmu.

Dhika Ardiansyah
Profile penulis: Suka berselancar di dunia maya dan memiliki ketertarikan di dunia game online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.