Cara Memutihkan Ketiak

5 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami dan Permanen

Diposting pada

Sebagian besar pria mungkin saja menganggap ketiak hitam hanya permasalahan kecil. Namun bagi sebagian besar wanita, memiliki ketiak gelap berwarna hitam merupakan masalah besar dalam hidupnya. Penumpukan kotoran, penggunaan deodoran berlebihan dan sisa sel kulit mati diantara penyebab utama ketiak menjadi gelap.

Memiliki ketiak hitam membuat kita tidak percaya diri. Meskipun orang lain tidak melihatnya. Namun terkadang masalah ini membuat kita merasakan minder, tidak percaya diri untuk mengenakan pakaian tanpa lengan, dress lengan pendek, baju renang, pakaian olahraga, bahkan gaun pengantin dan stylist busana masa kini lainnya.

Untungnya, saya telah mendapatkan beberapa cara untuk mencerahkan kulit ketiak gelap secara alami. Kamu juga dapat melakukannya di rumah dengan menggunakan bahan alami berikut ini.

5 Cara memutihkan ketiak hitam

Apa saja bahan alami untuk memutihkan ketiak? Diantaranya, kamu dapat memilih salah satu dari beberapa cara di bawah ini:

1. Sari cuka apel dan baking soda

Sari cuka apel mengandung zat asam yang dapat membantu untuk menghilangkan sel kulit mati dan dapat mencerahkan kulit ketiak berwarna agak gelap dalam waktu kurang dari 1 minggu. Selain itu, kombinasi sari cuka apel dan baking soda dapat bertindak sebagai desinfektan untuk membasmi microba di ketiak.

Cara menggunakannya:

  1. Sediakan 1 sdm sari cuka apel dan 1 sdt baking soda
  2. Aduk rata keduanya hingga mengeluarkan busa
  3. Bersihkan ketiak dengan air bersih
  4. Olehkan secara merata
  5. Diamkan selama 30 menit hingga mengering
  6. Bersihkan ketiak dengan air bersih

Gunakan cara ini cukup 1 hari sekali dan rutin selama 1 minggu pemakaian hingga ketiak tampak cerah. Sebaiknya digunakan pada waktu malam hari karena sedikit aktivitas.

2. Minyak zaitun dan gula merah

Minyak zaitun sangat baik bagi kesehatan kulit. Bahkan, banyak orang menggunakannya untuk perawatan kesehatan rambut. Kombinasi minyak zaitun dan gula merah dapat membantu mengangkat sel kulit mati, karena kedua bahan ini bersifat antioksidan.

Cara menggunakannya:

  1. Sediakan 1 sdm minyak zaitun dan 1/2 sdt gula merah murni yang sudah diserut
  2. Aduk rata keduanya
  3. Bersihkan ketiak dari keringat dan bau dengan air bersih
  4. Olehkan secara merata pada permukaan kulit ketiak
  5. Diamkan selama 30 menitan
  6. Bersihkan ketiak dengan air hangat

3. Minyak pohon teh

Untuk memutihkan ketiak gelap juga dapat menggunakan ekstrak minyak pohon teh. Kamu dapat menemukan minyak ini di marketplace. Minyak ini sangat berguna sebagai deodoran alami karena bersifat antioksidan, anti bakteri, mencerahkan kulit dan membuatnya tampak lebih sehat.

Penggunaannya sangatlah sederhana. Gunakan 2 – 3 kali semprotan ke daerah ketiak gelap. Namun, pastikan ketiak kamu dalam kondisi kering dan tidak berbau. Tak perlu dibilas, karena aroma dari minyak teh sangat wangi dan tidak lengket di kulit.

4. Kentang dan jeruk nipis

Banyak orang telah membuktikan metode ini dan membuahkan hasil. Tetapi, saya sendiri tidak menggunakannya karena terbilang cukup ribet. Namun jika kamu ingin melakukannya, coba saja di rumah.

Bahan bahan yang dibutuhkan yakni 1/2 butir buah sudah dikupas dari kulitnya dan sudah dicuci bersih serta 1 buah jeruk nipis.

Cara menggunakan:

  1. Blender halus kentang dan tempatkan ke dalam wadah bersih
  2. Peras jeruk nipis di atasnya, dan aduk hingga merata hingga menjadi pasta
  3. Bersihkan daerah ketiak
  4. Olehkan pasta ke seluruh permukaan kulit ketiak secara merata
  5. Diamkan selama 30 menitan
  6. Bersihkan ketiak

Gunakan metode ini minimal 3 kali setiap malamnya, lebih baik setiap hari hingga kulit ketiak terlihat cerah.

Yuk baca: cara mengatasi rambut rontok dan kering.

5. Buah mentimun

Selain untuk lalapan, mentimun memang kerapkali digunakan dalam dunia kecantikan terutama untuk mencerahkan kulit di wajah dan mata panda. Ternyata, dapat pula kita gunakan untuk mencerahkan kulit ketiak dengan cepat.

Penggunaannya sangatlah mudah. Cukup tempelkan irisan tipis buah mentimun pada daerah ketiak selama 30 menit, kemudian rasakan manfaatnya dalam waktu 1 – 2 minggu penggunaan.

Itulah beberapa cara memutihkan ketiak secara alami tanpa membuat iritasi kulit yang dapat kamu gunakan di rumah.

Jika saya menggunakan bahan alami, berapa lama ketiak akan putih?

Saya sendiri telah membuktikannya, namun hanya menggunakan minyak pohon teh dan irisan buah mentimun. Kedua cara ini menurut saya lebih simple dilakukan dan tidak perlu membasuh ketiak atau mandi karena tidak berbau dan tidak lengket. Hasilnya, setelah 1 – 3 minggu pemakaian kulit ketiak tampak lebih cerah.

Apakah menggunakan bahan alami untuk memutihkan ketiak memiliki efek samping?

Pemakaian secara berlebihan seperti penggunaan baking soda dan sari cuka apel mungkin saja menimbulkan efek samping berupa iritasi kulit. Maka dari itu, gunakan sesuai petunjuk dan aturan.

Veranda Listiani
Profile penulis: Selain aktif di bidang kesehatan dengan latar belakang lulusan ilmu kesehatan masyarakat, Veranda Lestari juga aktif di dunia kepenulisan dengan thema kesehatan. Dengan menulis membuat kita mengetahui banyak hal karena disana kita juga aktif dalam membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.