Cara Merawat Rambut Beruban

10 Cara Merawat Rambut Beruban Secara Alami Agar Tetap Sehat

Diposting pada

Munculnya uban atau rambut berwarna putih adalah petanda bahwa usia seseorang sudah tidak muda lagi. Ketika mendapatkan uban dengan jumlah satu hingga beberapa helai saja pada usia di atas 50 tahun, hal tersebut termasuk dalam kondisi wajar.

Rambut beruban dapat pula dikatakan rambut mati. Hal ini dikarenakan si rambut tidak mendapatkan cukup nutrisi disebabkan oleh menurunnya kinerja sistem tubuh akibat usia semakin bertambah.

Memiliki uban di usia lanjut bukan bearti dibiarkan begitu saja.

Rambut beruban jika dibiarkan tanpa perawatan dapat menimbulkan masalah kesehatan rambut seperti rambut gatal, berketombe, rontok parah, berminyak dan sebagainya.

Berikut 10 cara mengatasi rambut beruban secara alami dengan mudah

1. Jagalah Kebersihan Rambut

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kondisi rambut tak terawat dapat menyebabkan uban pada rambut akan tumbuh semakin banyak. Maka dari itu, anda dapat menggunakan shampo untuk menjaga kualitas kulit kepala dan kesehatan rambut. Namun, pilihlah shampo yang sesuai dengan kondisi rambut kamu.

2. Lakukan Pijatan di Kulit Kepala

Melakukan pemijatan di kulit kepala akan merangsang peredaran darah agar menjadi lancar. Lakukan pemijatan secara rutin dan teratur pada saat kamu sedang keramas atau pada waktu lain saat sehabis mandi dengan menambahkan minyak esensisal atau lidah buaya ke kulit kepala.

Keramas dengan menggunakan air hangat sangat dianjurkan bagi rambut yang beruban dan rontok. Selain itu memijat kulit kepala akan membuat kepala merasa rileks dan nyaman.

3. Perawatan Rambut Alami

Saat ini sudah banyak tersedia masker rambut siap pakai dengan kandungan. Jika ingin berhemat, kamu dapat membuat masker sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami seperti susu, santan, wortel, yoghurt, atau lidah buaya.

4. Hindari Mewarnai Rambut

Mewarnai rambut memang dapat menunjang penampilan. Tapi akibatnya, zat kimia pada pewarna rambut dapat merusak struktur rambut dan membuat pigmen rambut semakin berkurang.

Sebagai solusinya, kamu dapat menggunakan minyak kemiri atau minyak urang aring untuk menghitamkan rambut secara alami.

5. Istirahat Cukup

Aktivitas diluar ruangan terlalu ekstra dapat meningkatkan produksi minyak di kulit kepala. Akibatnya, muncul permasalahan rambut gatal, berketombe dan rontok. Kondisi ini akan memicu uban di rambut semakin parah.

6. Hindari Stres Berkepanjangan

Kondisi tekanan hidup dapat menganggu sirkulasi peredaran darah, termasuk sirkulasi peredaran darah di kulit kapala. Akibatnya, suplai nutrisi pun akan berkurang. Secara otomatis akan mengganggu kesehatan rambut kamu dan semakin dipenuhi uban.

7. Konsumsi Vitamin Rambut

Ada beberapa jenis mineral dan vitamin baik untuk rambut. Diantaranya seperti zinc, zat besi, vitamin A, B, C dan E serta lainnya. Kandungan vitamin tersebut dapat kamu peroleh dari telur, ayam, sayuran hijau, ikan dan buah buahan seperti apel, alpukat dan sebagainya.

8. Gunakan Minyak Kemiri

Minyak kemiri sejak dari dulu memang telah digunakan untuk mengatasi beragam permasalahan rambut. Khasiatnya tak perlu diragukan lagi karena minyak kemiri sebagai penghitam rambut alami. Gunakan secara rutin untuk mendapatka hasil secara maksimal.

9. Minyak Urang Aring

Cara merawat rambut beruban dengan minyak urang aring sangat efektif jika dibandingkan dengan menggunakan pewarna hitam rambut berbahan kimia.

Minyak urang aring merupakan pilihan tepat untuk kamu gunakan sebagai minyak alami penghitam rambut. Sekarang kamu dapat menemukannya dalam kemasan botol. Selain itu, disarankan untuk menggunakan produk rambut tersebut dari tumbuhan urang aring.

Baca : penyebab rambut tumbuh uban di usia muda.

10. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi tidak hanya penting dikonsumsi bagi kesehatan tubuh melainkan juga untuk kesehatan rambut anda. Penelitian membuktikan kekurangan Zat Besi akan memicu tumbuhnya uban di kulit kepala.

Oleh karena itu, bagi anda yang berkeinginan untuk mengurangi jumlah uban agaknya cara ini sangat dianjurkan. Kandungan zat besi dapat diperoleh melalui makanan laut, bayam, jamur atau lemon yang akan membantu produksi Melanin yang dapat memberi zat warna pada rambut anda.

Demikianlah tips bagaimana cara alami merawat rambut beruban yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan tujuan agar rambut anda tetap sehat dan kuat serta tidak mudah patah.

Profile penulis: Selain aktif di bidang kesehatan dengan latar belakang lulusan ilmu kesehatan masyarakat, Veranda Lestari juga aktif di dunia kepenulisan dengan thema kesehatan. Dengan menulis membuat kita mengetahui banyak hal karena disana kita juga aktif dalam membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.