10 Cara Merawat Rambut Kering Dan Rontok Secara Alami

Rambut sehat indah nan menawan sudah tentu menjadi impian setiap wanita. Akan tetapi, terkadang ada banyak hal yang dapat membuat rambut menjadi rusak seperti masalah rambut rontok, tampak kering, mengembang hingga bercabang.

Masalah kerusakan rambut tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung, terkontaminasi oleh berbagai bahan kimia dari penggunaan produk perawatan rambut atau dikarenakan kesalahan dalam merawat rambut itu sendiri.

Jika hal itu adalah sebuah masalah serius dalam hidup kamu. Lakukan beberapa cara merawat rambut kering dan rontok berikut ini:

1. Membersihkan Rambut Secara Rutin

Mencuci rambut setiap hari atau setiap dua hari menggunakan shampo mengandung vitamin E wajib kamu lakukan. Vitamin E terbukti secara klinis sangat baik untuk memperbaiki kerusakan pada rambut. Pastikan kamu membersihkan sisa sisa shampo di rambut dengan air dingin.

2. Gunakan Shampo Kondisioner

Usahakan gunakan kondisioner sekali seminggu setelah keramas dengan sampo, diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas.

Pastikan tidak ada lagi sisa busa kondisioner yang tersisa saat membilas rambut. Bila menggunakan kondisioner, pastikan tidak ada yang menyentuh kulit kepala karena malah akan membuat rambut lepek dan berminyak.

3. Sari Cuka Apel

Sari cuka apel sangat di percaya dapat mengurangi masalah rambut rusak dan membuatnya lebih halus. Campurkan sebanyak satu sendok makan minyak gandum dengan setengah cangkir cuka sari apel dan dua cangkir air.

Oleskan campuran tersebut ke rambut setelah keramas, saat rambut masih basah.

Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas sampai bersih tanpa menggunakan shampo. Untuk menghilangkan aroma menyengat dari sari cuka apel, kamu bisa memulaskan kondisioner pada ujung rambut. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini dua kali sehari.

4. Minyak Alami

Gunakan minyak alami pada rambut seperti minyak kelapa, minyak bunga matahari atau minyak almond untuk meningkatkan kelembutan dan kehalusan rambut.

Gunakan setelah keramas, bungkus rambut dengan handuk hangat, diamkan 15-20 menit. Kemudian bilas rambut secara menyeluruh.

5. Minyak Zaitun

Penggunaanya cukup sekali dalam dua minggu, oleskan minyak zaitun hangat untuk rambut yang telah di basahi. Biarkan selama lima menit, kemudian keramas seperti biasa. Untuk menghangatkan minyak zaitun paling bagus menggunakan microwave.

6. Menyisir Rambut Dengan Benar

Gunakan sisir bergigi lebar untuk menyisir rambut. Tidak perlu menyisir rambut secara berkali-kali. Hindari menyisir rambut pada saat masih basah, karena hal ini dapat memicu terjadinya kerontokan pada rambut.

7. Gunakan Gel Lidah Buaya

Jika kamu ingin membuat rambut menjadi halus dan terlihat basah, kami sangat menganjurkan penggunaan gel lidah buaya bukan gel rambut pada umumnya.

Gunakan gel lidah buaya murni, tidak mengandung alkohol. Gel lidah bunya ini sangat dapat membantu memperbaiki dan dapat membantu melembabkan rambut kering dan mengambang.

8. Masker Rambut

Gunakan masker rambut setidaknya 2-3 kali seminggu. Banyak para ahli hair styles saat ini menganjurkan penggunaan masker rambut dari bahan alami sebagai perawatan rambut yang nomor satu. Tidak heran jika berbagai layanan-layan salon spa memebrikan layanan untuk produk masker rambut ini.

Masker rambut sangat mudah untuk dibuat, bahan bahannya pun cukup mudah didapatkan. Paling sering pembuatan masker rambut ini bersumber dari buah-buahan, seperti pisang, alpukat, apel, strawberry yang di kombinasikan dengan minyak alami seprti minyak kelapa, minyak ziatun dll.

Baca : cara mengatasi rambut rontok secara alami.

9. Hindari Menggunakan Pengering Rambut

Sebaiknya, hindari penggunaan alat-alat hair dryer. Karena metode seperti ini hanya dapat membuat rambut menjadi mudah rapuh dan merusak struktur rambut. Solusi lainnya, kamu dapat menggunakan kipas angin.

10. Vitamin B

Konsumsi vitamin B kompleks setiap hari. Kandungan biotin dalam vitamin B kompleks sangat terpercaya dapat memperkuat rambut.kamu bisa mendapatkan vitamin B kompleks dalam telur, kacang-kacangan dan pisang.

Cobalah kamu mengikuti beberapa saran dari kami di atas secara rutin. Pada umumnya, kamu akan mendapatkan khasiatnya paling tidak setelah 1 minggu pemakaian dan akan terhindari dari rambut kering dan rontok.

Tinggalkan komentar