10 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda 15 tahun Hingga 20an

Rambut berwarna putih atau uban di rambut merupakan suatu proses alamiah sebagai petanda bahwa seseorang tidak muda lagi. Akan tetapi, dewasa belakangan ini rambut beruban telah menjadi sebuah fenomena dianggap aneh. Pasalnya, masih berusia remaja antara 15 hingga 20 tahun telah mengalami rambut beruban.

Apakah itu wajar ? Tentu saja tidak.

Pakar rambut mengatakan, ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab rambut beruban diusia muda antara lain:

1. Penggunaan Produk Rambut Tertentu

Minyak rambut dan pewarna rambut seringkali menjadi penyebab utama akan masalah ini karena kandungan ragam bahan kimia. Bahan kimia inilah yang dapat merusak pigmen rambut.

Namun, tak semua produk tersebut menjadi penyebab rambut beruban. Jika kamu ingin menggunakan produk tersebut, disarankan memiliki kandungan bahan alami di dalamnya.

2. Soda dan Minuman yang Mengandung Kafein

Terlalu berlebihan dan sering mengkonsumsi minuman bersoda dan berkadar kafein dapat menyebabkan tubuh kekurangan magnesium. Padahal, mineral magnesium merupakan salah satu unsur untuk membuat rambut tampak hitam.

3. Makanan Tinggi Kadar Gula

Makanan dengan kandungan gula tinggi seperti permen, cokelat dan kue juga dapat mengurangi magnesium di dalam tubuh. Dimana kurangnya magnesium dalam tubuh menjadi salah satu faktor yang dapat menjadi penyebab munculnya uban lebih cepat.

4. Kebiasaan Merokok

Selain dapat menimbulkan ragam penyakit seperti jantung koroner, kanker mulut dan sebagainya, rokok juga berdampak negatif pada rambut. Ketika kamu merokok, itu sama saja kamu memasukkan racun radikal bebas ke dalam tubuh dengan sengaja.

Radikal bebas ini dapat menyebabkan produksi melanin menjadi berkurang dan rambut lebih cepat beruban.

5. Makanan Pedas

Gorengan dan makanan pedas dapat menimbulkan dehidrasi dan panas dalam. Kondisi ini akan menghambat penyerapan nutrisi oleh tubuh termasuk di bagian kulit kepala. Sehingga akan menghambatpula asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut.

6. Ketidakseimbangan Hormon

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan fungsi hormon seperti penyakit kelenjar tiroid, ibu hamil dan sebagainya. Perubahan hormon tak menentu dapat menimbulkan produksi melanin menjadi terganggu. Akibatnya, uban akan lebih cepat tumbuh.

7. Mengkonsumsi Daging Protein Tinggi

Mengkonsumsi makanan jenis daging-dagingan memang sangat dibutuhkan untuk menjadikan tubuh lebih sehat. Hanya saja, jika kamu mengkonsumsi daging dengan kandungan protein yang cukup tinggi, akibatnya tidak baguss untuk kesehatan. Sebab rambut akan menjadi putih atau beruban.

8. Akibat Program Diet

Melakukan program diet dan tidak dijalankan secara teratur akan membuat perubahan besar pada tubuh terhadap sistem penyerapan nutrisi dari makanan. Jika tubuh tidak mendapatkan suplai mineral dan vitamin dalam jumlah kurang sesuai, maka fungsi sistem metabolisme tubuh secara keseluruhan akan terganggu.

9. MSG

Monosodium glutamate sering terkandung dalam berbagai makanan olahan. Kandungan ini dapat mengganggu kesehatan tubuh, selain itu kandungan ini juga dapat memudarkan warna hitam pada rambut.

10. Faktor Genetik

Faktor genetik dari orang tua atau riwayat dalam keluarga memang tak bisa dihindari. Hal ini termasuk dalam kondisi wajar.

Di negara Asia jarang sekali menemukannya. Jika kita berkunjung ke benua eropa dan amerika, mungkin kamu akan menemukan usia remaja berambut putih bukan bearti tumbuh uban.

Itulah beberapa deretan penyebab munculnya uban di usia muda yang seringkali tidak diketahui oleh banyak orang. Sebagian besar berasal dari faktor eksternal. Untuk menghindarinya, anda dapat melakukan perawatan rambut secara rutin menggunakan bahan alami.

Tinggalkan komentar