Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma

5 Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma Secara Alami

Diposting pada

Cara mencegah kanker kulit yang paling mudah untuk kita lakan adalah dengan tindakan menggunakan tabir surya setiap keluar dari rumah terutama pada jam 10.00 pagi hingga jam 15.00 sore. Hal ini bertujuan untuk menghindari paparan radiasi sinar ultaraviolet yang langsung mengenai permukaan kulit.

Tidak melakukan stanning atau pewarnaan kulit juga dapat mencegah kemunculan kanker kulit. Selain itu, masih ada cara lainnya yang dapat kta lakukan untuk mencegah serangan kanker kulit, diantaranya sebagai berikut:

1. Gunakan produk kecantikan bebas bahan kimia

Terutama wanita, sebaiknya mulai dari sekarang hentikan pemakaian dengan segera terhadap semua produk kecantikan yang menggunakan bahan kimia.

Beberapa produk yang patut dihindari diataranya adalah cream pemutih, lotion, bedak dan sebagainya. Jika kamu ingin menggunakan produk tersebut, ada baiknya membaca terlebih dahulu kemasan pada label.

2. Hindari paparan sinar ultraviolet secara langsung

Menurut Dr. Hooman Khorasani seorang ahli bedah dan kepala kanker kulit dari divisi Bedah Dermatologis dan Kosmetik Icahn School of Medicine at Mount Sinai yang kami kutip dari situs health.usnews.com mengatakan, sinar ultraviolet antara jam 11.00 siang hingga jam 14.00 dapat merusak lapisan kulit.

Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan tabir surya saat berada diluar ruangan pada jam tersebut walaupun kondisi cuaca saat itu tidak terik dan tampak ada awan.

3. Hindari waktu berjemur

Banyak orang menyukai waktu berjemur dengan tujuan untuk merubah pigmen kulit berwarna cerah menjadi agak kecoklatan. Tak ada salahnya jika hal ini dilakukan ketika menjalani waktu berjemur di waktu pagi sebelum jam 09.00 pagi waktu setempat.

Namun ketika melewati jam tersebut, sebaiknya kamu tidak melakukannya. Karena paparan sinar ultrabiolet dapat merusak DNA sel sel di kulit.

4. Menggunakan pakaian pelindung

Ketika berada diluar ruangan terutama pada jam 10.00 hingga 15.00, sangat dianjurkan untuk mengenakan pakaian pelindung seperti jaket, topi atau payung.

Sebaiknya pada waktu tersebut jangan tergoda untuk menggunakan pakaian ketat dan modis ketika berada diluar ruangan, walaupun kondisi sedang panas terik.

5. Lakukan pemeriksaan tahunan

Mengunjungi dokter kulit adalah cara terbaik untuk mencegah kanker kulit melanoma. Paling tidak, tindakan ini dapat dilakukan sekali dalam setahun, terutama bagi mereka yang memiliki tahi lalat di bagian tubuh dan mereka yang aktif berkerja di luar ruangan.

Selain itu, tindakan pencegahan dapat pula kita lakukan dengan cara mengenali beberapa gejala kanker kulit melanoma pada tubuh. Dengan mengetahuinya, kita dapat menghentikannya penyebaran sel kanker kulit semakin meluas dan mengobatinya hingga benar benar sembuh.

Veranda Listiani
Profile penulis: Selain aktif di bidang kesehatan dengan latar belakang lulusan ilmu kesehatan masyarakat, Veranda Lestari juga aktif di dunia kepenulisan dengan thema kesehatan. Dengan menulis membuat kita mengetahui banyak hal karena disana kita juga aktif dalam membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.