4 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi Secara Alami

Kolesterol sebenarnya merupakan sebuah zat lemak yang dikenal dengan sebutan lipid dengan fungsi teramat penting bagi tubuh. Salah satunya yakni untuk menjaga cairan sel membran di dalam tubuh. Kolesterol di dalam tubuh sebagian besar hampir sekitar 80% diproduksi oleh organ hati, sedangkan sisanya berasal dari asupan makanan yang kita konsumsi.

Kadar lipid terlalu tinggi cenderung memberikan reaksi negatif bagi tubuh. Diantaranya dapat menimbulkan beberapa gejala seperti nyeri dada, sering mengalami kesemutan, kepala pusing dan sebagainya.

Bahkan, dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung koroner, stroke, gangguan sistem peredaran darah dan lainnya.

Untuk menghindari hal tersebut perlu dilakukannya sebuah tindakan pencegahan, jangan sampai kadar kolesterol terlalu tinggi dibiarkan berlarut larut. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah hal tersebut diantaranya:

1. Tidak merokok

Bukan hanya menghindari, akan tetapi jika kamu tidak merokok itu jauh lebih baik. Karena pada dasarnya kandungan pada rokkok memiliki banyak bahan kimia yang dapat merugikan bagi tubuh. Diantara bahan kimia berbahaya tersebut adalah arkelein.

Zat tersebut dapat menghentikan aktivitas HDL untuk mengangkut endapan lemak menuju organ hati untuk diurai. Merorokok juga dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah arteri.

2. Pola makan

Salah satu faktor yang menyebabkan kolesterol tinggi berasal dari makanan berlemak. Jika kamu mengkonsumsinya terlalu banyak, maka dapat membahayakan bagi kesehatan.

Karena, akibatnya dapat menimbulkan sumbatan dan endapan lemak di berbagai organ tubuh seperti otak, jantung, lipatan perut dan sebagainya.

Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan rendah lemak dan kaya akan kandungan serat seperti buah buahan, sayur mayur dan umbi umbian.

3. Hindari stres berlebihan

Setiap orang pasti punya masalah hidup. Namun, yang terpenting adalah bagaimana kita mengelola masalah tersebut dan menyelesaikannya agar tidak menjadi beban pkiran yang dapat berakibat pada stres berkelangsungan. Jika itu terjadi, maka stres berlebihan dapat memicu rasa lapar secara tak terkendali dan cenderung memberikan dampak negatif bagi kesehatan jantung.

4. Olahraga secara rutin

Aktivitas olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di daam tubuh.

Dengan olahraga, endapan lemak di dalam tubuh akan terbawa mengikuti aliran peredaran darah yang lancar menuju ke organ hati untuk diurai sebagai sumber energi, pembentuk vitamin D dan sebagainya. Paling tidak, dalam 1 minggu 2x aktivitas olahraga dengan waktu antara 20 – 30 menit sudah cukup.

Sangat mudah sekali untuk mencegah kolesterol tinggi secara alami. Namun sayangnya, walaupun mudah dilakukan pada kebanyakan orang enggan melakukannya dan sering mengabaikannya begitu saja. Ada banyak alasan, karena sibuk, faktor kebiasaan dan sebagainya. Bagaimana dengan mu ? Jangan sampai kamu mengabaikan kesehatan ya,

Tinggalkan komentar