9 Cara Mencegah Penyakit Ginjal Secara Alami

Ginjal merupakan salah satu organ di dalam tubuh yang harus kita jaga agar tetap berfungsi secara normal. Perlu kita ketahui bahwa, ketika organ ginjal mengalami gangguan fungsinya maka sangat berpotensi menimbulkan beragam penyakit lainnya seperti gangguan ritme jantung, keracunan darah, gagal ginjal dan sebagainya.

Mencegah penyakit ginjal sebenarnya tak begitu sulit dan tidak pula membutuhkan banyak biaya. Mengkonsumsi air putih secara teratur sesuai dengan kebutuhan cukup memang dapat mencegah penyakit gangguan ginjal. Namun, cara itu tidaklah cukup karena ada banyak faktor yang melandasi munculnya penyakit ginjal.

Selain minum air putih dengan teratur, ada beberapa cara lan yang dapat kamu lakukan untuk mencegah penyakit ginjal secara alami, diantaranya:

1. Olahraga Secara Rutin

Obesitas memberikan sumbangsih terbesar disebagian besar penyakit serius seperti diabetes, termasuk gagal ginjal. Menurut para ahli, kelebihan berat badan memiliki resiko 2 kali lipa terserang penyakit ginjal.

Maka dari itu, untuk mencegah hal itu terjadi yani melakukan olahraga secara rutin sesuai dengan porsi tubuh. Diet sehat dan mengatur porsi makan juga harus dilakukan untuk menurunkan berat badan.

2. Tidak Merokok dan Mengkonsumsi Minuman Keras

Minuman bealkohhol dapat menggangu keseimbangan pengendali hormonal dan cairan elektrolit di dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, merokkok juga dapat mempengaruhi fungsi ginjal secara signifikan.

Kedua kebiasaan ini sangat merugikan tubuh karena meninggalkan radikal bebas, racun dan zat zat berbahaya. Endapan zat berbahaya di dalam darah akan menggangu ginjal dalam proses filterisasi darah yang membuat organ ginjal bekerja secara ekstra.

3. Hindari Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil

Kita ketahui bahwa fungsi utama oran ginjal adalah menyaring darah dari zat zat berbahaya. Ketika proses filterisasi sedang berjalan, cairan limbah sisa metabolisme akan disimpan pada kandung kemih.

Cairan berupa urine ini harus segera dibuang, jika tidak kandung kemih akan membentang melebihi kapasitasnya yang dapat mempengaruhi proses filterisasi organ ginjal.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Sebagain besar faktor penyebab segala penyakit di dalam tubuh berasal dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya.

Jika kamu sering mengkonsumsi makanan junk food, mengandung bahan pengawet, makanan cepat saji dan makanan rendah nutrisi, maka efeknya akan berdampak negatif bagi tubuh dikemudian hari, termasuk dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal.

5. Kurangi Makanan Berlemak

Menurut pakar kesehatan, kandungan lemak disetiap makanan menjadi sumber utama penyebab kadar kolesterol dalam tubuh meningkat. Peningkatan kadar kolesterol dalam darah secara signifikan dan terjadi sangat lama dapat menghambat organ ginjal dalam menjalankan fungsinya.

Maka dari itu, sebaiknya batasi dan menghindari mengkonsumsi makanan mengandung lemak dan kolesterol secara berlebihan.

6. Konsumsi Minuman Sehat

Mengkonsumsi jus buah adalah salah satu cara untuk menjaga organ ginjal agar tetap sehat dan membantu sistem saluran cerna untuk membuang limbah makanan dari dalam tubuh dalam bentuk fases.

Jika terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda, kopi dan teh secara berlebihan, akibatnya kadar kafeein dapat berpotensi mengurangi jumlah cairan elektrolit di dalam tubuh serta mempengaruhi proses filterisasi organ ginjal.

7. Jauhkan Diri Dari Hipertensi, Diabetes dan Kolesterol Tinggi

Penyakit gangguan ginjal dapat disebabkan oleh rentetan beberapa penyakit lainnya seperti darah tinggi, diabetes dan kolesterol tinggi.

Misalnya saja, kelebihan kadar gula dalam darah dapat mempengaruhi kualitas darah. Akibatnya dapat mengganggu proses filterisasi darah di ginjal dan meningkatkan kinerja ginjal.

Jika berangsur lama, fungsi ginjal akan menurun dan dapat menimbulkan masalah Glukosuria (adanya glukosa dalam urine). Kondisi inilah yang dapat menimbulkan penyakit kencing manis.

8. Kurangi Asupan Garam

Mengkonsumsi garam secara berlebihan bukan hanya memicu penyakit darah tinggi, akan tetapi tingginya kadar natrium dalam darah dapat memicu tekanan darah dan menimbulkan endapan kristal natrium di dalam organ ginjal atau sering disebut dengan batu ginjal.

9. Cek Kesehatan Secara Rutin

Seberapa sering kamu melakukan pemeriksaan cek kesehatan di rumah sakit ? Apakah jika kamu sakit saja baru mengunjungi dokter ? Sebagai tindakan pencegahan, cek rutin kondisi kesehatan uji sampel darah dan urine secara berkala wajib dilakukan untuk mengurangi resiko. Paling tidak dilakukan setiap 1 – 2 tahun sekali.

Demikian beberapa upaya yang dapat kamu lakukan untuk mencegah penyakit ginjal datang di usia muda. Jika kesemua cara di atas kita lakukan, sangat kecil resiko seseorang untuk terserang penyakit gangguan kesehatan pada organ ginjal.

Tinggalkan komentar