9 Ciri Ciri Amandel Bengkak Pada Anak dan Orang Dewasa

Jika indera penciuman kita peka, gejala awal penderita amandel sangat mudah dikenali melalui bau mulut pada seorang penderita. Ketika amandel mengalami pembengkakan, nafas si penderita akan tercium aroma seperti telur busuk. Selain itu, ada beberapa gejala lainnya yang dapat kita kenali dengan mudah.

Diantaranya gejala amandel bengkak dan kambuh sebagai berikut:

1. Gangguan menelan

Ketika amandel bengkak, maka jaringan organ amandel akan menjadi lunak dan sangat sensitif ketika bersentuhan dengan zat asing. Akibatnya, kondisi tersebut akan menimbulkan rasa sakit bagi penderita terutama ketika makan. Bahkan, rasa sakit biasanya akan menjalar ke lidah, kerongkongan dan telinga.

2. Sakit tenggorokan

Ketika tenggorokan mulai serak, terasa agak panas dan terdapat bintik bintik merah di dalam kerongkongan, maka ini merupakan tanda tanda amandel akan bengkak. Jika sudah parah, sakit tenggorokan akan disertai kesulitan menelan dan terasa tidak nyaman.

4. Hidung mampet

Pembengkakan organ amandel juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan saluran pernafasan bagian atas secara keseluruhan. Termasuk hidung akan mengalami sinusitis ditandai dengan hidung pilek dan meler.

5. Terasa kaku pada bagian leher

Infeksi pada amandel dapat menyebabkan jaringan syaraf disekitaran Terkait  leher menjadi lebih kaki. Kondisi ini akan diperparah jika si penderita mengalami demam disertai sakit kepala. Bukan hanya itu saja, biasanya pula pada bagian leher akan disertai rasa panas pada tenggorokan.

6. Munculnya bercak putih pada amandel

Amandel yang sehat akan tampak berwarna merah muda dan terlihat kecil tidak bengkak. Ketika infeksi terjadi, kuman kuman, virus dan sejumlah bakteri akan membuat peradangan pada organ amandel dan menimbulkan bercak putih.

Bercak yang terlihat ini merupakan sekumpulan nanah membentuk gumpalan. Parahnya lagi jika tidak diobati, amandel akan pecah.

7. Sakit kepala

Organ amandel merupakan bagian dari sistem kelenjar getah bening yang merupakan bagian sistem pertahanan tubuh. Infeksi pada amandel dapat menimbulkan jaringan syaraf disekitarnya hingga ke bagian kepala menjadi tegang. Sehingga membuat rasa sakit pada bagian kepala.

8. Mata memerah

Radang amandel juga dapat menyebabkan suhu tubuh mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan adanya infeksi bakteri, kuman dan virus terutama pada organ amandel. Sebagai bentuk pertahanan diri, tubuh akan meningkatkan suhu tubuh untuk menghentikan proses infeksi. Kondisi tersebut dapat memicu mata menjadi memerah.

9. Otalgia

Otalgia merupakan bahasa medis yang menunjukkan gejala fisik pada tubuh berupa sakit telinga. Terkait dengan no. 5 di atas, masalah ini akan terjadi karena adanya infeksi. Pada umumnya, gejala ini akan dirasakan ketika pembengkakan amandel sudah dikatakan parah.

Nah, itulah beberapa gejala awal amandel yang dapat kita kenali dengan mudah pada anak anak dan orang dewasa. Dengan harapan, ketika kita telah mengetahui gejala awalnya maka upaya pengobatan pun harus dilakukan sesegera mungkin agar pembengkakan amandel tidak semakin membesar.

Tinggalkan komentar