Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Bukan Cuma Bumbu Dapur

Allium Cepa L atau lebih sering kita kenal dengan nama bawang merah merupakah salah satu jenis tanaman yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur hampir semua pada setiap masakan dengan tujuan untuk menambah citarasa dan kelezatan dari suatu masakan.

Menurut para ahli, bawang merah bukan hanya berguna untuk membuat masakan menjadi sedap. Akan tetapi lebih dari itu. Karena ada banyak sekali kandungan bawang merah yang memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh manusia. Diantaranya vitamin B6, vitamin C, kromium, karbohidrat, protein, zat besi, kalium, flavonoid, asam folat dan sebagainya.

Adapun manfaat bawang merah bagi kesehatan antara lain:

1. Mengatasi Pendarahan

Bawang merah merupakan salah satu obat alami untuk mengobati luka pendarahan luar dan dalam. Misalnya pendarahan akibat mimisan di hidung, kamu cukup mengiris bawang merah menjadi potongan kecil dan saat itu juga hirup aromanya. Kamu juga dapat menggunakan potongan bawang merah untuk menyumbat bagian hidung yang mimisan.

Selain itu, untuk luka goresan akibat tersayat pisau dan sebagainya, caranya yaitu tumbuk halus bawang merah dan tempelkan pada daerah luka. Namun, sebelum itu bersihkan luka terlebih dahulu.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Zat quercetin pada bawang merang terbilang cukup tinggi. Zat tersebut sangat berguna untuk membantu dalam hal mengontrol tekanan darah.

Tak perlu mengkonsumsi bawang merah mentah, kamu cukup memperbanyak jumlah bawang merah pada setiap bumbu masakan. Dengan begitu, kamu akan terhindari dari resiko penyakit hipertensi, stroke dan gangguan fungsi jantung.

3. Mengobati Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar sebagian besar disebabkan karena tubuh kekurangan serat. Kandungan serat pada bawang merah berguna untuk membuang racun dan partikel makanan keras yang terjebak di dalam usus. Untuk mengatasi masalah tersebut, cukup mengkonsumsi 3 – 5 bawang merah di bakar setengah matang perhari selama sembelit.

4. Menyembuhkan Luka Bakar

Jika kamu mengalami luka bakar ringan akibat terkena knalpot kendaraan dan sebagainya, ambil beberapa siung bawang merah kemudian tumbuk hingga halus dan tempelkan pada daerah luka bakar tersebut.

Tindakan ini dapat mencegah tingkat peradangan kulit semakin parah, mencegah infeksi dan mendinginkan luka bakar.

5. Menghilangkan Ketombe

Bawang merah mengandung mineral belerang yang sangat baik untuk mengatasi permasalahan rambut seperti ketombe berlebihan. Cara menggunakannya cukuplah mudah.

Blender halus 4 buah bawang merah dan ½ gelas air. Kemudian, oleskan pada seluruh permukaan rambut. Diamkan selama 30 menit. Bersihkan rambut jika telah selesai menggunakannya.

6. Menurunkan Kolesterol Darah

Khasiat bawang merah juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena memiliki kandungan sulfida methylallyl serta asam amino sulfur.

Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu dapat mengkonsumsi jus bawang merah bercampur madu murni atau jika tidak suka dengan aromanya cukup memperbanyak bumbu masakan dengan 5 – 8 siung bawang merah.

7. Mencegah Kanker

Menurut sebuah penelitian dari University of Maryland Medical Center, senyawa quercetin pada bawang merah merupakan sumber antioksidan alami dengan perannya untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh dan mencegah sekaligus menghambat pertumbuhan sel sel kanker.

Diantara jenis kanker yang dapat dicegah antara lain yakni kanker usus, payudara, prostat dan paru paru.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang merah juga kaya akan senyawa polipenol. Menurut para ahli, senyawa polifenol memiliki khasiat untuk menangkal radikal bebas dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika kamu sedang dalam kondisi kurang fit, mengkonsumsi air rebusan bawang merah sangat dianjurkan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh manusia. Kebanyakan orang mungkin tidak menyukai jus bawang merah karena aromanya begitu menyengat. Untuk mengatasinya, kamu dapat menambahkan jumlah bawang merah disetiap masakan.

Tinggalkan komentar