Manfaat Daun Sukun

7 Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Sukun adalah salah satu jenis tumbuhan berpohon yang dapat menghasilkan buah. Pada umumnya, sebagian besar masyarakat Indonesia memanfaatkan buah sukun dijadikan sebagai makanan ringan. Pengolahannya pun beragam, mulai dari dengan cara digoreng, dibuat dodol, dikukus, disayur dan diolah dalam bentuk lainnya.

Selain buahnya, ternyata daun sukun dapat dijadikan bahan pengobatan herbal. Menurut sejumlah penelitian oleh pakar kesehatan, daun sukun memiliki banyak kandungan senyawa fitokimia berupa tannin, quercetin, asam hidrodionat, artoindosionin, polifenol, riboflavin, sitosterol dan asam amino esensial.

Berdasarkan kandungan senyawa dari daun sukun tersebut banyak dimanfaatkan sebagai komponen aktif dalam pembuatan obat dan memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

1. Mengobati Bengkak dan Memar

Daun sukun memberikan efek anti inflamasi untuk mengurangi tingkat peradangan anggota tubuh yang memiliki luka memar. Penggunaannya pun sangatlah mudah yakni dengan cara mengambil daun sukun yang sudah tua, kemudian ditumbuk hingga halus.

Setelahnya di tempel pada bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Diamkan selama semalaman, lakukan secara rutin hingga bengkak hilang.

2. Mengatasi Peradangan

Rebusan daun sukun juga dapat memberikan reaksi anti peradangan atau rasa nyeri pada organ tubuh yang terjadi luka bagian dalam maupun luar. Karena daun sukun mengandung senyawa aktif berupa anti inflamasi.

Kamu dapat memanfaatkan 50 gram dau sukun agak tua, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih menyisakan 2 gelas air. Minum di waktu pagi dan sore hari setelah makan.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Senyawa aktif berupa saponin, polifenol, kalium, tannin, riboflavin dan phenol akan memberikan reaksi penguraian endapan toxic dan batu ginjal, kemudian dikeluarkan bersamaan dengan urine.

Banyak yang telah membuktikan dengan teknik pengobatan ini menunjukkan tanda tanda kesembuhan. Langkah penggunaannya sama dengan cara di atas.

4. Mengobati Penyakit Jantung

Daun sukun juga mampu meredakan dan mengobati penyakit jantung karena kandungan senyawa phenol, flavonoid dan sitosterol.

Senyawa tersebut memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara cepat serta dapat menghambat akumulasi penyumbatan pada dinding pembuluh darah dengan cara mengikis endapan plak kelesterol yang menempel di dinding pembuluh darah..

Cara penggunaannya :

  1. Ambillah daun suun agak tua dan cuci bersih
  2. Potong menjadi beberapa bagian dan jemur hingga kering
  3. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga mendidih dan menyisakan sekitar 2 gelas saja
  4. Minum di waktu pagi dan sore hari setelah makan

Jika kadar kolesterol telah kembali normal, maka hentikan pemakaian.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Air rebusan daun sukun jika diminum dapat memberikan efek insulin bagi tubuh manusia. Ketika kadar insulin meningkat, melalui otot otot tubuh akan mempergunakan insulin sebagai sumber energi.

Dengan kata lain dapat menurunkan kadar gula darah berlebihan di dalam tubuh. Sehingga, baik dikonsumsi pada penderita diabetes type 1.

6. Mengobati Hipertensi

Tekanan darah tinggi jika dibiarkan terlalu lama dapat meningkatkan resiko serangan jantung mendadak. Untuk menurunkan angka hipertensi, kita dapat memanfaatkan air rebusan daun sukun.

Khasiatnya dapat menurunkan tekanan darah berkat kandungan senyawa quertin. Dosis penggunaannya adalah 50 gram direbus dengan 3 gelas air dan diminum 1 hari 2 kali.

Hentikan pemakaian jika tekanan darah telah kembali normal.

7. Mengatasi Asam Urat

Ketika seseorang telah memasuki masa lansia, biasanya kadar asam urat akan meningkat seiring dengan menurunnya sistem metabolisme di dalam tubuh akibat dari penumpukan kadar purine.

Yuk baca: khasiat daun seledri untuk kesehatan.

Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat menggunakan daun sukun sebagai langkah pengobatan alami.

Caranya :

  1. Sediakan 1 lembar daun sukun agak tua dan cuci bersih
  2. Potong menjadi beberapa bagian, kemudian jemur hingga kering
  3. Jika telah kering, gerus daun sukun hingga menjadi bubuk
  4. Ambil 1 sendok teh bubuk daun sukun, kemudian seduh dengan air panas dan 1 sendok makan madu murni
  5. Minum di waktu pagi dan malam hari setelah makan

Hentikan penggunaan jika kadar asam urat telah kembali normal

Itulah beberapa khasiat dan manfaat daun sukun bagi kesehatan tubuh manusia. Pastikan kamu menggunakannya sesuai dengan aturan dan tidak digunakan secara berlebihan.

Misalnya saja untuk mengobati hipertensi, jika tekanan darah telah kembali normal maka hentikan penggunaan. Jika tetap berlanjut, dikuatirkan akan menimbulkan efek samping berupa penurunan tekanan darah atau darah rendah.

Veranda Listiani
Profile penulis: Selain aktif di bidang kesehatan dengan latar belakang lulusan ilmu kesehatan masyarakat, Veranda Lestari juga aktif di dunia kepenulisan dengan thema kesehatan. Dengan menulis membuat kita mengetahui banyak hal karena disana kita juga aktif dalam membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.