Manfaat Garam

7 Manfaat Garam Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Diposting pada

Kandungan garam memiliki dua komponen utama yaitu terdiri dari natrium dan klorin. Keduanya komponen tersebut memberikan peran begitu aktif bagi tubuh manusia.

Natrium pada garam memiliki fungsi untuk menjaga sistem syaraf tubuh agar fungsinya dalam mengirimkan pesan ke seluruh tubuh dan menguatkan otot otot tetap berjalan normal. Tanpa garam, fungsi syaraf akan terganggu dan otak akan mati serta otot akan menjadi lemah. Sedangkan klorin, memiliki fungsi untuk membentuk asam clorida yang dapat membasmi kuman dan bakteri di dalam lambung dan usus.

Secara sepintas, itulah beberapa manfaat garam bagi kesehatan. Selain itu, ada manfaat lainnya yang perlu kita ketahui diantaranya sebagai berikut:

1. Untuk kebutuhan mandi

Garam yang digunakan bukanlah berasal dari garam dapur tetapi dirancang khusus untuk kebutuhan mandi. Komponen utama garam mandi terdiri dari NaCl sekitar 90 % – 95%. Kegunaannya pun bermacam macam, diantaranya untuk menumbuhkan suasana rileks, menurunkan tingkatan stres, sarana penyegaran bagi tubuh dan sebagainya.

2. Scrub wajah

Garam juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran dan penggunaan make up yang tebal pada wajah. Penggunaannya cukuplah mudah yakni dengan menggunakan satu sendok garam dan tambahakan satu sendok minyak zaitun. Keduanya dicampur dan diaduk rata, selanjutkan aplikasikan pada wajah.

3. Menghentikan diare

Kandungan utama garam terdiri dari NaCl, glukosa dan sukrosa. Ketiga komponen ini dapat menjaga keseimbangan jumlah cairan dan mineral di dalam tubuh. Sehingga dapat digunakan untuk menghentikan penyakit diare dan muntah muntah serta menjaga tubuh agar tidak terjadi dehidrasi semakin parah.

4. Perawatan kulit berminyak

Minyak berlebihan pada wajah dapat menyebabkan munculnya jerawat dan penyakit kulit lainnya di wajah. Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat menggunakan satu sendok garam.

Kemudian larutkan dengan air hangat. Gunakan spray atau handuk halus dan semprotkan atau usapakan pada wajah secara merata. Selanjutnya, bilas wajah dengan air bersih.

5. Mengatasi mata lelah

Bekerja di depan laptop atau komputer dapat membuat mata menjadi lelah. Ada cara paling sederhana untuk mengatasi masalah tersebut yakni dengan mengusapkan handuk / kapas hangat yang sudah dicelupkan dengan 1/4 sendok air aram hangat.

6. Cairan infus

Dalam dunia kesehatan, garam juga digunakan untuk pembuatan cairan infus diantaranya jenis natrium kabonat dan natrium laktat. Cairan infus tersebut mengandung NaCl dengan fungsi untuk memasok nutrisi dan mineral bagi pasien yang dirawat di rumah sakit.

7. Menjaga kebersihan gigi

Infeksi bakteri dan kuman di dalam rongga mulut dapat menimbulkan bau mulut dan pertumbuhan bakteri semakin pesat.

Akibatnya, kondisi ini akan memicu permasalahan gigi dan mulut di kemudian hari. Untuk mengurangi  pertumbuhan bakteri dan kuman tersebut, kita dapat memanfaatkan 1 gelas larutan air garam hangat untuk berkumur.

Walaupun garam memiliki manfaat bagi tubuh manusia, namun tetap saja harus dikonsumsi sesuai aturan. Untuk orang dewasa hanya diperbolehkan mengkonsumsi garam sebanyak 1 sendok teh per hari. Ukuran tersebut dapat berasal dari pengkonsumsian garam secara langsung, makanan kemasan dan cepat saji serta lainnya.

Veranda Listiani
Profile penulis: Selain aktif di bidang kesehatan dengan latar belakang lulusan ilmu kesehatan masyarakat, Veranda Lestari juga aktif di dunia kepenulisan dengan thema kesehatan. Dengan menulis membuat kita mengetahui banyak hal karena disana kita juga aktif dalam membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.