7 Penyebab Bau Badan Berlebihan Pada Pria dan Wanita

Banyak orang menyangka bahwa bau badan disebabkan oleh keringat. Padahal, sekitar 99% kandungan keringat yang keluar dari dalam tubuh terdiri dari air murni dan tidak berbau. Namun, ketika keringat bercampur dengan sejumlah bakteri, kuman dan jamur maka kondisi ini akan menimbulkan bau badan.

Setiap orang memiliki bau badan dan hal itu dianggap wajar. Namun, bau badan berlebihan dianggap dapat menimbulkan masalah besar bagi seseorang seperti dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri dihadapan orang lain. Bukan hanya itu saja, orang yang dekat dengan kita dipastikan akan merasa terganggu dan lantas menjauh.

Untuk mengatasi bau badan terlalu menyengat, tak cukup menghilangkannya dengan mandi secara rutin. Kita harus mengetahui beberapa penyebab bau badan tersebut. Diantaranya sebagai berikut:

1. Gejolak hormon

Bau badan menyengat dapat dipicu oleh fluktuasi hormon yang tidak stabil. Pada umumnya, kondisi ini dialami oleh anak yang sedang beralih ke masa pubertas atau dapat terjadi pada pria dan wanita remaja serta perempuan yang telah mengalami menopause.

2. Jarang mengganti pakaian

Hal ini sudah pasti, dikarenakan pakaian yang bercampur keringat akan menimbulkan pertumbuhan bakteri dan kuman akan semakin meningkat berkali kali lipat.

Terutama pada seorang wanita yang jarang mengganti bra. Hal ini dikarenakan bra terbuat dari bahan berenda yang ketika menyentuh tubuh akan menyerap keringat. Ketika bercampur bakteri, berenda akan mengeluarkan bau tak sedap.

3. Mengkonsumsi alkohol dan merokok

Selain menimbulkan bau pada mulut, kebiasaan buruk ini dapat memicu peningkatan cairan yang keluar dari dalam tubuh melalui pori pori kulit. Cairan keringat ini mengandung kadar alkohol. Ketika bercampur dengan bakteri dan kuman, bau badan jauh lebih menyengat dari biasanya.

4. Kesalahan diet

Diet yang tidak tertatur juga dapat menjadi penyebab bau badan berlebihan. Ketika tubuh kekurangan magnesium atau zat zink dan terlalu banyak mengkonsumsi daging, makanan yang mengandung banyak kolin seperti hati ikan, makanan pedas dan telur serta mengkonsumsi gorengan, kopi, jengkol, bawang dan makanan berlemak, maka tubuh akan mengeluarkan keringat berlebihan.

5. Kelaianan genetik

Masalah ini jarang sekali terjadi pada kebanyakan orang dan terbilang cukup langka. Bau badan terlalu menyengat dapat dipicu oleh mutasi gen dan menciptakan suatu kondisi yang disebut thrimethylaminuria atau tubuh tidak mampu mengurai senyawa kimia bernama trimetilamina.

Sehingga senyawa ini akan menumpuk di dalam tubuh. Bahkan bau badan orang yang menderita kelainan genetik jenis ini membuat seseorang berbau amis.

6. Stres

Ternyata stres juga dapat menyebabkan bau badan. Hal ini dikarenakan kelenjar keringat aporcrine pada tubuh akan menghasilkan air lebih sedikit, bercampur protein, lemak dan bakteri.

7. Obesitas

Penyebab bau badan pada umumnya terjadi pada seorang pria dan wanita yang memiliki kelebihan berat badan. Hal ini dikarenakan pada tubuh orang gemuk terdapat banyak pori pori tersembunyi dalam lekuk tubuhnya. Karena area ini hangat, gelap dan beruap, maka bakteri penyebab bau badan berkembang biak semakin cepat.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan bau badan berlebihan. Setelah mengetahuinya, maka kita akan jauh lebih mudah untuk mengatasi bau badan begitu menyengat. Saran dari saya ketika kamu mengalami masalah ini berlarut larut, sebabaiknya segera konsultasikan pada dokter terkait.

Tinggalkan komentar