Masih muda kok kena stroke ? ternyata inilah diantara penyebabnya.

Masih Muda Kok Kena Stroke ? Ternyata Inilah 8 Penyebabnya

Diposting pada

Stroke dapat dialami oleh siapa saja ketika bekuan darah menutup arteri atau pembuluh darah. Kondisi ini akan menggangu suplai darah menuju ke otak dan menyebabkan sel sel otak mengalami kerusakan hingga kematian.

Dampak buruknya terhadap kondisi tersebut, seseorang yang terserang stroke dapat mengalami kehilangan kemampuan untuk berbicara, bergerak dan mengingat. Tingkat keparahannya pun sangat bervariasi tergantung dari seberapa parah kerusakan jaringan di otak.

Menurut ilmu kedokteran, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan stroke di usia muda. Diantaranya sebagai berikut:

1. Penyumbatan arteri

Masalah kesehatan ini sering sekali terjadi oleh sebagian besar penderita stroke. Pada umumnya penyumbatan arteri dapat terjadi di bagian otak oleh gumpalan darah.

Akibatnya, bagian dari otak tidak mendapatkan darah dan oksigen sehingga menimbulkan kematian bagi sel sel otak. Ditenggarai, masalah ini dipicu oleh timbunan kolesterol di pembuluh darah kecil dalam otak.

2. Kolesterol tinggi

Masih muda bukan tidak mungkin mengidap kolesterol tinggi. Jika gaya hidup sehari hari disertai memiliki riwayat keturunan penyakit dari anggota keluarga, maka hal ini kemungkinan besar akan terjadi.

Tinginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan penumpukan plak di dinding pembuluh darah otak. Lambat laun jika plak tersebut semakin menebal maka akan menimbulkan penyempitan. Bahkan, kondisi terburuk dapat menyebabkan penyumbatan. Jika ini terjadi, penyakit stroke pun tak dapat dihindari.

3. Merokok

Hampir sebagian besar anak muda saat ini tak bisa dilepaskan dari kebiasaan buruk seperti merokok. Bahkan, sebagian besar dari mereka masih berada di usia remaja. Kebiasaan buruk ini akan mempengaruhi kondisi kesehatan di masa mendatang.

Zat nikkotin yang terdapat pada rokok sangatlah berbahaya bagi tubuh. Karena dapat mempengaruhi kualitas darah. Selain itu, zat tersebut juga akan menyebabkan peradangan akut pada pembuluh darah. Peradangan tersebut dapat menyebabkan aliran darah ke otak menjadi terganggu. Bahkan dapat menyebabkan stroke ringan di usia muda.

4. Kegemukan

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih akan meningkatkan resiko 2 – 3 kali lipat terserang stroke daripada seseorang yang memiliki berat tubuh ideal. Salah satu faktor utama kerapkali menjadi penyebabnya tidak lain adalah kurangnya memperhatikan pola makan sehat.

Penyebab stroke ringan yang diakibatkan oleh obesitas dapat terjadi dikarenakan kegagalan fungsi jantung dalam memompa darah dan menyalurkannya ke seluruh tubuh terutama otak. Hal tersebut dipicu oleh faktor adanya sumbatan lemak di dalam pembuluh darah otak dan dibeberapa bagian tubuh tertentu.

5. Mengkonsumsi garam berlebihan

Mengkonsumsi garam secara berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Idealnya bagi orang dewasa, hanya diperbolehkan mengkonsumsi garam dapur sebanyak 1 sendek teh perhari.

Garam berlebihan yang masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan pasokan darah ke semua jaringan pembuluh darah terutama pembuluh darah di otak.

Peningkatan debit aliran darah jika tidak diiringi dengan elastisitas pembuluh darah, maka akan sangat berbahaya yakni dapat menimbulkan pecahnya pembuluh darah. Kondisi inilah yang akan memicu stroke pada usia muda.

Baca yuk: efek samping mengkonsumsi garam secara berlebihan.

6. Tekanan darah tinggi

Hipertensi pada usia muda biasanya terjadi pada rentang usia 20 – 30 tahun. Kondisi ini dapat terjadi sebagian besar disebabkan oleh faktor riwayat dari anggota keluarga. Namun, tak serta merta dapat memicu serangan stroke begitu saja.

Faktor tersebut hanyalah modal awal untuk meningkatkan resiko serangan stroke berat di usia muda. Jika ia sering melakukan kebiasaan buruk seperti megkonsumsi makanan tinggi kolesterol, mengandung tinggi kadar garam, merokok dan gaya hidup tak sehat lainnya, maka kemungkinan besar ia pun akan terserang stroke walaupun usianya masih muda.

Mengapa hal itu bisa terjadi ?

Hal ini disebabkan oleh tekanan darah dari jantung terlalu kuat. Jika elastisitas pembuluh darah tidak mampu menahan laju tekanan darah tersebut apalagi disertai adanya penyumbatan berupa plak pada pembuluh darah, maka stroke ringan di usia muda tidak akan di hindari.

7. Trauma dan Infeksi di dalam tubuh

Dalam kondisi tertentu kondisi trauma akibat pernah mengalami gegar otak juga dapat menyebabkan stroke di usia muda. Kondisi tersebut biasanya dalam jangka panjang akan menggangu sistem pembentukan sel sel darah merah yang dapat memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan seperti meningkatkan resiko penggumpalan darah di pembuluh darah.

Kondisi yang sama juga dapat terjadi jika seseorang mengidap penyakit gangguan sistem kekebalan tubuh akibat infeksi virus, bakteri atau kuman seperti anemia sel sabit.

8. Mengkonsumsi alkohhol

Kebiasaan buruk ini bukan hanya memberikan dampak negatif pada organ hati yang dapat meningkatkan resiko terserang hepatitis B. Namun, akibatnya akan mengganggu sistem metabolisme tubuh secara keseluruhan termasuk menjadi pemicu stroke.

Nah.. itulah beberapa faktor yang dapat menjadi pemicu stroke di usia muda. Diantara 8 faktor yang telah disebutkan di atas, 6 diantaranya dapat dicegah sejak dini. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk menjaga prilaku hidup sehat agar kita terhindari dari penyakit berbahaya tersebut.

Iyanto Raditya
Profile penulis: Seorang blogger dan master SEO kaleng kaleng kelahiran Bangka Belitung yang ga' bisa tidur kalau belum pageone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.